Mengenal Komunitas Klan Indonesia CoD Modern Warfare 3

Klan atau guild merupakan sebuah wadah komunitas pecinta suatu game yang disediakan oleh developer game online, namun tak menutup kemungkinan developer tidak menyediakan fasilitas ini dalam game-nya.

Salah satu developer yang tidak menyediakan fasilitas clan atau guild adalah developer serial Call of Duty (CoD) yang kian melejit namanya dalam dunia game, terlebih karena fitur multiplayer online-nya di seri Modern Warfare yang sukses dan berbeda dari game FPS lainnya.

Tak adanya fasilitas ini membuat para pemain berinisiatif membuat klan sendiri, tak ketinggalan pula para pemain pecinta FPS di Indonesia. Pemain Indonesia mengenal multiplayer online CoD sejak Modern Warfare pertama. Dari sini muncullah beberapa klan seperti [SC4R], |813|, LMnT, elf dan yang lainnya. Komunitas Modern Warfare pertama belum begitu banyak karena masih banyak pemain yang belum mengenal multiplayer online dari game tersebut. PT Maxindo atau lebih kita kenal dengan Indogamers / IDGS yang salah satu anggotanya juga menggemari game ini pun mulai membuat server CoD Modern Warfare yang tentunya bisa dimainkan oleh para pemain di Indonesia (untuk bermain online lokal).

Rupanya upaya IDGS membuat server di Modern Warfare pertama mulai dikenal oleh para pecinta FPS di Indonesia. Beranjak ke CoD Modern Warfare 2, klan-klan lokal mulai banyak bermunculan, sebut saja [GSX], [27], [RhN] (kini bernama Ex.), [SMA*SH], [TGF*], ccd//, dan yang lainnya. Lone player (pemain tanpa klan) lokal biasanya memakai tag [INA] ketika bermain di server luar.

IDGS pun membawa angin sejuk untuk para penggemar serial CoD MW dengan membuat tiga server multiplayer online di CoD Modern Warfare 2. Perlu ditekankan sekali lagi bahwa Modern Warfare 2 tidak memiliki fitur multiplayer online resmi untuk PC, fitur ini ada karena kerjasama AlterIWNet dengan pihak developer game sehingga fitur tersebut pun dihadirkan. Sayangnya menjelang peluncuran Modern Warfare 3, AlterIWNet ditutup secara resmi, IDGS pun menutup servernya tepat sebelum AlterIWNet ditutup karena kekurangan donasi, sehingga berakibat banyak pemain yang terbengkalai klannya dan pindah bermain game lain.

Akhirnya Modern Warfare 3 muncul, dan kabar menggembirakan datang dari TeknoGods yang berhasil membuat mod multiplayer online Modern Warfare 3 tanpa harus menggunakan Steam, dengan syarat game yang kamu punya adalah game original tanpa bajakan dan sudah di-patch ke versi 1,4. Kabar ini akhirnya juga sampai di telinga para pemain lokal baik yang baru maupun yang sudah bermain multiplayer online semenjak Modern Warfare pertama. Tak ketinggalan pula IDGS.

IDGS akhirnya membuat server lokal yang bisa dinikmati oleh para pemain dari Indonesia yang kangen dengan multiplayer dari serial Modern Warfare. Kemunculan klan-klan lokal baru pun tak pelak membawa ledakan penggemar Modern Warfare 3 dari Indonesia, sebut saja [1FD], [MNTH], [SEAL], dan yang lainnya, klan-klan lama pun juga banyak yang mulai bermain lagi. Namun sungguh disayangkan, multiplayer online Modern Warfare 3 buatan TeknoGods ini ketinggalan jaman karena map-nya yang masih menggunakan map lama. Seiring dengan perkembangan DLC dari Steam (resmi dari pihak pengembang Modern Warfare 3), muncullah Fourdeltaone yang selama ini memegang dan menghidupkan kembali multiplayer online Modern Warfare 2, yang kemudian beranjak membuat proyek baru yaitu membuat mod multiplayer online dari Modern Warfare 3 lengkap dengan sistem yang mendukung DLC 1, 2, Face-off Map, dan map Terminal.

Para gamer lokalpun mulai berpindah dari TeknoGods menuju fourdeltaone, tak ketinggalan pula IDGS yang juga membuat server lokal-nya bernama [ID]Cingka di fourdeltaone menjelang akhir September 2012 lalu. Seiring dengan perkembangannya, klan-klan lokal mulai bertambah banyak dan terus berkembang hingga sekarang, dengan kemampuan yang bisa disejajarkan dengan pemain dari luar negri.

Berikut adalah beberapa nama klan-klan lokal yang bisa kamu temui jika kamu bermain di [ID]Cingka di fourdeltaone. Mereka antara lain [SC4R], [SMA*SH], [RhN] (yang sekarang berganti nama menjadi Ex.), [GSX], |813|, [DARE], [TGF*], [SEAL], [BOT], [27], [MNTH], [1FD], [CC], [BH], [RSL], [Rev], [DERP], |S.A.F|, [SAPD], dan [INA] (tag yang biasa dipakai oleh para lonewolf). Di sini juga kamu bisa mengenal beberapa klan tersebut, sekaligus bisa mengontak klan yang bersangkutan jika kamu tertarik untuk bergabung dengan mereka. Beberapa di antara mereka akan kami beritakan di sini tiap harinya, jadi tunggu mulai besok ya.

Sebagai informasi, artikel ini dipersembahkan oleh Ayyadana Akbar, pembaca Omega sekaligus anggota klan Ex. dengan inisial Ex. Cedrickson (dan beberapa bagiannya saya edit). Saat ini, Akbar menjadi seorang mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang.

[ Sumber : Blog Japanese Stuff ]