Perombakan Zynga Terus Berlanjut, Kali Ini Korbannya Mafia Wars 2

Untuk keluar dari krisis, Zynga rupanya merombak banyak hal. Setelah sebelumnya kehilangan 100 pegawainya sehingga terpaksa melakukan perombakan manajemen, dan menutup salah satu studio-nya di Boston, kali ini Zynga merombak jajaran game-nya. Kabarnya, Zynga sudah bersiap untuk menutup sekitar 13 game yang tengah dioperasikannya baik di Facebook dan mobile, salah satunya adalah sekuel dari salah satu game text based laris mereka di Facebook, Mafia Wars 2.

Kabar akan ditutupnya layanan ini terendus dari halaman pembuka Mafia Wars 2 dalam beberapa hari ini. Dalam pengumuman tersebut, selain memberitahukan layanan yang akan ditutup pada 30 Desember 2012 mendatang, Zynga juga meminta maaf kepada seluruh pemain Mafia Wars 2, serta menawarkan kompensasi bagi para pemain Mafia Wars 2. Kompensasi yang akan kamu dapatkan nantinya berupa sebuah paket item eksklusif yang bisa digunakan di game-game Zynga lainnya -yang tidak ikut ditutup (dalam waktu dekat) tentunya, dan bisa kamu pilih meliputi CastleVille, ChefVille, FarmVille 2, YoVille dan Mafia Wars.

Langkah Zynga yang menutup layanan Mafia Wars 2 ini rupanya masuk akal. Pertumbuhan Mafia Wars 2 memang tidak memenuhi ekspektasi, bahkan cenderung turun drastis dan jauh lebih buruk dibandingkan prekuelnya. Bayangkan saja, Mafia Wars 2 hanya mencatat DAU (Daily Active User) sekitar 20.000 saja, dan MAU (Monthly Active User) sekitar 280.000 pemain saja. Rupanya para pemain Mafia Wars tidak suka dengan inovasi Zynga yang mencoba untuk menggambarkan aksi-aksi yang sebelumnya hanya berbasis teks menjadi sebuah game 3D yang utuh.

Mafia Wars 2 sendiri bukanlah game pertama dari daftar 13 game yang akan ditutup oleh Zynga dalam waktu dekat. Sebelumnya, Zynga juga mengkonfirmasikan bahwa Treasure Isle dan FishVille akan lebih dulu meninggalkan Facebook pada 5 Desember besok, dan Adventure World yang akan menyusul pada 14 Januari 2013 yang akan datang. Bukan hanya itu saja, perombakan Zynga juga tampaknya akan terus berlanjut, karena kabarnya Mark Pincus sang CEO sudah berancang-ancang untuk menutup studio mereka yang ada di Jepang dan Inggris, mengurangi jumlah staff yang ada di Austin, serta mengurangi konsentrasi mereka dalam mengembangkan game-game dari keluarga Ville.

Untunglah di tengah krisis yang melanda ini, Zynga masih bisa sedikit tersenyum. Melihat statistik dari InsideSocial, lima game mereka meliputi FarmVille 2, Texas HoldEm Poker, ChefVille, CityVille 2 dan Bubble Safari masih memuncaki daftar game Facebook dengan MAU terbesar bulan Desember 2012 dengan jumlah pemain secara berturut-turut 49.2 juta, 33.9 juta, 25.8 juta, 25 juta dan 22.8 juta.

[Sumber: Kotaku, Games.com]


SHARE
Previous articleSlingshot, DLC Pertama XCOM: Enemy Unknown, Memburu Alien Sampai ke China
Next articleSolusi Nyko Untuk Memperpanjang Ketahanan Baterai GamePad Wii U
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.