Masa Elir, Buku Kedua dari Trilogi Elir Telah Terbit!

Rozmerga, Sigmar, Liarra, Althor, dan juga Xaliber telah dikelabui oleh takdir sehingga harus mengambil peran sebagai penyelamat benua Elir. Perputaran masa kekal pun tak terelakkan, mempertemukan mereka dengan tokoh-tokoh masa lalu yang melegenda. Sementara itu, benua yang mereka kenal sudah lenyap, terganti oleh tanah asing yang menyimpan banyak sekali sejarah pahit didalamnya. Mampukah kelimanya bersatu dan kembali menuju Elir yang mereka kenal sekali lagi?

Itulah sinopsis dari buku kedua dari Trilogi Elir yang berjudul Masa Elir. Sekuel dari Takdir Elir yang ditulis oleh Hans J. Gumulia ini telah dirilis pada bulan November 2012 ini oleh Gramedia Pustaka Utama. Sekali lagi ilustrasi cantik dan indah dari Rama Indra kembali menghiasi buku setebal 314 halaman ini. Pastinya dari sinopsis itu kamu bisa menduga, bahwa kelima protagonis utama di Takdir Elir kini berada berperan sebagai penyelamat benua Elir, yang artinya kamu bisa menyelami petualangan mereka di benua Elir masa lalu.

”Membaca kisah epic ini membuatku ingin sekali ikut mengkristal bersama Vandaria Saga.” – Tendy Yulianes/Silvero Shan (Editor kisah fantasi)

”Hans J. Gumulia adalah salah satu penulis fiksi fantasi yang mampu memerankan dirinya sebagai seorang dalang yang menguasai karakter-karakter yang dimainkannya sekaligus jalan ceritanya dengan lancar dan aduhai. Masa Elir akan membuat Anda memasuki lorong waktu bolak-balik dan menemukan banyak hal yang memantik imajinasi Anda akan ranah-ranah waktu dan kehidupan ’ lain’ bernama Vandaria.” – Salahuddien Gz (Editor in Chief Penerbit Dolphin)

Berikut adalah salah satu ulasan dari Rynaldo Hadi di Goodreads, yang juga penulis novel Vandaria lainnya, Tabir Nalar.

“Sejak awal saya sudah cukup optimistis dengan Masa Elir. Ekspektasi saya tidak salah. Beberapa aspek yang kurang dieksekusi dengan baik di prekuelnya (Takdir Elir), berhasil disempurnakan dan dipadukan menjadi karya yang lebih baik oleh Hans Junaidi Gumulia.

Cover & Ilustrasi

Cover Masa Elir ini bisa dibilang salah satu yang terbaik dari seri Vandaria Saga. Semenjak pertama kali melihat ilustrasi Rama Indra di Takdir Elir, saya sudah jatuh cinta sama artwork ciptaannya. Pewarnaannya mantap dan karakternya begitu menyatu dengan latar belakang yang ada. Saya juga suka konsep covernya. (Yang dapat disambung dengan Takdir Elir dan Roda Elir)

Ilustrasi-ilustrasi dalam Masa Elir juga sangat bagus. Masing-masing ilustrasinya bener-bener layak dapat satu halaman penuh.

Pengenalan Tokoh

Mantap! Artwork karakternya bahkan worth it untuk dapat satu halaman sendiri!

Daftar Isi & Bab : Kenapa ga ada nomor babnyaaaa?!(Ga krusial-krusial amat sih, tapi entah kenapa saya tetep merasa kehilangan)

Cerita

Secara keseluruhan Masa Elir sangat sesuai bagi para penggemar game RPG klasik. Karena petualangan kelima pahlawan Elir serasa seperti petualangan tokoh-tokoh dalam game. Menjelajahi kerajaan, menghadapi monster dan tantangan sulit sebelum akhirnya mengalahkan dalang utama di balik segala masalah yang ada.

Sepuluh bab pertama mayoritas akan berisikan perjalanan panjang para pahlawan Elir sebelum menghadapi sang lawan utama.

Bab “Serigala Kecil Yang Kesepian” sukses memberikan warna pada cerita setelah petualangan panjang selama sepuluh bab terakhir. Good job! Saya merasa masih bisa dipoles lagi tapi overall udah OK! :D

Keberadaan Raccuroh cukup nice juga. Selain memperkenalkan suku di Vandaria, ini juga cameo yang bagus buat para penggemar Vandaria Saga. Sayangnya Raccuroh ini terasa sepintas lewat. Padahal bagus juga kalau diulik lebih dalam.

Seluruh petualangan panjang itu akan diakhiri dengan sebuah bab yang cukup menghentak berjudul : “Masa Elir”. Untuk bab ini harus saya akui. KEREN!

Konsep yang bikin saya kagum adalah… Akhir dari Takdir Elir adalah awal dari Masa Elir dan akhir dari Masa Elir adalah awal dari Takdir Elir. Benar-benar seperti Roda!

Overall, Masa Elir mengalami peningkatan di banyak faktor jika dibandingkan dengan prekuelnya, Takdir Elir. Masa Elir cocok untuk menjadi bacaan di waktu senggang anda dan sayang dilewatkan bagi para pembaca fiksi fantasi terutama penggemar seri Vandaria Saga!”

Mungkin bagi kamu yang ingin mulai membaca Trilogi Elir ini, bisa membaca ulasan saya mengenai buku sebelumnya, Takdir Elir, di sini. Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisah Rozmerga dan kawan-kawannya, langsung saja yuk mampir ke toko buku terdekat dan membeli Masa Elir ini.

[ Sumber : Gramedia Pustaka Utama, Goodreads ]


SHARE
Previous articleEkosistem Baru Microsoft, Ambisi Memasukkan Xbox TV Ke Ruang Keluarga
Next articleKotobukiya Tarik Total Eclipe Untuk PVC
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.