Castlevania: Lords of Shadow — Mirror of Fate, Aksi Terbaik Empat Pemburu Dracula

Developer: MercurySteam
Publisher: Konami
Platform: Nintendo 3DS
Release Date: 1 Maret 2013
Genre: Action Adventure

Pertama kali dikonfirmasikan akhir Mei 2012 lalu, Castlevania: Lords of Shadow – Mirror of Fate langsung disambut baik oleh penggemar serial Castlevania. Walaupun tidak ditangani langsung oleh timnya Koji Igarashi sang kreator Castlevania, namun dikembalikannya style gameplay ke 2D sidescrolling cukup membuat fans Castlevania lega. Namun apakah game ini bisa sesuai ekspetasi? Kita masih harus menunggu pembuktian MercurySteam sebagai developernya (yang juga mengembangkan prekuel Lords of Shadow) ketika game ini dirilis 1 Maret 2012 mendatang untuk Nintendo 3DS (meleset dari jawal awalnya akhir tahun 2012 ini).

Oh ya, sebelum melanjutkan preview ini, perlu kami tekankan jika bukan hanya Mirror of Fate saja sekuel Lords of Shadow. Karena MercurySteam juga mengembangkan Lords of Shadow 2 untuk PS3 dan X360, yang bakal kamu ulas di bagian lain. Sedangkan Mirror of Fate ini mengambil setting antara Lords of Shadow pertama dan Lords of Shadow 2.

Sebelumnya kami sudah menjelaskan banyaksehubungan dengan Mirror of Fate ini. Mulai perubahan grafis dalam format 2D (atau pesudo 2D, sehingga lebih pas disebut 2.5D) namun masih mengharuskanmu berinteraksi dengan lingkungan 3D, penjelajahan non-linier, setting 25 tahun pasca Lords of Shadow, karakter utamanya Trevor Belmont dan masih dibantu dengan leluhur Belmont lainnya yaitu Simon Belmont, melibatkan gameplay penjelajahan waktu, fitur kerjasaa antar karakter, hingga detail bagaimana fungsi 3D dalam 3DS dimaksimalkan.

Kabar terakhir, kami mengetahui bonus paket pre-order game ini, casing eksklusif Mirror of Fate. Namun sebelum kami perlihatkan seperti apa desain casingnya, berikut detail lain game ini dari pertama kali dikonfirmasikan Mei 2012 lalu. Selama permainan Mirror of Fate, kamu banyak beraksi di dalam istana Dracula, walaupun terkadang juga dibawa keluar di hutang dan gua yang mengelilingi istana legendaris tersebut. Kemudian membuatnya terlihat realtime, lingkungan dalam game bakal berubah seiring berjalannya waktu. Dan kemudian developer mengatakan bahwa kamu tidak akan backtrack kembali ke stage sebelumnya dengan setiap dari empat karakter playable-nya. Memang agak meninggalkan kesan Castlevania 2D sebelumnya, namun di sini kamu lebih diberi kebebasan untuk memilih rute perjalanannya yang becabang, seperti yang pertama kali diterapkan Konami melalui Castlevania III.

Kemudian menjadi ciri khas Castlevania 2D, ada banyak rahasia dan ruangan tersembunyi menunggu untuk kamu temukan, namun untuk menjangkau mereka masih tetap memerlukan skill platforming. Yang sudah kami ketahui beberapa gerakan platforming seperti wall-jump (berpijak pada dinding untuk menjangkau platform yang lebih tinggi), hingga yang baru diciptakan untuk seri ini, disebut ability “safe fall,” dimana kamu menggunakan senjata sebagai pijakan, dan menginterupsi karakter yang sedang meluncur jatuh. Senjata yang digunakan karakter pun dibuat berbeda efeknya, sehingga lebih maksimal digunakan melawan musuh tipe tertentu. Untuk memudahkan, kamu bebas melihat apa kelemahan dan kekuatan tiap musuh dalam fitur beastiary dalam game, yang bisa diakses melalui bidang layar sentuh Nintendo 3DS.

Dari kiri ke kanan, Trevor, Simon dan Alucard… duh, tampangnya kok menakutkan ya mereka :)

Sedangkan untuk karakter, sejauh ini baru tiga saja yang dikonfirmasikan bakal bisa kamu kendalikan. Mereka adalah Trevor, Simon dan Alucard. Satu karakter terakhir masih dirahasiakan. Walaupun nantinya di bagian prologue game ini, kamu bisa kembali memainkan jagoan Lords of Shadowpertama, Gabriel. Namun tentu saja untuk waktu yang singkat. Bagi yang lupa dengan sejarah Castlevania, Simon dan Trevor Belmont merupakan keturunan Gabriel Belmont. Namun di sini Gabriel sudah berubah menjadi Dracula, dan dia mengamcam akan menghancurkan siapa saja yang ingin menentangnya. Kamu bakal mengendalikan Gabriel di awal permainan sebelum dia berubah menjadi Dracula. Bisa kamu lihat penggalan adegan awal Gabriel dalam video di bawah:

Castlevania Lords of Shadow: Mirror of Fate | Halloween Trailer

http://www.youtube.com/watch?v=iWDZzTtmSIw

Kabar terakhir mengenai game ini, dengan memesan lebih awal alias pre-order melalui GameStop, kamu bakal mendapatkan casing transparan untuk 3DS dengan hiasan gambar tiga karakter utama Mirror of Fate. Untuk detail lain mengenai Mirror of Fate, terutama bagaimana gameplay-nya dibandingkan Castlevania lawas dan juga Lords of Shadow, bakal kamu ulas kembali nanti, atau bisa kamu lihat sedikit melalui video di bawah. Stay tuned!

Konami On Air Show – Castlevania: Lords of Shadow – Mirror of Fate

Konami E3 2012 | Castlevania: Lords of Shadow – Mirror of Fate Trailer

http://youtu.be/KM28q4VAdXg

Sumber: Konami


SHARE
Previous articleMengenal Elf di Soul Sacrifice
Next articleDragon Quest X Bisa Dimainkan di 3DS?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.