Memperingati 25 Tahun Megaman dan Street Fighter, Kita Sambut Street Fighter X Megaman!

Street Fighter X Mega Man (PC)
Developer: Seow Zong Hui
Publisher: Capcom
Tanggal Rilis : 17 Desember 2012

Tidak terasa 25 tahun sudah serial Megaman menemani kita, dan ada salah satu penggemar setianya yang membuat sebuah game menarik untuk memperingatinya. Digabungkan dengan dunia Street Fighter, jadilah game PC Street Fighter x Megaman, yang didukung oleh Capcom secara resmi! Rencananya Capcom akan merilis game ini untuk PC dan bisa diunduh dengan gratis di capcom-unity.com pada tanggal 17 Desember 2012 mendatang.

Bukan, game ini bukan game fighting seperti halnya Street Fighter x Tekken. Seow Zong Hui membuat game ini murni berbasis pada serial Megaman klasik yang kita kenal, hanya saja menghadirkan para karakter serial Street Fighter sebagai boss yang harus dilawan. Tentu semua karakter dibuat dalam sprite 8-bit nan klasik. Yang telah dikonfirmasikan hadir di game ini adalah Urien, Rolento, Dhalsim, Blanka, Ryu, C. Viper, Chun-Li, dan Rose. Setelah semua boss ini dikalahkan, ada sesi baru yang kemungkinan besar menawarkan stage dan pertarungan boss baru. Jadi kita bisa melihat karakter Street Fighter lainnya.

Seperti serial Megaman yang kita kenal, tiap boss di sini memiliki kelemahan masing-masing dengan keahlian yang didapat dari boss lainnya. Seperti pertarungan Ryu yang menjadi lebih mudah jika berhasil mengalahkan Urien terlebih dahulu untuk mendapatkan kemampuan memantulkan serangan (terutama memantulkan Hadouken milik Ryu). Para boss ini memiliki bar serangan super yang akan penuh seiring mendapatkan damage. Jika penuh, maka mereka akan mengeluarkan serangan supernya, dimana kamera terlihat fokus pada mereka seperti di Street Fighter IV.

Tiap stage yang ada memiliki tema sesuai dengan boss yang akan dilawan. Seperti stage dengan banyak pepohonan dan tumbuhan berduri saat akan melawan Blanka. Musuh-musuhnya juga menyesuaikan, seperti musuh dengan panel reflektif di stage Urien. Untuk panjang tiap stage, Seow Zong Hui melakukan pendekatan seperti di Megaman 1 dan 2, tidak sepanjang di Megaman 9.

Hal lain yang membuat bernostalgia adalah musik oleh A_Rival, yang membuat versi 8-bit dari lagu-lagu tema Street Fighter. Dia berhasil memadukannya dengan baik, seperti di stage Dhalsim yang dimulai dengan lagu tema Megaman 3, Snake Man, dilanjutkan dengan lagu tema Dhalsim.

Untuk Megaman sendiri, dia memperoleh kemampuan seperti di Megaman 2, 3, dan 4. Dia memiliki charge cannon, slide, dan bisa memilih kekuatan khusus dari kontroler (game ini mendukung penggunaan gamepad), serta adanya menu seperti di Megaman 7, 9, dan 10. Megaman juga tidak terasa “melayang” saat melompat, menembakkan tiga peluru sekali tembak, dan juga bisa menyimpan E-Tank. Filosofi serial Megaman benar-benar terasa pas untuk game ini.

Lanjutkan membacanya ke halaman dua untuk mengetahui bagaimana Capcom sampai bisa mendukung secara resmi game buatan penggemar setia serial Megaman ini.

1
2

SHARE
Previous articleCatfiz, Aplikasi Anak Bangsa Diunduh Ratusan Negara!
Next articleFlow The Cloud, Antar Burung yang Mengantuk Kembali ke Sarangnya!

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.