Tidak Ada Lagi Random Encounter di Shin Megami Tensei IV

Atlus memberikan begitu banyak update informasi untuk salah satu game terbarunya, Shin Megami Tensei IV (SMT IV). Kali ini kamu tidak perlu khawatir terhadap random encounter di game ini! Atlus menggantikan random encounter dengan sistem Symbol Encounter, yang menjadi lambang demon dan terlihat di field. Kamu bisa menyerangnya terlebih dahulu untuk memberikan serangan pertama saat bertarung.

Symbol Encounter

Sistem pertarungan di SMT III: Nocturne kembali dihadirkan di sini. Bernama Press Turn Battle System, sistem ini memberikan kesempatan beraksi sekali lagi untuk karakter yang berhasil mengeksploitasi kelemahan lawan. Tentu saja fitur bernegosiasi dengan para demon kembali hadir di sini, yang nantinya bisa merekrut para demon tersebut ke dalam party. Dan pastinya melakukan Demon Fusion untuk menggabungkan para demon dan menghasilkan demon baru yang lebih kuat.

Press Turn Battle System
Negosiasi dengan Nekomata
Demon Fusion, gabungkan demon-mu untuk menghasilkan demon baru yang lebih kuat

Atlus juga memberikan detail terkait jalan cerita SMT IV ini. Protagonis di sini adalah cowok berusia 18 tahun yang tinggal di East Mikado. Suatu hari, dia mengalami mimpi aneh yang terhubung dengan dunia sana. Pilihanmu akan menentukan nasib dunia. Si protagonis kemudian terbangun dari mimpinya, dan bersama teman-temannya dia kemudian menghadiri Gauntlet Ceremony. Di upacara tersebut, dia terpilih untuk menjadi Samurai, dan kemudian bertemu dengan sekelompok cowok yang ditemui di mimpinya. Kehidupannya sebagai seorang Samurai tak pernah sama lagi dengan kehidupan sebelumnya.

Setting waktunya adalah tahun 1942, di sebuah daratan nan hijau bernama Kanto, East Mikado. Raja Ahazuya Mikado menjadi penguasa kerajaan tersebut, dan kastilnya didirikan di tengah-tengah sebuah kota yang mirip benteng. Kota ini dipisahkan oleh tembok-tembok tinggi di dalam kastil, dan menjadi tempat tinggal para Samurai.

Di East Mikado, semua yang menginjak usia 18 tahun dari seluruh penjuru diharuskan untuk mengikuti upacara tradisional Gauntlet Ceremony. Upacara tersebut akan mengaktifkan Gauntlet sihir yang nantinya juga menjadi simbol resmi pengangkatan seseorang menjadi Samurai. Gauntlet tersebut memiliki fitur unik seperti program memanggil demon. Namun masih menjadi misteri mengapa Gauntlet ini bisa berada di East Mikado. Para Samurai ini memiliki tugas untuk menghabisi para demon dengan demon lainnya menggunakan Gauntlet-nya itu, serta melindungi East Mikado.

Tapi orang biasa di East Mikado tidak ada yang mengetahui tentang eksistensi para demon tersebut. Karena itulah para Samurai melindungi mereka semua secara diam-diam dari ancaman demon. Seluruh jalanan di Tokyo juga banyak yang hancur, kegelapan menyelimutinya, dan banyak demon berkeliaran di mana-mana. Sekarang nasib dunia ada di tangan sang protagonis yang juga seorang Samurai, apakah bertindak menuruti perintah para dewa melindungi dunia? Dengan adanya hukum dan kekacauan, para dewa dan demon, pertarungan sengit akan dimulai.

Bagi yang penasaran dengan jajaran staf pengembang SMT IV, langsung bisa melihat daftar nama-nama tersebut berikut ini.

– Skenario orisinil, desainer demon di serial SMT : Kazuma Kaneko
– Sutradara : Issen Yamai (SMT III: Nocturne Maniax, serial Devil Summoner: Raidou Kuzunoha)
– Desainer karakter :  Masayuki Doi (serial Trauma Center, Trauma Team)
– Pengarah art : Eiji Ishida (Maken X, SMT III: Nocturne, SMT: Strange Journey)
– Programer utama : Satoshi Ooyama (SMT III: Nocturne, Digital Devil Saga Avatar Tuner)
– Pengarah bidang suara : Kenichi Tsuchiya (serial SMT, serial Persona)
– Komposer suara : Ryouta Kodzuka (opening baru Devil Summoner: Soul Hackers 3DS)

[nggallery id=211]

Atlus juga memperkenalkan para anggota Samurai dan beberapa karakter lain yang akan kamu temui di SMT IV ini.

Anggota Samurai

Protagonist

Cowok berusia 18 tahun yang tinggal di East Mikado. Sebagai anggota Samurai, dia mendapatkan tugas mulia untuk menghabisi para demon.

Walter (CV: Katsuyuki Konishi)

Pemuda dengan tingkah laku slengekan. Meskipun dari luar terlihat kasar, tapi dia memiliki ambisi yang sangat kuat.

Jonathan (CV: Hiroshi Kamiya)

Cowok kalem yang dibesarkan dengan lingkungan baik dan juga ramah. Dia sering kali menenangkan teman-temannya yang beradu pendapat.

Navarre (CV: Kazuya Nakai)

Cowok yang menjunjung tinggi harga diri dan kebanggaan dirinya, serta sangat benci jika kalah dalam melakukan sesuatu.

Isabeau (CV: Miyuki Sawashiro)

Cewek dengan penampilan rupawan, dan menjadi satu-satunya cewek di antara anggota Samurai. Meskipun terlihat keras kepala, dia juga memiliki sisi lain yang mengejutkan.

Karakter Lain

Hope (CV: Kazuya Nakai)

Pemimpin dari Samurai. Tugasnya tidak terikat oleh perundang-undangan yang ketat selama dia bisa melindungi semua orang.

Isakal (CV: Tomoaki Maeno)

Teman masa kecil protagonis yang sudah dianggap sebagai kakak laki-lakinya. Sama-sama berusia 18 tahun yang berasal dari desa kecil bernama Kichijoji. Dia berharap bisa menjadi seorang Samurai nantinya.

Atlus akan merilis SMT IV ini untuk 3DS tahun depan.

[nggallery id=210]

[ Sumber : Gematsu, Siliconera, Senpai Gamer ]


SHARE
Previous articlePokemon no Fushigi no Dungeon, Magnagate to Mugendai no Meikyuu
Next articleSerunya Gathering Game Developer Arek Suroboyo Menjelang Akhir Tahun!

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.