Adobe Perkenalkan Game Developer Tools untuk Dukung Perkembangan Game Flash

Untuk semakin meningkatkan jumlah developer independen dan juga perkembangan game Flash, Adobe baru-baru ini meluncurkan Game Developer Tools. Game Developer Tools ini sendiri adalah paket yang terdiri dari tiga macam software yang bisa kamu dapatkan secara gratis, meliputi Adobe Scout, Adobe Gaming SDK dan Flash C++ Compiler. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing software di atas.

Adobe Scout adalah tool untuk profiling dan optimisasi flash baik di flash player desktop maupun di mobile. Dengan menggunakan tool ini, kamu bisa meningkatkan optimasi game kamu untuk platform tertentu sebelum melepasnya di pasaran. Menurut Adobe, Scout sudah digunakan oleh banyak developer besar dalam fase beta sebelumnya, salah satunya Zynga yang menggunakannya untuk mengoptimalkan kinerja FarmVille 2. Selama masa promosi, tool ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan kamu bisa mempelajari lebih lengkap mengenai tool ini di sini.

Adobe Gaming SDK adalah sekumpulan framework yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan game Flash. Beberapa framework yang sudah disediakan oleh Adobe Gaming SDK ini antara lain Starling, Feathers dan Away3D. Selain itu, Gaming SDK ini juga menyediakan beberapa ekstensi native untuk iOS seperti in App Purchase, Game Center dan Social. Untuk lebih jelasnya, bisa kamu pelajari di halaman ini.

Yang terakhir, Flash C++ Compiler adalah sebuah tool yang bisa kamu gunakan untuk meng-compile semua program yang kamu buat dengan bahasa C atau C++ ke dalam Flash, yang artinya game atau aplikasi yang kamu buat untuk desktop bisa dijalankan dengan baik di web. Dalam demonya, Adobe bekerja sama dengan Epic Games mencoba untuk membawa demo Epic Citadel yang dikembangkan dengan Unreal Engine 3 untuk dijalankan dengan baik di web browser. Wow! Gears of War dalam browser? Sangat mungkin!

Kamu bisa mendapatkan Game Developer Tools ini melalui layanan Creative Cloud yang ditawarkan Adobe. Beberapa fitur dari Game Developer Tools ini bisa kamu dapatkan secara gratis, namun ada juga beberapa yang hanya menyediakan versi trial-nya saja. Layanan ini juga bisa kamu gunakan untuk komersial dengan merogoh kocek mulai dari US $49.99 per bulan (sekitar Rp 450.000). Dengan membayar biaya bulanan sebesar ini, kamu bisa mendapatkan Game Developer Tools ini, termasuk beberapa aplikasi penunjang lainnya seperti Adobe Photoshop CS 6 serta layanan cloud storage dengan beragam kapasitas. Tertarik untuk mencoba?

[Sumber: Adobe]