Game Kinect Bantu Penderita Stroke Bisa Berjalan Kembali

Dengan semakin berkembangnya teknologi, rupanya game bisa digunakan untuk banyak hal, salah satunya dalam dunia kedokteran. Masih ingat bukan dengan seorang anak bernama Chad Ruble yang berhasil membuat sebuah software dengan memanfaatkan Kinect yang bisa digunakan Ibundanya yang menderita stroke untuk mengirim email? Nah, kali ini kisah serupa kembali terjadi di Jepang, dimana Kinect dan game-nya digunakan untuk membantu penderita stroke agar bisa bergerak dan berjalan kembali.

Adalah Kyushu University-lah yang saat ini sedang mengembangkan sebuah game berjudul Rehabilium Kiritsu-kun. Game yang dikembangkan bekerja sama dengan sebuah rumah sakit Nagao Hospital di Fukuoka ini dibuat untuk membantu penderita stroke untuk melatih kembali sensor motoriknya, sehingga mampu bergerak dan berjalan kembali. Game ini memanfaatkan Kinect, dimana penderita Stroke diharuskan mengikuti gerakan yang diperintahkan seperti duduk dan berdiri, yang bisa mengakibatkan pohon di dalam game tumbuh menjadi besar.

Pihak rumah sakit mengatakan, bahwa dengan mengajari para penderita stroke untuk duduk dan berdiri bisa melatih sensor motorik dengan sangat baik, sehingga bisa membuat pasien tersebut bisa berjalan kembali. Game ini juga menyediakan sistem ranking, sehingga membuat pasien yang berlatih memiliki keinginan untuk berlatih terus menerus agar mereka bisa mendapatkan nilai yang tinggi. Pasien juga bisa mencetak hasil latihannya untuk merekam jejak perkembangannya dari hari pertama dia memainkan game ini.

Sebagaimana dikutip dari The Asahi Shimbun, animasi pohon yang ada di game ini terinspirasi dari film animasi klasik My Neighbour Totoro buatan Hayao Miyazaki yang pernah dirilis pada tahun 1988 lalu. Saat ini, Rehabilium Kiritsu-kun masih dalam tahap beta, yang sudah dicobakan kepada 82 penderita stroke. Menurut statistik yang dirilis pihak rumah sakit dan universitas, para pasien yang ikut serta dalam fase beta ini bisa melakukan kegiatan ini berulang-ulang dengan persentase 17 hingga 23 persen.

My Neighbour Totoro Trailer

http://youtu.be/BXhDvResDzQ

Paket game ini menurut rencana akan mulai dijual bebas pada bulan Desember 2012 yang akan datang oleh Medicus Shuppan Publishers Co. yang berbasis Osaka. Menurut perkiraan, game ini akan dijual dengan kisaran harga 100.000 hingga 150.000 yen (sekitar Rp 12 Juta hingga Rp 15 Juta).  Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu juga memiliki ide untuk pemanfaatan Kinect lainnya?

[Sumber: The Asahi Shimbun]


SHARE
Previous articleGameplay Trailer Sniper Ghost Warrior 2
Next articleSC4R, Modern Warfare 3 Clan, Clan Lama Yang Tetap Kompak
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.