Angry Birds 3rd Anniversary: Game Mobile yang Dibicarakan oleh Semua Orang

Para babi ingin ikut pesta ulang tahun Angry Birds. Boleh masuk gak ya?

Siapa yang tidak mengenal Angry Birds. Sering penulis mendengar mereka lebih familiar dengan sebutan burung – burung marah, burung terbang, burung ketapel, bahkan yang paling baru, penulis mendengar seorang anak kecil lainnya menyebut sebagai ”ayam tembak.” Sekadar sebutan saja, namun sudah cukup membuktikan bahwa Angry Birds bukan sekadar video game, melainkan sudah menjadi bagian hidup mayoritas masyakat di dunia.

Saat ini banyak yang mengenal Angry Birds, atau sekadar pernah memainkannya, dan bisa dikatakan telah mendarah daging di kalangan masyarakat, baik itu di Indonesia atau bahkan diseluruh dunia. Berawal dari sebuah video game yang diciptakan perusahaan Finlandia Rovio Entertainment, yang mengajukan bintang utama burung – burung tanpa sayap, dan pertama kali muncul sebagai game untuk sistem operasi iOS (saat itu iPhone, iTouch dan menyusul iPad) dari Apple pada 11 Desember 2009. Di luar dugaan Angry Birds menembus pencapaian mobile game, menjadi yang pertama dengan prestasi download hingga 12 juta kopi (sampai saat ini) hanya di platform milik Apple itu saja. Sementara 9 Mei 2012 lalu dikonfirmasikan total download untuk semua platform dan semua versi spesialnya mencapai 1 milyar download!

Menyambut ulang tahun, Angry Birds Classic akhirnya mendapatkan tambahan anggota keluarga baru, si Pink Bird..

Selain karakter burung yang lucu, salah satu kunci sukses Angry Birds mudah diterima oleh semua kalangan gamer, dari anak – anak sampai orang tua, dari gamer casual sampai hardcore, adalah karena gameplay-nya yang sederhana. Kamu mengendalikan beberapa jenis burung dengan identitas warna berbeda (dan sedikit perbedaan fisik) yang ingin mengambil kembali telur – telur mereka yang dicuri sekawanan babi. Pada setiap level, para babi berada di atas struktur bangunan, atau berlindung di dalamnya. Bangunan tersebut terbuat dari bermacam material seperti kayu, es atau batu, dan tujuan game ini adalah melumpuhkan semua babi di setiap level. Dengan menggunakan ketapel, kamu melontarkan setiap burung, entah itu untuk menarget langsung para babi, atau merusak struktur dimana mereka berada sehingga para babi itu pun ikut terjatuh dan tertimpa materialnya.

Awalnya memang game tersebut dikembangkan satu seri dan hanya untuk iOS-nya Apple saja. Namun berkat kepopulerannya, Rovio memutuskan memberi ekspansi seri edisi spesial berupa game tambahan. Mereka antara lain Angry Birds Seasons, Angry Birds Rio, Angry Birds Space, Angry Birds Magic dan yang paling baru Angry Birds Star Wars. Kemudian selain iOS, Rovio juga mengembangkannya untuk platform Android pada Oktober 2010. Menyusul kemudian selama bulan Januari dirilis untuk PlayStation Portable serta PlayStation 3, juga untuk komputer desktop ber-OS Windows dan Mac, lalu juga untuk platform Nintendo Wii serta DS. Berlanjut kemudian pertengahan tahun 2011, versi Windows Phone-nya Microsoft dirilis selama bulan Juni. Terakhir, yang juga membuat game tersebut lebih populer adalah ketika versi Facebook-nya dirilis pada Februari 2012, dimana peluncuran resminya juga berlangsung di Indonesia.