Ekosistem Baru Microsoft, Ambisi Memasukkan Xbox TV Ke Ruang Keluarga

Microsoft membuat sebuah ekosistem yang hebat. Bayangkan ketika kamu menggunakan Windows 8 di desktop, kemudian mengerjakan dokumen melalui Surface atau laptop yang dilanjutkan secara mobile melalui Windows Phone 8, foto sana-sini yang sebagian langsung dijadikan sebagai avatar Xbox Live. Eh, bosan menunggu seseorang dan untuk mengisi waktu berjalan, kamu memainkan game Xbox Live Arcade yang achievement-nya juga menyatu dalam semua pencapaianmu selama memainkan Xbox 360. Dan ketika pulang di tengah-tengah keluargamu menjadi momen terbaik dengan menikmati musik dan video dari layanan Xbox Music dan Xbox Video melalui Xbox TV… Atau, saat layar utama masih disibukkan memancarkan video untuk anggota keluarga, kamu masih bisa kok memantau permainanmu, atau mendapatkan informasi lainnya melalui SmartGlass.

Dan yang paling keren, bayangan ekosistem yang direncanakan Microsoft melalui dokumen roadmap mereka yang sempat bocor pertengahan tahun ini, serta sebagian terbukti sudah diwujudkan oleh Microsoft — melalui SmartGlass. Serta masih berhubungan dengan dokumen roadmap Microsoft, penerus Xbox yang juga menjadi salah satu rencana mereka tahun depan pun makin kuat saja rumornya. Xbox 720, atau Xbox Loop seperti disebut dalam rumor lama, nantinya bakal disebut hanya sebagai Xbox saja. Beberapa highlight yang diprediksi ada seperti mendukung tampilan 3D serta augmented reality, yang memang juga menjadi salah satu teknologi yang bakal diterapkan ke dalam mesih game masa depan selain keberadaan second screen alias layar kedua.

Bahkan sebelum Electronic Entertainment Expo 2012, berita mengenai tablet khusus Xbox sudah banyak dibicarakan…

Rumor lainnya yang tak kalah menarik, perangkat lain yang menjadi variasi Xbox, awalnya disebut sebagai Xbox Surface,  walaupun kemudian dipatahkan dengan hadirnya jajaran tablet Microsoft Surface RT, yang bakal disebut “Xbox 361,″ atau XTV – Xbox TV, didesain sebagai Xbox 360 dengan harga lebih murah untuk pasar yang lebih luas, dan bisa memasuki semua ruang televisi dari berbagai kalangan. Demikian mirip seperti cara Google membuka akses Android mereka ke banyak produsen sehingga kita temukan tablet atau Android Box (perangkat yang merubah televisi menjadi Android) yang sangat murah. Tujuan Microsoft jelas dengan Xbox TV ini, mereka sekaligus ingin menjegal langkah Apple dengan AppleTV.

Memang rumor Xbox TV atau Xbox Surface ini masih belum jelas. Namun kembali beberapa hari ini menghangat, bahwa Xbox TV tersebut memang bakal ditandingkan dengan Apple TV dan Google TV. Kemudian seperti yang penulis sebutkan di atas, hebatnya Microsoft mereka membuat sebuah ekosistem yang besar. Nama Xbox yang sudah ikonik di telinga para gamer tersebut rupanya diprediksi menjalankan Windows 8, serta bakal dirilis dengan harga yang sengat kompetetif untuk menjangkau semua kalangan. Microsoft benar – benar serius membawa Xbox dan Windows 8 mereka sampai ke ruang keluarga, bukan sekadar ruang kerja, ruang bermain game, atau ruang khusus para geek semata.

Jika rencana Xbox TV ini benar, penulis pun paham jika benar mesih game generasi delapan (yang saat ini baru diwakili Nintendo Wii U) mereka hanya diberi nama Xbox. Microsoft ingin nama Xbox dikenal bukan sebagai mesin game semata (dan itu terjadi jika namanya disebut Xbox 720, penerus Xbox 360), melainkan mereka ingin flagship konsolnya menjadi sebuah ikon hiburan untuk semua. Apalagi kini Xbox 360 saja sudah bisa kita manfaatkan untuk banyak keperluan non-game, seperti streaming film, musik, menayangkan pertandingan olah raga secara langsung, serta selancar dunia maya alias browsing.

Memang di Indonesia masih belum banyak yang memaksimalkannya seperti itu, namun di luar saja, banyak yang memaksimalkan mesin game tersebut sebagai kotak Netflix — penyedia sarana streaming entertainment  hiburan seperti musik, film, trailer dll.

Namun pertanyaannya sekarang, apakah kita, para konsumen, dan juga mereka yang tidak terlalu mengenal brand Xbox mau membeli sebuah kotak hiburan dengan sistem operasi Windows 8? Padahal langkah Google dengan usaha masuk ke setiap ruang keluarga dengan banyak perangkat kotak Android (dan juga Smart TV) masih belum juga menuai hasil maksimal. Di Amerika sana, Apple memang lebih sukses dengan Apple TV-nya, lebih karena image Apple, dan ekosistem yang sudah lama dibangun antara smartphone, tablet dan desktop/laptop mereka.

Sedangkan Microsoft baru melakukannya melalui Windows 8 dan Windows Phone 8 mereka. Kita tidak bisa menilainya sekarang… namun yang jelas penulis tidak sabar Microsoft mewujudkan semua roadman mereka tersebut. Jika tidak ada perubahan rencana, seharusnya Xbox TV diluncurkan awal tahun depan. Sedangkan prediksi kami, penerus mesin game Xbox pun juga bakal dikonfirmasikan tahun depan, mungkin saja selama event Electronic Entertainment Expo 2013, dengan rencana rilisnya sekitar November 2013. Sementara kamu bisa melihat demo Xbox SmartGlass berikut ini, yang konsepnya nanti juga bakal diterapkan untuk Xbox TV.

Xbox SmartGlass Walkthrough


SHARE
Previous articlePemuda Berumur 18 Tahun Meninggal Setelah 40 Jam Bermain Game
Next articleMasa Elir, Buku Kedua dari Trilogi Elir Telah Terbit!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.