Bertambah Lagi Pilihan Smartphone Berlayar Lega, Tahun 2013 Awali Perang Layar 5-inchi

Seperti yang sering kami ungkapkan, tahun depan merupakan tahunnya smartphone dengan layar 5-inchi. Dan beberapa vendor smartphone pun sudah bersiap menghadapinya. Entah mulai menyiapkan wakilnya saat kompetitor sudah mengajukan smartphone 5-inchi mereka, atau malah memproduksi masal layar ukuran 5-inchi!

Apakah ini trend yang dipicu suksesnya Samsung dengan Galaxy Note mereka? Bisa jadi ya… namun perlu penulis tekankan kembali, Galaxy Note yang layarnya lebih dari 5-inchi tersebut lebih pas disebut sebagai phablet. Sejatinya yang disebut phablet memberi dukungan input melalui stylush. Karena itulah kita tetap sebut saja mereka sebagai smartphone (yang oversized!).

Sementara yang layak disebut phablet adalah gadget yang benar – benar memiliki stylush khusus dan banyak aplikasi yang mendukung pengoperasian menggunakan pena digital tersebut. Misalnya yang lagi saat ini banyak diidamkan pengguna gadget,Galaxy Note II, dan yang baru dirilis kemarin di Indonesia, LG Optimus Vu. Mereka berdua itulah phablet sejati.

Foto leak lainnya dari Sony Odin.

Sedangkan tipikal  smartphone “raksasa” dengan layar 5-inchi yang akan segera menyerbu mulai awal tahun depan tersebut yang sudah kita ketahui antara lain Oppo Find 5, HTC J Butterfly (yang juga dipasarkan sebagai HTC Droid DNA dan HTC Deluxe DLX),  Huawei Ascend D2Sharp Aquos SH930W, Sony Xperia Yuga dan Odin, lalu yang baru masuk akan kami bahas melalui artikel ini seperti ZTE Nubia Z5, LG F240K, Lenovo Dual-SIM 1080p, dan yang baru – baru ini tedengar namanya, Samsung Galaxy Grand.

ZTE Nubia Z5

Sementara ini Nubia Z5 hanya terlihat punggungnya saja.

Ok, kita mulai dengan ZTE Nubia Z5. Keberadaan smartphone ini pertama kali diungkapkan vendor China ZTE melalui sebuah event 31 Oktober 2012 lalu. Memang belum ada penampakan fisiknya, namun jelas melihat kompetisi ZTE dan Huawei di negara asalnya, Nubia Z5 dikembangkan untuk meng-counter Ascend D2, yang dikonfirmasikan akhir Oktober lalu.

Kemudian sudah ada perbandingan layarnya dengan Galaxy S III dan iPhone 4S. Kami menduga layar Nubia Z5 menggunakan material antara iPS atau Super LCD seperti pada Droid DNA.

Apa yang sudah diketahui, Nubia Z5 menggunakan layar 5-inchi, prosesor empat core, dan kamera utamanya di belakang dengan resolusi 13-megapixel. Sedikit godaan dari ZTE, mereka menyebutkan jika desainnya bercita rasa Italia, serta bakal mulai dijual di China Desember 2012 mendatang.

LG F240K

Memang yang satu ini belum menjadi nama resminya. Namun menjadi satu bukti jika LG juga sedang menyiapkan smartphone berlayar 5-inchi mereka sendiri, walaupun saat ini tengah disibukkan dengan promo LG Nexus 4 dan LG Optimus G. Sebuah hasil data benchmark dari GLBenchmark dengan kode LG F240K muncul. Menurut bocoran tersebut, perangkat baru yang diuji coba LG tersebut menggunakan layar full HD 1920×1080-pixel. Memang belum disebutkan berapa diagonal layarnya, namun dugaan mengarah pada layar 5-inchi. Selain itu, data benchmark juga menyebutkan GPU Adreno 320, serta prosesor quad-core Snapdragon S4 Pro pada 1.5 GHz. Kita harus menunggu lebih lama, setidaknya selama event Consumer Electronic Show 2013 untuk berharap ada informasi lainnya.

Lenovo Dual-SIM 1080p

Kembali dari vendor China, yaitu Lenovo, yang di Indonesia lebih jamak dengan merk laptop, walaupun beberapa bulan belakangan smartphone Android mereka mencuri perhatian karena memiliki desain yang bagus, spec yang tinggu, namun harga yang masih terjangkau untuk sebuah brand yang lumayan tidak terlalu lokal. Sama seperti LG, bocoran smartphone Lenovo ini juga bakal menggunakan layar 5-inchi, resolusi full HD, serta tidak ketinggalan mengajukan dua slot kartu SIM. Bakal diposisikan sebagai flagship, smartphone raksasa Lenovo ini bisa bekerja di jaringan CDMA 3G dan GSM 2G, yang seperinya sangat cocok dipasarkan di Indonesia dengan koneksi data CDMA yang lebih cepat dibandingkan tipikal GSM 3G. Sementara ini baru ditampilkan dalam bentuk user interface-nya saja, dan sepertinya menggunakan OS Android 4.1 Jelly Bean.

Samsung Galaxy Grand

Yup, Galaxy Grand. Nama yang belum final, namun menjadi salah satu rumor smartphone berlayar 5-inchi yang menarik untuk disimak. Sebenarnya rumor nama Galaxy Grand ini menyusul setelah diketahui di Korea jika Samsung memutuskan bakal memproduksi masal layar Super AMOLED dengan resolusi 1080p, atau tepatnya, 4.99-inchi Super AMOLED dengan kualitas 1080p dan kerapatan 441ppi.

Keputusan Samsung ini karena memang di pasaran tipikal layar 5-inchi-nya menggunakan material LCD semua, bukan Super AMOLED, yang tidak bisa dipungkiri walaupun kontrasnya terlalu berlebih, banyak yang menyukai penyajian warnanya yang terlalu berlebihan tersebut. Layar 4.99-inchi tersebut bakal mulai diproduksi awal tahun 2013, dan selesai tepat saat kuartal kedua, atau saat flagship mereka siap dikenalkan.

Jika rumor ini benar adanya, maka tahun depan selain menjadi ajang persaingan smartphone berlayar 5-inchi, juga menjadi duel para produsen layar smartphone. Karena saat ini sudah diketahui tiga pabrikan yang men-supply layar smartphone, yaitu Sharp (yang digunakan oleh HTC), Japan Display (yang digunakan oleh Sony untuk Xperia mereka), dan juga LG yang dikabarkan memproduksi layar mereka sendiri.

Kembali pada Galaxy Grand, sayangnya, Grand ini memang dirumorkan menggunakan layar 5-inchi. Hanya resolusinya saja yang 800×480-pixel. Mungkin untuk menekan harga jual ya. Namun prosesornya aduhai menjadi salah satu yang tertinggi di kasta Exynos saat ini, 1.4GHz quad-core Exynos 4412. Smartphone ini diduga juga mendukung koneksi 4G, LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, NFC, baterai 2100mAh dan menjalankan Android 4.1.1 Jelly Bean.

Smartphone bongsor ini akan lebih besar dari Galaxy S III, namun tidak sebesar Galaxy Note 2. Selain itu, tidak akan diposisikan sebagai flagship. Jadi harganya seharusnya murah… namun kenyataannya, dari bocoran kami Galaxy Grand bakal dijual di kisaran $732, atau sekitar Rp. 7 jutaan! Bisa jadi juga Galaxy Grand ini hanya dirilis untuk pasar Korea saja.

Android 5-inchi Bercita Rasa Lokal

Mereka itulah beberapa smartphone 5-inchi yang sudah dikonfirmasikan, atau masih sekadar rumor. Namun yang pasti tahun depan bakal menjadi ajang pertarungan ponsel raksasa tersebut. Tahun depan? Iya ya, kenapa harus tahun depan, karena di Indonesia sendiri smartphone dengan layar 5-inchi (meskipun tidak mengajukan layar full HD) sudah banyak bertebaran. Mereka antara lain, Axioo Pico Pad Gea 5, Treq A10 Pocket, Android Note ErSys, Eggspadz Junior 2, Star Note N8000, Advan Vandroid S5N atau yang lumayan laris, Lenovo S880. Terus pantau Duniaku, karena penulis bakal mengulas setiap Android raksasa bercita rasa lokal tersebut melalui artikel lainnya.


SHARE
Previous articleSeiyuu Papan Atas Sumbangkan Suaranya untuk 7th Dragon 2020-II
Next articleCEO Ubisoft: Transisi Konsol yang Terlalu Lama Bisa Merusak Industri Game
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.