Permudah Komunikasi, Facebook Messenger Hanya Butuhkah Nomor Ponsel Untuk Chatting

Bagi mereka yang sudah banyak membina relasi melalui Facebook, terhubung melalui jejaring sosial, dan ingin terus berkomunikasi dengan rekan dunia maya dengan cara yang lebih mudah, pasti akan berusaha membuat status “Online” dengan beberapa solusi aplikasi chatting multi akun seperti eBudd, IMO, IM+ dan lainnnya yang juga menawarkan opsi mengonlinekan akun Facebook. Namun ketika Facebook sendiri merilis aplikasi chatting pertamanya, Facebook Messenger pada Agustus 2011 lalu, kita mendapatkan pilihan yang lebih baik.

Yah, setidaknya di awal perilisannya tidak sebaik saat ini, masih lambar, dan pesan yang dikirim cenderung lambat kita terima jika menggunakan koneksi data yang agak lelet. Namun Facebook terus mengembangkan aplikasi tersebut, pernah juga memasukkan Messenger mereka ke dalam aplikasi Facebook Mobile, namun baru update terakhir 6 Desember 2012 lalu yang makin memberi kita kemudahan dalam berinteraksi. Terutama bagi mereka yang sebenarnya ingin berhubungan melalui Facebook, namun tidak ingin diribetkan mengelola akunnya. Yaitu dengan opsi penggunaan nomor telepon mobile sebagai identitas untuk membuat akun di Messenger.

Benar, jadi jika sebelumnya aplikasi ini memerlukan akun Facebook untuk login dan mulai chatting dengan teman yang ada di akun Facebook-mu, kini kamu bisa cukup menggunakan nomor ponsel yang aktif dan kamu gunakan. Namun fungsi ini lebih menyasar mereka yang memang tidak memiliki akun Facebook. Jika kamu sudah memiliki akun Facebook dan sudah mendaftarkan nomor ponselmu di sana, maka fungsi mendaftar ini tidak bisa berlanjut, karena kamu bakal langsung dibawa ke akun yang sudah terdata dengan nomor ponsel tersebut.

Jadi ketika mereka yang memiliki nomor ponsel yang belum teregister sebagai nomor pada akun Facebook tertentu, ketika mendaftarkan nomornya akan mendapatkan kode konfirmasi. Masukkan kodenya untuk verifikasi bahwa benar itu nomor ponsel yang kamu gunakan, selanjutnya aplikasi ini akan mendeteksi data contact di ponselmu (nomor mereka mungkin teregister dengan akun Facebook), dan memasukkannya sebagai data contact Facebook Messenger. Kemudian kamu bisa mulai berkomunikasi dengan mereka. Lebih baik, kamu mengirim pesan group dan memperkenalkan diri, bahwa kamu sekarang menggunakan Facebook Messenger, karena jelas contact yang baru saja di-scan tadi tidak mengenalimu. Mirip – mirip lah dengan prinsip kerja kebanyakan aplikasi chatting alternatif seperti What’s App dan Line.

Sementara ini update yang memungkinkan kita masuk Facebook Messenger melalui identitas nomor ponsel ini hanya mendukung smartphone Android (versi iOS-nya dikabarkan segera menyusul). Tidak ada kabar juga apakah Facebook bakal menerapkannya untuk sistem operasi lain. Selain penambahan opsi login dengan nomor ponsel, menurut Facebook versi baru aplikasi ini menjanjikan notifikasi push yang lebih baik, walaupun menurut penulis yang juga membandingkannya dengan layanan messenger Facebook melalui aplikasi pihak ketiga seperti IMO dan eBuddy, pesan yang masuk masih lebih cepat dari aplikasi ketiga. Tapi opsi mendaftar Messenger melalui nomor ponsel jelas hanya dimiliki yang ofisial dari Facebook ini saja.

Kamu bisa mendownload versi baru aplikasi ini melalui:


SHARE
Previous articleRIM Luncurkan BBM 7, Telepon Gratis Via BBM dan Multitasking Secara Split-screen
Next articleTv Spot dan Foto-foto Terbaru Gangster Squad
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.