Kicauan 140 Karakter Berlanjut, Twitter Menantang Instagram Melalui Duel Filter Foto

Pasca Facebook membeli Instagram, Twitter dan Instagram pun otomatis tidak serukun sebelumnya. Terlihat seperti mulai Instagram yang melarang foto mereka bisa muncul langsung di Twitter, dan harus diarahkan ke tampilan website mobile mereka. Tentu saja pengguna Twitter direpotkan, karena tidak mudah lagi melihat hasil filteran Instagram secara langsung. Dan walaupun keduanya beberda tampilan, satu lebih ke tulisan dan satunya foto, namun update baru kedua aplikasi mobilenya mengindikasikan persaingan.

Pasca ditariknya foto Instagram dari Twitter memang sempat beredar rumor bahwa Twitter bakal mengenalkan aplkikasi ofisial mereka sendiri yang memungkinkan penggunanya bisa memberikan efek layaknya kamera profesional pada setiap foto yang diambil sebelum di-upload ke Twitter. Dan rumor tersebut benar adanya, karena kita mendapatkan update baru aplikasi ofisial Twitter dengan banyak filter.

Twitter memberikan fitur edit yang sederhana. Mulai Auto-enhance dengan logo wand (paling kiri), memberi keseimbangan warna dan tambahan cahaya. Hasilnya, foto menjadi sedikit lebih terang dengan warna yang seimbang. Lalu menu filter di tengah, dengan 8 pilihan, mulai Vignette, Black & White hingga Gritty. Untuk mengaksesnya kamu tinggal menyapukan jari alias swipe ke kiri atau kanan selama di tampilan editi pertama tadi. Namun jika ingin melihat perbandingan hasil filter lebih mudah, sentuh ikon filter untuk mendapatkan tampilan grid. Lalu fungsi edit ketiga pada ikon yang paling kanan, adalah Move and Scale, dimana kamu bisa memilih area tertentu saja pada foto — biasanya disebut crop sih. Tujuannya jelas, agar lebih terfokus ke suatu obyek di foto tersebut.

Awalnya, update yang diberikan jejaring sosial 140 karakter ini hanya untuk Android, namun sehari kemudian mereka merilisnya juga untuk iOS. Apa yang ditawarkan adalah banyak filter yang bisa diterapkan untuk foto yang kamu bidik, dan filter tersebut langsung datang dari ahlinya, aplikasi web yang memang ditujukan untuk mengedit file multi-media, yaitu Aviary. Caranya, ketika kamu mengklik foto menggunakan kamera, kemudian kamu mendapatkan layar pilihan efek. Kemudian kamu bisa menerapkan efek auto-fix, yang otomatis mengubah beberapa parameter foto tersebut dan membuatnya terlihat lebih menarik, atau memilik salah satu dari delapan filter yang sudah disediakan. Selain bisa merubah penampilan foto, fungsi crop juga ditambahkan di sana. Selesai berkreasi, kami tinggal mengetikkan pesan 140 karaktermu dan mengirimkan tweet-nya.

Terlihat menonjol dari update untuk iOS ini adalah tampilan baru shutter & tombol shutter. Lebih besar. Kemudian untuk memudahkan pengguna melihat foto terbaru yang diambil, ada preview-nya di pojok kanan bawah.

Nah, yang membuatnya menarik, pada hari yang sama, yaitu 10 Desember 2012 lalu, Instagram juga merilis update untuk aplikasi mobile mereka untuk iOS dan Android. Ada filter baru yang disebut ‘Willow,’ yang mengubah foto dengan efek grayscale serta ada sediit unsur sepia namun dengan default tanpa frame.

kemudian ada juga guide dalam bentuk grid yang makin memudahkanmu ketika melakukan scale dan crop. Lalu untuk menggeser, foto kini tanpa ada batasan selama dalam tampilan grid.

Kemudian khusus untuk iOS, mereka juga menambah tampilan preview foto yang mendapatkan filter di bagian kanan-bawah layar. Selain itu, masih untuk iOS, antar mukanya pun sedikit diperbaiki untuk mendukung ukuran layar iPhone 5 yang memanjang, sekaligus juga ada antar muka baru untuk kameranyanya, kualitas efek tilt-shift yang lebih baik, dan opsi untuk menggeser tanpa ada batasan selama dalam tampilan grid, adanya tombol Foursquare pada bagian Locations, dan juga layar welcome yang baru. Selain itu foto yang diambil melalui Instagram kini di-save dalam album khusus, yang disebut ‘Instagram.’

Kini kualitas efek tilt-shift-nya juga lebih baik. Bisa kamu lihat perbandingannya pada kedua gambar di atas.

Sayangnya, banyak pembaruan itu sementara ini baru bisa dinikmati pengguna iOS saja. Karena untuk Android, Instagram hanya memberikan efek Willow saja, serta bug-fixes yang tidak dijelaskan detailnya apa. Semoga tidak lama lagi bisa dinikmati pengguna Android!

Sayangnya baru filter Willow saja yang bisa ninikmati pengguna Android.

Jika kamu belum men-download updatenya, langsung saja masuk ke store masing – masing OS melalui link di bawah:

Download Twitter: untuk iOS & untuk Android
Download Instagram: untuk iOS & untuk Android

Lebih jelasnya mengenai fitur baru Twitter, bisa kamu lihat melalui video berikut:

Twitter Photo Filters


SHARE
Previous articleThe Phantom Pain Rumour Recap: Benarkah Akan Jadi MGS Selanjutnya?
Next articleMengintip Perubahan Job di Dragon Quest VII: Warriors of the Eden

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.