Google Maps Akhirnya Hadir Untuk iOS 6, Solusi Terbaik dari Apple Maps

Aplikasi peta baru yang diterapkan Apple untuk iOS 6 dan pertama kali dikenalkan melalui iPhone 5, menjadi disaster tersendiri. Hampir semua pengguna mengeluhkan kacaunya program pemetaan tersebut, dan bisa kamu lihat sendiri sedikit dari tragedi “kehancuran Bumi” akibat peta tersebut melalui artikel kami sebelumnya.

Apple sendiri sebelumnya menawarkan solusi agar user iPhone 5 dan pengguna iOS yang sudah terlanjur meg-uppdate software mereka ke iOS 6 agar menggunakan aplikasi pemetaan alternatif, seperti Bing, MapQuest, Waze, atau masuk ke halaman website Google atau Nokia dan membuat shortcut. Namun jelas, semuanya itu mungkin masih belum bisa menandingi keakuratan Google Maps, yang ditarik dari iTunes pasca upgrade yang dilakukan Apple pada iOS 6.

Namun Google tidak diam, mereka rupanya juga sudah menyiapkan agar aplikasi mobile Google Maps tersebut bekerja untuk iOS 6. Bahkan sudah lama, hanya Apple saja yang terlalu lama meng-approve Google Maps kembali eksis di iTunes Store. Kebetulan juga, iPhone 5 dijual di Indonesia mulai besok, setidaknya pembeli yang merogoh koceknya hingga 10 jutaan bisa langsung men-download Google Maps yang memang lebih familiar.

Google Maps versi 1.0 untuk iOS 6 ini sebaik versi Android-nya, yang memang lebih nature karena lebih lama eksis dan mendapatkan beberapa kali pembaruan. Selain itu, Google juga membuatnya makin mudah digunakan, serta tentu saja dipenuhi fitur baru yang jelas jauh lebih baik dari Apple Maps. Beberapa yang diunggulkan seperti navigasi suara turn-by-turn, satu fitur yang sebelumnya belum diterapkan pada versi sebelumnya — sayangnya, di Indonesia juga belum bisa digunakan. Google juga memasukkan local search (ini bisa diterapkan di Indonesia), petunjuk ke transportasi umum (belum bisa di Indonesia), Street View (baru akan diterapkan mulai tahun depan) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sayangnya, aplikasi peta gratisan ini sementara hanya untuk iPhone saja, belum ada yang kompetibel iPad. Oh ya, walaupun dioptimalkan untuk layar iPhone 5 yang jangkung, namun aplikasi ini juga cocok kok untuk iPhone lawas, mulai iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, dan iPod touch (generasi ketiga sampai kelima), yang menjalankan iOS mulai 5.1.

Download Google Maps: Apple iTunes Store


SHARE
Previous articleTrailer Ketiga The Last Stand
Next articleSimak Demo Dua Mode Baru dalam Gears of War: Judgment!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.