Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Tokusatsu Indonesia tidak bisa diremehkan.. Salah satu yang menonjol di Indonesia adalah karya lulusan DKV UK Petra Surabaya. Seperti apa film tokusatsu ciptaannya? Yuk simak berikut ini..

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Mungkin bagi kalian pecinta tokusatsu di Indonesia belum banyak yang tahu bahwa sebenarnya terdapat sebuah film tokusatsu indie yang ternyata tidak kalah bagusnya dengan Tokusatsu Jepang. Jika kamu menganggap film fantasy Indonesia itu ceritanya jelek, karakter desain nyontek, dan animasi kaco maka kamu keliru besar!! Salah satu film tokusatsu indie tersebut berjudul Sphere.

Sphere merupakan sebuah projek tokusatsu karya Jeffry Sung, yang hingga saat ini masih tetap diperjuangkan agar dapat dikenal di seluruh Indonesia. Berbagai cara telah dilakukan dari pembuatan film contoh, pembuatan katalog, drawing concept, storyline hak cipta, komik, hingga merchandise untuk mempromosikannya. Sphere sendiri mengisahkan tentang sebuah bola yang memiliki energi dan dapat memperkuat seseorang yang memilikinya. Sayangnya, selain bola yang memiliki kekuatan cahaya, ada juga bola yang memiliki kekuatan kegelapan yang jahat. Kini sang pemilik bola cahaya tersebut harus berusaha menyelamatkan dunia dari kejahatan bola kegelapan.

Sebenarnya, Sphere sudah mulai dibuat film pada tahun 2004 lalu (dan pernah masuk Global TV loh dalam ajang festival film independen tahun itu). Awalnya Sphere merupakan karya tugas akhir (skripsi) dari Jeffry yang berkuliah di UK Petra, Surabaya. Lalu dengan teman-temannya, Sphere mulai disempurnakan oleh Muliady, dan dirancang oleh Michael untuk menjadi film. Dan muncul lah Origin Picture yang menangani film ini. Film ini pun hingga saat ini sudah banyak mengalami perubahan-perubahan. Di tahun 2005, masuk ke generasi kedua kini diberi judul Sphere Unleashed yang kali ini menampilkan re-design karakter utama.

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Di tahun 2006, Sphere kembali hadir dalam film ketiga yang diberi judul Spheres Special Lovely Heart, sebuah film komedi yang mengambil tema Sphere untuk memperingati salah satu tim dari Origin Picture yang menikah. Lalu dilanjutkan film berikutnya di tahun 2007 dengan judul dari komik aslinya, Spheres Inherit the Power. Namun karena terlalu panjang maka film ini dikenal sebagai Spheres Unleashed 2007.

Hanya saja, sejak saat itu Sphere terhenti lama. Hingga pada tahun 2010 hasrat untuk mengembangkan Sphere kembali datang. Dan hampir dua tahun persiapannya, pada tahun 2012 ini Sphere kembali dengan sistem animasi dan juga pergerakan kamera yang lebih mantap.. Dan karena memiliki cerita baru dan karakter baru, Sphere kali ini diberi judul: Sphere Trinity. Film generasi ketiga ini merupakan sebuah webepisode dimana pada saat ini sudah memasuki episode yang kedua. Woow..

Mau tahu sepak terjang mereka? Yuk kita intip episode 1 dan 2 dari Sphere Trinity di halaman kedua..

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Nah, daripada penasaran, yuk kita lihat saja episode 1 dan 2 dari Sphere Trinity..

EPISODE 1

EPISODE 2

httpv://www.youtube.com/watch?v=o7r-ey9CdZ4

EPISODE 3.. Segera tayang..!!

Bagaimana? Sangat menarik bukan? Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh, saya sendiri telah melakukan wawancara dengan salah satu pengurus Origin Picture. Lebih lengkapnya yu kita pindah di halaman berikutnya..

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Penasaran mengetahui Sphere Trinity lebih dalam? Yuk simak wawancara saya dengan salah satu pengurus Origin Picture, yang bernama Charles.

Keterangan: (N): Naburo (OP): Original Picture yang diwakili Charles..

N: Oke selamat siang Original Picture. Hal pertama yang saya mau tanyakan, kenapa judulnya Sphere Trinity?

OP: Selamat siang, Judul Spheres Trinity ini sebetulnya kita ambil dari kata tri ya.. Karena karakter utama atau yg dikenal sebagai heronya berjumlah 3 orang. Yang pertama Gallant yang berwarna merah, kedua Zeal yang berwarna biru dan Siva yang berwarna putih keemasan. Selain itu ini adalah sekuel ke 3 spheres, yang dulu sebelumnya kita pernah bikin di tahun 2004 berjudul Spheres, kedua berjudul Spheres Unleashed 2007 dan yang terakhir ini Spheres Trinity yang berformat lain dari 2 prekuelnya yaitu format webseries.

N: Sudah berapa lama kah proyek ini dimulai?

OP: Kalo Spheres Trinity ide muncul waktu tahun 2009 ya. Gara-gara hobi nulis cerita.. Jeffry nunjukin cerita ke saya.. Itupun sebenarnya saya udah agak males ya untuk ngelanjutin project Spheres yangg jelas ga ada untungnya selama ini buat kita.. Haha karena sudah 2 film kok ya tetep aja indie format trus lagi kondisi temen-temen kru yang udah kerja dan berkeluarga yang lebih membuat saya pesimis untuk melanjutkan project ini. Tetapi dengan penuh usaha jeffry bilang kalo kita ga keburu buru produksi Spheres Trinity, sambil berjalannya waktu saya membantu untuk menuliskan script trinity dan kita sempet mempromosikan kembali Spheres disela2 kita membuat script dan storyboard nya promo disalah satu event toyfair di surabaya dengan membuat live action show di event tersebut dengan judul Spheres vs Masked (kamen) Rider dan teasernya sempet kita share di sosial media dan responnya lumayan, ternyata juga ada yg ga tau apa itu Spheres dan resmi nya episode 1 kita produksi bulan mei tgl 5dan 7 di tahun 2012, resmi diupload tgl 7 juli 2012

N: Apakah banyak orang sudah mengenal Sphere sendiri?

OP: Kalo mengenal sih belum terlalu banyak ya.. Banyak yang bertanya-tanya karena juga kita buat film ketiga ini bukan dari awal.. Kebanyakan masih bingung dan kita juga share video ini ke forum toku baik lokal mamupun luar.

N: Lalu, apakah Sphere sendiri sudah mendirikan/ didirikan komunitasnya sendiri?

OP: Kalo komunitas tidak ada ya dan kita sebenarnya, kita ga buat komunitas sih, kebanyakan beberapa temen yg bergabung di Spheres adalah temen kuliah, dan temen kolektor action figure serta cosplayer.

N: Oh ya, btw tim Origin Picture ini dimulai sejak kapan? Dan katanya bnyk dari lulusan Univ UK Petra juga ya?

OP: Tim Origin Picture kita bener cuma buat project Spheres aja ya.. Kita bukan suatu badan usaha yang profesional dan commercial, kita cuma membuat nama seolah olah kita semacam rumah produksi. Soalnya nama ini dibuat untuk prasyarat waktu tugas akhir kuliah tahun 2004 dulu. Team nya pun beda-beda tiap season, cuman memang ada beberapa temen yang masih selalu eksis bersama kita dalam produksi film ini. Trus soal lulusan DKV UK Petra memang betul, kaya saya Charles, Jeffry Sung produser, trus Rizal director of photography, Chriz (bagian behind the scene), Benny Setiawan(photographer), Happy yang jadi Lisa .Ada yg lulusan DKV Petra kalo lainnya temen-temen aja kok.

N: Sampai sekarang ini sudah ada 2 episode untuk seri Sphere Trinity (ini yang versi ketiga kan?), nah rencananya akan dibuat hingga episode berapa nih?

OP: Betul ini adalah film yg ketiga, sebenarnya untuk Trinity kita ga rencana bikin seri panjang ya kita akan selesaikan di seri ke 4 karena masalah dana juga yangg terbatas. Syukur-syukur dapet sponsor bisa lanjut Spheres season terbaru ntah judulnya apa atau remake film kita yang lama, tapi yg jelas inti cerita dispheres trinity adalah kita hanya mengenalkan karakter Spheres ketiga yaitu siva (Dewi) yang diperankan Nadya Roviano.

N: Untuk kedepannya nih.. Sphere Trinity ini akan sampai kemana? Apakah masuk stasiun televisi Indonesia? Mau diajukan? Atau sudah diajukan?

OP: Kalo resmi ke stasiun tv belum ya, karena kita ga ada channel untuk masuk kesana, masuk gedung pun mungkin dah sampe stop di security hehehe (becanda), kalo nawarkan sih ke ph ya kemarin, khususnya ph yang memproduksi tv program, karena dia yang bisa masukan kesana. Tapi mereka ya sebatas tanya-tanya saja.. Dan ujung-ujungnya mau buat sendiri.

N: Terima kasih atas waktunya.. Maju terus Sphere.. Maju terus Tokusatsu Indonesia..

OP: Ok.. Ditunggu liputanya bro Eric..

Dihalaman berikutnya, merupakan list dari seluruh tim dari Original Picture yang menangani Sphere Trinity kali ini..

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Udah nonton, udah wawancara sama salah satu pengurus Origin Picture, dan kini saatnya melihat siapa sih yang ada dibalik Sphere Trinity.. Dan berikut ini merupakan list tim Original Picture tahun 2012 ini:

Executive Producer: Jeffry Sung

Producer: Michael Alisyabana, Muliady Kodrata

Director:Jeffry Sung

Storyboard artist: Jeffry Sung

Costume Design: Jeffry Sung

Costume maker: Shelwin Alisyabana, Michael Alisyabana

Action Director: Jeffry Sung, Muliady Kodrata

Choreographer: Muliady Kodrata

Director of Photography: Paulus Rizal, Yongky Kuncoro, Charles Hartono, Welly T Saputra

Lighting: Alfa & Eleven Empire Video Production

Music by: - ( belum punya sendiri)

Movie Editing: Charles Hartono

Graphic Design: Charles Hartono

Visual Effect: Yongky Kuncoro, David, Jeffry Sung

Opening Title: Ridwan Soegipranyoto

Sound Edting: Charles Hartono

Photograph: Paulus Rizal, Charles Hartono, Rachmad Junaidy

Wardrobe by: Jeffry Sung & Michael Alisyahbana

- original story by Jeffry Sung, Muliady Kodrata, Michael Alisyahbana -

BEHIND de SCENE:

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Jelajahi Dunia Tokusatsu Indonesia, Sphere Trinity!!

Loh!! Kamu menemukan Secret Page!! Untuk itu saya akan memberikanmu sebuah hadiah yaitu Bonus Scene dari Origin Picture.. Check dis Out

httpv://www.youtube.com/watch?v=3r7BKqwAa9k

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU