Sony Patenkan Teknologi Kontroler Baru, DualShock dan Move Menjadi Satu!

Sony rupanya masih berupaya untuk membuat inovasi baru untuk Playstation Move-nya. Kali ini, mereka dikabarkan sudah mendaftarkan paten untuk kontroler baru berbasis Move yang disebut dengan Hybrid Separable Motion Controller. Kabarnya, mereka sudah mendaftarkan paten ini sudah sejak bulan Mei 2011 lalu, namun baru dipublikasikan pada akhir November kemarin.

Dalam gambar yang dilampirkan Sony saat pendaftaran paten ini, tampak kontroler baru ini mirip dengan DualShock 3. Yang membedakan adalah, di dalam kontroler ini terdapat beberapa komponen Move, agar DualShock ini berfungsi juga sebagai motion controller. Bukan hanya bagian dalam saja yang mendapat tambahan komponen dari Move, tampilan luarnya pun juga mendapat sedikit sentuhan Move, apalagi kalau bukan munculnya dua “bola” ala Move yang terdapat di bagian punggung kontroler.

Di gambar lain, kita bisa melihat “kemampuan” lain dari kontroler ini, yaitu bisa dipisah menjadi dua, sehingga tampak seperti dua Move yang masing-masing memiliki magnetometer, accelerometer, gyroscope, fungsi getar dan speaker tersendiri. Selain itu, jika melihat beberapa gambar lainnya, tampak kontroler ini juga bisa diintegrasikan dengan Playstation Eye.

Masih menurut dokumen yang dilampirkan, Sony rupanya berencana untuk merilis kontroler ini untuk digunakan di PS3. Namun tidak menutup kemungkinan, nantinya kontroler ini bisa digunakan juga untuk konsol Sony selanjutnya. Bagaimana menurut kamu inovasi Sony kali ini?

[Sumber: TheSixthAxis]


SHARE
Previous articleKonsol Generasi Delapan OUYA, Versi Developernya Disebar Mulai 28 Desember
Next articleNonton Para Maniak Game Fighting Berantem !

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.