Grand Theft Auto: Vice City Versi Android Dirilis Paling Cepat Minggu Depan!

Sesuai janji mereka, kemarin Rockstar merilis remake Grand Theft Auto: Vice City untuk mobile. Namun sayangnya karena kendala teknis, baru pengguna iOS saja yang bisa menikmatinya. Versi Android-nya sementara ditarik dari Play Store.

Remake ini menjadi bagian dari perayaan 10th Anniversary Edition dari salah satu Grand Theft Auto terbaik, serta ditawarkan melalui toko digital masing – masing platform, Apple iTunes dan Google Play seharga US $4.99. Seperti proyek port mobile mereka sebelumnyaGrand Theft Auto: Vice City sama persis seperti yang kamu mainkan melalui versi konsol dan PC-nya satu dekade yang lalu. Namun tentu saja ada perbaikan grafis yang kini di-upgrade dengan resolusi tinggi untuk ukuran smartphone menengah atas… yah, setidaknya terlihat lebih detail dibandingkan versi PS2, meskipun kamu memainkannya di layar yang mini.

Selain detail berkat resolusi yang lebih tinggi, secara visual game ini juga mendapatkan penambahan efek seperti dengan model karakter baru, serta efek – efek lighting. Dan tentu saja, karena dirilis untuk platform yang mengutamakan pengendalian touch screen (bisa diatur layout tombolnya), kontrolnya pun ikut menyesuaikan dan dibuat lebih presisis, khususnya pada masalah menarget musuh. Oh ya, game ini juga kompatibel dengan kontroler eksternal MoGa Wireless Game Controller, serta beberapa tipikal kontroler yang bisa kamu hubungkan melalui port USB Android-mu. Kemudian untuk mengatasi masalah hilangnya data save, versi iOS juga mengimplementasikan fitur iCloud, sehingga data save gamemu bisa terjaha di “awan.” Kemudian dukungan layar Retina bisa dirasakan mereka pengguna iOS tipe – tipe terbaru.

Namun sayangnya, meskipun sebelumnya Rockstar berjanji merilisnya bersamaan untuk Android dan iOS, karena alasan teknis Grand Theft Auto: Vice City versi Android langsung mereka tarik kembali begitu diluncurkan 6 Desember lalu — itu pun beberapa saat setelah versi iOS-nya muncul. Versi iOS-nya sendiri bisa kamu dapatkan melalui link iTunes di sini. Sedangkan versi Android seharusnya berada di link Play Store ini.

Versi Androidnya memang ditarik dari Play Store, karena ada user yang melaporkan tidak bisa mendownload data gamenya. Padahal bagi mereka yang menggunakan Android yang memang sesuai spesifikasi yang diberikan oleh Rockstar, bisa mendownload datanya dengan lancar. Rockstar sendiri sudah memberikan penjelasan resmi sehubungan hal tersebut, karena ada masalah error ketika memvalidasi file .apk yang sudah di-download sehingga data yang diperlukan tidak bisa didownload untuk melengkapi. Berikut pernyataan resmi Rocstar:

Hey guys, due to unforeseen technical issues, the Android release of Vice City will be slightly delayed. Our goal is to get this out for Android by the end of next week. Our apologies for the delay to all our fans on Android devices and please stay tuned for updates. 

Rockstar berharap mereka sudah bisa mentasi masalah dan mengembalikan versi Android di Play Store paling cepat pekan depan. Namun yang mengecewakan, tidak disinggung masalah refund ratusan user yang sudah terlanjur membelinya ketika game itu dirilis. Yah, semoga saja ini bukan bagian dari skenario “game mobile dirilis di iOS lebih dulu,” sehingga versi Androidnya sengaja “ditunda” ya… hehe! Semoga saja versi Androidnya bisa segera UP kembali di Play Store.

Lantas apakah semua tipe Android tidak mendownload datanya? Tidak juga, banyak yang berhasil mendownload datanya dan lancar memainkannya. Namun tetap saja game ini membutuhkan spesifikasi yang agak tinggi, minimal dual-core dan dilaporkan berjalan lancar dengan Android 4.1 Jelly Bean. Karena beberapa user mengaku ketika masih menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich mendapatkan error, dan ada juga yang mencobanya pada Android single-core namun gamenya berjalan lambat (karena mungkin tidak dioptimalkan untuk Android tersebut). Jadi tetap pada patokan yang diberikan Rockstar berikut ini ya:

  • Apple iOS Devices: iPad, iPhone 4, 4S & 5, iPod touch 4th & 5th Generation
  • Android Phones: Motorola Razr, Razr Maxx, Razr Maxx HD, Motorola Atrix, Motorola Photon, Motorola Droid Bionic, HTC Rezound, HTC One X, HTC One S, HTC Evo 3D, HTC Sensation, HTC Droid Incredible 2, Samsung Galaxy Nexus, Samsung Nexus S, Samsung Galaxy Note 1 & 2, Samsung S2, Samsung Galaxy R, Sony Xperia Play, Sony Xperia S, P, T & TL, Sony Walkman Z Series Media Player, Samsung Galaxy S2, Samsung Galaxy S3, Google Nexus 4
  • Android Tablets: Acer Iconia, Asus Eee Pad Transformer, Asus Eee Pad Transformer Prime, LG Optimus Pad, Medion Lifetab, Motorola Xoom, Samsung Galaxy Tab 8.9 / 10.1, Samsung Galaxy Tab 2, Samsung Galaxy Note 10.1, Sony Tablet S, Sony Tablet P, Toshiba Thrive, HTC Flyer, Google Nexus 7, Google Nexus 10