Google Integrasikan Drive dan Gmail, Bisa Kirim File Hingga 10GB!

Sering mengirim email kepada kerabat yang berisi file dengan ukuran besar? Mungkin seringkali kamu harus memecah email kamu menjadi beberapa bagian akibat restriksi ukuran file yang bisa kamu lampirkan dalam sebuah email. Nah, sebentar lagi pengguna Gmail dipastikan tidak akan mengalami masalah tersebut di masa yang akan datang, karena Google mengkonfirmasikan bahwa mereka saat ini sudah mengintegrasikan layanan Google Drive ke dalam Gmail mereka!

Apa artinya? Dengan adanya integrasi ini, kamu bisa mengirim attachment file hingga 10GB hanya dengan menggunakan satu kali kirim email! Untuk melampirkan file dari Google Drive ini kamu bisa menggunakan tombol Insert Files Using Drive yang ada di bagian bawah layar Compose Email. Untuk Drive versi gratis, fitur baru ini hanya bisa kamu gunakan untuk memasukkan maksimal 5GB saja, mengingat kapasitas yang diberikan Google untuk pengguna gratisan hanya sebesar itu. Kamu bisa menambahkan biaya sebesar US $2.49 untuk memperbesar kapasitasnya hingga 25GB, agar fitur attachment baru ini bisa kamu gunakan secara maksimal.

Ikon Insert From Drive yang bisa kamu temukan di bagian bawah layar Compose Email.

“Jadi apakah itu foto dari perjalanan kemah Anda, video rekaman dari pernikahan saudara atau presentasi untuk atasan Anda, semua file Anda dapat dengan mudah dibagi dengan Drive dan Gmail,” ujar Phil Sharp, Gmail Product Manager seperti yang dikutip dari PCMag tanggal 27 November kemarin. Yang perlu diingat, untuk memanfaatkan fitur ini, kamu harus menggunakan sistem Compose baru dari Gmail yang dirilis bulan lalu. Saat mengambil file dari Drive pun, Gmail juga akan secara otomatis mengecek, apakah penerima email kamu bisa mengakses file tersebut, dengan kata lain apakah kamu sudah mengubah pilihan sharing dari file kamu. Jika kamu belum menggantinya, kamu akan diberikan peringatan untuk menggantinya terlebih dahulu.

Lebih lanjut Google juga mengkonfirmasikan, bahwa fitur ini akan diimplementasikan secara bertahap ke semua pengguna Gmail. Sampai artikel ini ditulis, akun Gmail saya juga masih belum mendapatkan fitur ini kok. Hehe. Jadi yang masih senasib dengan saya, ditunggu saja ya! :D

[Sumber: PCMag,Venturebeat]


SHARE
Previous articleMeizu MX2 Menjadi Alternatif Xiaomi dan Huawei, Peningkatan Fitur Hingga 3,452 Poin!
Next articleJelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.