Archos Mulai Menjual GamePad, Tablet Android 7-inchi Khusus Mobile Gaming

Selama event Internationale Funkausstellung Berlin (IFA), atau bisa disebut juga sebagai Berlin Radio Show yang digelar 31 Agustus – 5 September 2012 lalu, Archos mengkonfirmasikan satu handheld menarik yang disebut GamePad. Handheld game yang mengoperasikan sistem operasi Android tersebut bisa menjadi rujukan mereka para gamer Android yang sudah jenuh bermain game sebatas kontrol touchscreen saja. Dan mulai hari ini Archos menjual handheld tersebut.

Seperti yang bisa kamu lihat, selain modelnya yang lumayan (mirip PlayStation Vita) kelebihan utama GamePad ini adalah adanya tombol fisik untuk mempermudah memainkan game Android yang selama ini secara default hanya bisa berinteraksi dengan touchscreen, selain tentu saja mengkombinasikan dengan layar sentuhnya yang berukuran 7-inchi.

Namun seperti kendala kebanyakan handheld Android atau solusi kontroler Android lainnya, seperti yang dialami Gameloft dan Duo Games, gamenya perlu “beradaptasi” untuk menggunakan kontrol tersebut, sehingga tombol – tombol yang disediakan tidak percuma. Karena itulah Archos menyediakan aplikasi mapping untuk membuat tiap tombol di tubuh GamePad ini berfungsi untuk game Android yang kamu mainkan (di Google Play Store ada lebih dari 1,000 game, mulai yang gratisa sampai yang berbayar).

Aplikasi mapping buatan Archos ini sepertinya bisa mengatasi kendala game yang memang belum mendukung tombol – tombol fisik. Kamu tinggal mengatur fungsi kontrol yang seharusnya diterapkan melalui sentuhan ke layar, dipindahkan ke setiap tombol fisik (ada 14 tombol fisik, dan dua analog) pada tubuh GamePad ini. Lihat saja bagaimana fungsi mapping tersebut bekerja melalui video di bagian bawah artikel ini.

Selain tombolnya, Archos GamePad memiliki layar 7-inchi dengan resolusi 1,024×600-pixel, dua inti prosesor yang berjalan di kecepatan 1.6 GHz, serta didukung GPU Mali 400-MP dengan empat inti, yang sudah tidak diragukan lagi kinerjanya melalui beberapa tipe Galaxy kelas atasnya Samsung, kemudian 8GB internal storage, microSD (mendukung hingga 64GB), miniHDMI dan langsung menjalankan Android 4.1, Jelly Bean. Harganya pun terjangkau. Di Eropa dijual senilai €149.99 atau sekitar Rp. 1,8 jutaan. Untuk wilayah Amerika bakal dijual mulai awal tahun 2013. Semoga saja ya masuk ke Indonesia, karena handheld ini bisa mempermudah kita memainkan banyak emulator, dari emulator Nintendo N64, bahkan sampai Sony PlayStation Portable.

ARCHOS GamePad – Mapping Buttons

Sumber: Archos YouTube Channel


SHARE
Previous articleUltralist: Deretan Film Paling Ditunggu di 2013 (Part 1)
Next articleCara Troll Termanis Dari Bos PlayStation Untuk Nintendo

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.