Tembus Pasar Internasional, TouchTen Membawa Infinite Sky ke China dan Jepang

Meskipun sempat menuai kontroversi, Infinite Sky karya TouchTen memang patut mendapat apresiasi. Selain berhasil menembus Top Ten di Apple App Store, dengan jumlah download mencapai 1 juta serta 200 ribu pemain aktif, kini game tersebut juga segera memasarkannya untuk pasar China dan Jepang.

Hal ini diutarakan oleh Rokimas Soeharyo, pendiri Touchten, bahwa Infinite Sky, yang juga sudah meraih break even point per November lalu itu akan diterjemahkan untuk pasar China dan Jepang, dengan versi update game iOS tersebut segera diluncurkan minggu ini untuk kedua pasar baru itu. Sedangkan versi Androidnya menyusul dalam dua atau tiga bulan kemudian.

Rokimas menambahkan bahwa proses translasi untuk pasar China tersebut bukan sekadar perubahan bahasa saja. Karena pihaknya juga bakal menambahkan fasilitas sosial, seperti mengintegrasikannya dengan layanan jejaring sosial terpopuler di China seperti Weibo dan QQ, bukanya Facebook dan Twitter. Nantinya mereka juga berencana untuk mengupdate story game tersebut agar lebih berhubungan dengan lasar China. Sedangkan versi Jepangnya hanya akan mendapatkan perubahan bahasa saja, tanpa ada dukungan integrasi jejaring sosial.

Untuk memasarkannya di China, Touchten bekerjasama dengan publisher game China, Yodo1. Menjadi bagian kerjasama dengan publisher tersebut, nantinya Infinite Sky juga akan masuk ke dalam beberapa pasar digital third-party (bukan hanya iTunes dan Play Store saja). Bersamaan dengan konfirmasi ini, Rokimas juga membocorkan bahwa saat ini tim developernya sedang mengembangkan sekuel Infinite Sky dengan rencana rilis pertengahan 2013.

Semoga saja langkah Touchten di kancah internasional makin lancar, dan kita terus dukung usaha developer Indonesia dalam mengenalkan karya kreatif anak bangsa ke negara lain, karena sukses mereka juga menjadi kebanggaan kita para gamer Indonesia.

“We’re proud and glad to represent Indonesia to the world!” — Touchten.

Infinite Sky – iPhone Gameplay Video


SHARE
Previous articleiPaymu, PayPal-nya Indonesia Mendapatkan Aplikasi Android
Next articleSuper Mario Bakal Beraksi di Wreck-It Ralph 2!?

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.