Nikmati Sensasi The Hobbit: An Unexpected Journey dalam Format 48 FPS!

Dalam artikel sebelumnya, saya sempat menyinggung sedikit bahwa The Hobbit: An Unexpected Journey yang mulai ditayangkan hari ini adalah film pertama yang menggunakan teknologi HFR (High Framerate) 3D. Teknologi ini membuat film ini memiliki framerate yang lebih tinggi, 48 FPS dibandingkan film-film konvensional yang hanya memiliki 24 FPS. Lantas, apa pengaruh framerate yang lebih tinggi ini terhadap kualitas film dan sensasi yang dihadirkan kepada para penonton?

Dalam sebuah kesempatan, Peter Jackson sedikit “berpromosi” dengan memberikan alasan mengapa kamu harus menonton film ini dengan format HFR-nya. “Saya rasa, 24 FPS untuk 3D menarik, namun 48 FPS membuat film 3D bisa meraih potensi terbaiknya, karena format ini mengurangi ketegangan pada mata, dan bisa menyajikan gambar yang lebih tajam,” ungkapnya seperti yang dikutip dari Cinemablend. “Dengan menonton 3D, kedua mata Anda melihat dua gambar yang berbeda, karena dua kamera menyajikan gambar yang berbeda. Dalam 24 FPS, Anda membutuhkan beberapa waktu agar otak Anda bisa menggabungkan kedua gambar yang ditangkap oleh mata. Teknologi HFR dengan framerate yang lebih tinggi ini juga mempersingkat waktu penggabungan tersebut,” ungkapnya lebih lanjut.

Beberapa kritikus film memiliki pendapat yang berbeda-beda dengan penggunaan HFR ini. Ada yang suka, dan menganggap menonton film yang berformat HFR lebih mirip menonton akting para aktor dan aktris di lokasi syuting secara langsung daripada sebuah scene dalam film. Namun ada juga yang tidak suka, dan menganggap penggunaan 48 FPS ini membuat mata harus membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk beradaptasi sebelum mendapatkan sensasi yang sebenarnya. Kabarnya, selain digunakan Peter Jackson dalam trilogi The Hobbit, teknologi ini nantinya juga digunakan James Cameron untuk memproduksi sekuel-sekuel dari Avatar .

Bagaimana dengan Indonesia? Beruntung, kita di Indonesia bisa menikmati The Hobbit: An Unexpected Journey ini dengan format HFR 3D-nya ini. Namun sayangnya, belum semua teater menyajikan sensasi tersebut. Berikut ini adalah daftar teater di Indonesia yang menayangkan versi HFR 3D dari The Hobbit: An Unexpected Journey seperti dikutip dari situs resminya:

Jakarta: Studio XXI th.1, PS XXI th.1, Pondok Indah XXI 2 th.1, Puri XXI th.6, Gading XXI th.2, Senayan City XXI th.1, Anggrek XXI th.2, Emporium Pluit XXI th.3, Kasablanka XXI th.4, Kemang Village XXI th.3

Bogor: Botani XXI

Bekasi: Mega Bekasi XXI

Tangerang: Serpong XXI

Tertarik untuk mencicipi sensasi 48 FPS The Hobbit: An Unexpected Journey? Segera kunjungi teater-teater di atas mulai hari ini juga!

[Sumber: Cinemablend, 21Cineplex]


SHARE
Previous articleFacebook for Android & iOS is Faster than Ever
Next articleChousoku Henkei Gyrozetter: Albatross no Tsubasa, RPG 3DS dari Game Arcade Gyrozetter

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.