Jelajah TKP (Tempat Kopdar Pertamax) Acara Ulang Tahun KASKUS Ke-13

Apa jadinya kalau komunitas terbesar di Indonesia berulang tahun? Tentunya ramai dengan para pengisi forum yang biasa disapa "agan" dan "aganwati". Itulah pemandangan Sabtu sore di Tennis Indoor Senayan, 24 November 2012 lalu. Baca selengkapnya di dalam!

Jelajah TKP (Tempat Kopdar Pertamax) Acara Ulang Tahun KASKUS Ke-13

Jelajah TKP (Tempat Kopdar Pertamax) Acara Ulang Tahun KASKUS Ke-13

KASKUS, situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 di Indonesia merayakan ulang tahun yang ke-13. Apa jadinya kalau komunitas terbesar ini mengadakan acara akbar untuk pertama kalinya? Tentu ramai sekali dengan para pengisi forum yang biasa disapa "agan" dan "aganwati" dan seperti itulah suasana di Tennis Indoor Senayan, 24-25 Nopember 2012.

Acara tersebut menjadi ajang pertemuan akbar pertama para kaskuser. Sekaligus perayaan 13 tahun berdirinya forum tempat jual-beli, diskusi, hingga merencanakan aneka aksi. Selama dua hari, kaskuser bisa menikmati 30 lapak juragan, 20 store market place, 16 booth komunitas, hingga sajian musik.

"Rencana kopi darat ini sebenarnya sudah sejak 2008, dan tiap tahun terus diupayakan, tapi belum terlaksana, sampai akhirnya kami bertemu AXIS," ujar Ken Dean Lawadinata, Chief Executive Officer KASKUS yang dikutip dari TEMPO dalam konferensi pers di Tennis Indoor Senayan.

KASKUS juga mengadakan yang namanya KASKUS Awards, yaitu ajang penghargaan bagi para Kaskuser, Kontributor, Moderator, dan juga Komunitas yang telah setia menemani perjalanan KASKUS selama 13 tahun.  "Ajang kopi darat ini bukan hanya untuk perayaan, melainkan untuk apresiasi kaskuser yang setia bareng kami," kata Ken. Ia sadar kaskuser adalah pelanggan yang setia, sejak server masih di Amerika hingga dibawa ke Indonesia dan terkena virus pun, kaskuser tetap kembali.

Dalam perayaan ini, Kaskus juga akan memberikan penghargaan kepada sejumlah moderator dan kontributor. Salah satunya adalah Billy Boen, motivator sekaligus moderator terbaik Kaskus. "Dua setengah tahun lalu, saya diajak gabung, dibuatin ID dan dikasih password untuk mengelola forum," kata dia.

Dari yang tak mengerti apa itu Kaskus, Billy menjadi kaskuser sejati, bahkan ketagihan. "Tulisan saya selalu menjadi hot thread, jadi worth it banget bergabung di sini," kata dia. Hingga akhirnya, tahun ini Billy pun berhasil meraih predikat kontributor terbaik. "Saya mengumpulkan 51 persen suara, hanya satu putaran," kata dia. Bagi Billy, menulis di KASKUS sangat tepat. Sebab, sekali Ia mengunggah tulisannya, bisa dibaca dan dibagikan banyak orang, terutama anak muda.

Terdapat juga hiburan yang tak kalah serunya, yaitu live perform dari JKT 48, Glenn Fredly, The Changcuters, Gugun Blues Shelter, Efek Rumah Kaca, Souljah, dan masih banyak lagi! Foto-foto di bawah ini diambil dari KASKUS, copyright to Taretake, Moderator Kaskus.

[nggallery id=192]

Anak muda, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu, adalah tren pemicu kebangkitan ekonomi kreatif Indonesia. "Dengan memakai tagline Kasak Kusuk, sudah tepat KASKUS menyasar konsumen Indonesia yang suka ngobrol," kata dia dalam kesempatan yang sama. Apalagi, saat ini pengguna Internet di Indonesia hanya 62 juta orang, sementara pengguna KASKUS ada 22 juta. "Jadi sepertiganya ada di Kaskus," ujar dia, "Sebagai ibunya industri kreatif, saya wajib datang di ulang tahun mereka."

[sumber : TEMPO, KASKUS]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU