Theatrhythm: Final Fantasy Bisa Dimainkan Gratis di iOS!

Yap kamu tidak salah baca kok. Square Enix memang mem-port game Theatrhythm: Final Fantasy (Theatrhythm FF) dari 3DS untuk iOS. Dan tidak salah, kamu bisa memainkan game ini gratis, langsung tinggal unduh dari App Store! Memang sih game-nya gratis, tapi untuk lagu-lagunya kamu tetap harus membayarnya untuk tiap lagu baru bisa mengunduhnya. Tidak hanya lagunya, para karakternya pun juga dijual terpisah.

Theatrhythm FF versi iOS ini menambahkan mode baru yakni Quest Medley. Di mode ini, tiap quest terbagi atas satu field dan satu bagian pertarungan, dan tiap kali kamu memainkannya, maka kamu akan dihadapkan dengan lagu yang berbeda dengan tingkat kesulitan serta hadiah yang beragam jika berhasil menyelesaikannya.

Mode baru lainnya adalah Compose Score. Sesuai namanya, kamu bisa mengaransemen sendiri musikmu dan tentu saling berbagi dengan pemain lain. Bahkan Square Enix juga mengkonfirmasikan akan ada lagu baru yang dikomposisi oleh mereka sendiri. Dan terakhir adalah fitur Twitter yang memungkinkanmu untuk men-tweet lagu dan score yang kamu dapatkan.

Tertarik? Langsung saja ke App Store untuk mengunduh Theatrhythm FF ini dengan gratis, karena Square Enix telah merilisnya kemarin. Dan persiapkan bujet lebih jika kamu ingin mengunduh lagu-lagu serta karakter favoritmu di sini hehe.

Berapa Total Biaya untuk Membeli Semua Kontennya?

Beberapa lagu tambahan yang bisa kamu beli secara terpisah

Mungkin sudah ada di antara kamu yang menebak-nebak berapa ya total biaya untuk membeli semua lagu dan karakter di Theatrhythm FF versi iOS ini? Karena saat mengunduhnya memang gratis namun kamu hanya diberi dua lagu, yakni One-Winged Angel (FF VII) dan Zanarkand (FF X). Kamu bisa membeli paket lagu spesifik berisi empat lagu dengan harga 2.99US$ tiap paketnya.

Untuk lagu tambahan, kamu bisa membelinya dengan harga 0.99 US$ per lagu dan 1.99 US$ untuk satu karakter tambahan. Apa yang membedakan Theatrhythm FF versi iOS dengan versi 3DS-nya adalah tambahan lagu dari FF Tactics,  serial FF Crystal Chronicles, dan karakter tambahan Celes dari FF VI.

Hanya penggemar berat serial FF saja yang akan membeli semua kontennya, dan bagi kamu yang benar-benar ingin melengkapi semua konten ini, bersiaplah untuk mempersiapkan bujet. Yuk kita hitung bersama-sama total biaya untuk membeli semua konten di Theatrhythm FF versi iOS ini.

13 bundel lagu dengan masing-masing bundel sebesar 2.99US$ = 38.87US$

Ditambah 59 lagu yang dijual per item dengan harga masing-masing 0.99US$ = 58.41US$

Ditambah lagi dengan 25 karakter baru dengan harga masing-masing 1.99 US$ = 45.75 US$

= dan jika ditotal menjadi 143.03 US$ (sekitar Rp 1.378.000)!

Wow, angka yang fantastis bukan?

Mungkin akan lebih mudah jika kita bandingkan dengan biaya total untuk versi 3DS. Para karakter di Theatrhythm FF versi 3DS bisa dibuka seiring berjalannya permainan, dan beberapa lagu seperti Antipyretic dari FF Tactics tidak tersedia. Versi 3DS juga memiliki video event, yang tentu tidak ada di versi iOS.

Harga resmi game-nya dirilis oleh Square Enix dengan harga 29.99 US$, termasuk di dalamnya ada 76 lagu termasuk prelude dan ending theme. Secara spesifik, kamu mendapatkan 36 lagu utama, 12 lagu yang bisa dibuka, 4 lagu eksklusif untuk Chaos Shrine, dan lagu-lagu opening/ending.

Ada juga tambahan 52 lagu yang bisa diunduh berupa DLC di US dengan harga per lagu sebesar 0.99 US$. Untuk versi Jepang memiliki 56 lagu DLC (lagu berjudul We Have Arrived dari FF Type-0 tersedia untuk US).

Jadi untuk versi 3DS, kamu “hanya” perlu menghabiskan total 81.47 US$ (sekitar Rp. 784.900) untuk mendapatkan 128 lagu (termasuk lagu prelude dan ending theme) atau 100 di Challenge Mode. Versi iOS memiliki 111 lagu dan Square Enix mungkin akan menambahkannya lagi sebagai DLC ke depannya. Bagaimana, sudah memikirkan untuk melengkapi semua konten di versi iOS ini? Hehe. Di bawah kamu bisa melihat video bagaimana gameplay Theatrhythm FF ini.

Saat berada di field
Saat bertarung melawan musuh

[ Sumber : Destructoid, Siliconera (2, 3) ]


SHARE
Previous articleDuel Tifa vs Chun-Li, Siapa yang Akan Menang?
Next articleLengkapi Koleksi Action Figure HALO 4

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.