Nintendo Mengkonfirmasikan Wii Mini, Dijual Dengan Harga Hanya Sejutaan!

Beberapa rumor memang ditakdirkan untuk terwujud. Seperti satu ini, yang mulai terdengar tiga hari lalu ternyata benar adanya, Nintendo menyiapkan versi mini dari Wii mereka yang sudah eksis sejak  enam tahun lalu sejak tahun 2006.

Singkatnya ini adalah versi kecil dan ringan dari Wii orisinal, minus koneksi internet. Nintendo memposisikannya sebagai perangkat yang hanya bisa kamu gunakan bermain game, dan mampu menjalankan semua game (original) Wii. Sayangnya, tidak ada kompatibilitas memainkan game – game GameCube. Belum ada kepastian juga apakah softwarenya mungkin dimodif untuk membuka kemampuan menjalankan game GameCube. Tetapi, Nintendo masih mempertahankan fitur Parental Control dalam konsol mini ini, dimana orang tua bisa memantau game-game yang dimainkan putra-putrinya sesuai dengan rating yang ada.

Wii Mini mampu memainkan lebih dari 1400 gamenya Wii, dan memang didesain hanya untuk gamenya Wii saja. Cocok untuk mereka yang baru pertama kali mencoba bermain game, terutama Wii yang menjadi pelopor teknologi sensor gerak dalam dunia konsol game. “Tersedia game di perpustakaan Wii untuk semua tipe pemain,” ujar Ron Bertram, vice president and general manager Nintendo Kanada. Dia menambahkan, “Wii Mini juga bisa menjadi hadiah akhir tahun terbaik yang bisa menyatukan semua anggota keluarga bermain bersama. Wii Mini memiliki harga yang mini, namun kesenangan yang besar.”

Wii Mini ini hanya akan dijual dengan pilihan warna hitam doff serta hiasan warna merah di pinggirnya, serta langsung di-bundle bersama Wii Remote Plus dan Nunchuk warna merah. Selain itu, dalam box kamu juga akan mendapatkan Sensor Bar, Power Adapter, dan Standard Composite Cable, minus kabel HDTV. Pertama kali dirilis 7 Desember 2012 dengan harga hanya $99.99! Dan sayangnya lagi, sementara ini eksklusif untuk pasar Kanada, yang menjadikannya sebagai perayaan tercapainya 100 juta Wii yang terjual serta tepat 6 tahun Wii dirilis di Kanada. Belum ada kepastian untuk wilayah lainnya.

Kami sendiri merasa ini tidak biasa, sebuah konsol tua yang memang sudah sukses, datang dengan versi kecil dan murah, dengan timing yang di luar perkiraan. Saat mereka baru saja mengkonfirmasikan Nintendo Wii U di Amerika Utara, seakan Nintendo mau mengkanibal konsol barunya dengan tawaran Wii Mini yang harganya hanya 1/3-nya saja. Apalagi fakta Wii yang masih terjual hingga 300 ribu unit selama minggu lalu, menandakan jika Wii memang masih banyak dicari oleh para keluarga dan pemain kasual/non-gamer. Atau bisa saja banyak anak – anak yang kecewa liburan kali ini, ketika mereka berharap hadiah Wii U, justru mendapatkan Wii Mini dengan perubahan desain radikal dan lebih mirip hard disk eksternal ini, dan jelas tanpa huruf “U.”

Oh ya, satu hal lagi, Wii Mini ini menjadi langkah perubahan model konsol paling besar dilakukan Nintendo sejak yang pertama mereka lakukan dengan Super Nintendo Entertainment System versi SNS-101 (dikenal sebagai SNES 2, SNES Mini atau SNES Jr), yang dirilis 1997 lalu dengan harga juga US $100.


SHARE
Previous articleIndustri Animasi Indonesia Inginkan Kebijakan Wajib Tayang Di Televisi
Next articleSenjata Baru Kedua di Monster Hunter 4!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.