Kebijakan Baru Instagram : Instagram Memiliki Hak untuk Menjual Foto Kita!

Kabar tidak mengenakkan tersebar di dunia internet. Bagi kamu pecinta Instagram, siap-siap hak cipta milikmu akan dilanggar habis-habisan!

Dikabarkan Instagram akan meng-update Privacy Policy & Terms of Service milik mereka. Dari peraturan baru itu, kebijakan yang kontroversial adalah Instagram mengklaim dapat mengkomersilkan foto kita yang ada di Instagram, tanpa perlu membayar sepeser pun pada kita!

Hal ini tercantum pada Terms of Use versi baru bagian Rights no. 2 yang berbunyi:

Some or all of the Service may be supported by advertising revenue. To help us deliver interesting paid or sponsored content or promotions, you agree that a business or other entity may pay us to display your username, likeness, photos (along with any associated metadata), and/or actions you take, in connection with paid or sponsored content or promotions, without any compensation to you. …

Terjemahannya:

Sebagian atau seluruh Jasa akan didukung oleh pihak periklanan. Untuk menambah daya tarik bagi pihak konten sponsor promosi atau konten berbayar, Anda menyetujui bahwa badan bisnis maupun usaha sejenis akan membayar kami untuk menampilkan username, like, foto (dengan metadata terkait), dan/atau aksi tindakan yang Anda lakukan,  yang terkait dengan konten berbayar atau konten sponsor promosi, tanpa kompensasi apapun untuk Anda.

http://instagram.com/about/legal/terms/updated/

Memang Instagram sudah mengupdate, dan mereka bakal mempertimbangkan respon pengguna. Namun belum diketahui apakah aturan baru tersebut bakal tetap diterapkan atau tidak.

Artinya, Instagram bebas untuk menjual foto yang Anda taruh di Instagram untuk kepentingan komersial pihak ke tiga (dalam hal ini sponsor dan sejenisnya) tanpa perlu membayar apapun bagi Anda yang seharusnya diakui sebagai pemilik foto tersebut! Ini seperti kita menaruh foto di iStockphoto, bedanya Instagra bisa menjual foto itu tanpa perlu kompensasi apa pun untuk kita!

Aturan ini akan berlaku pada 16 Januari 2013. Solusi agar hak cipta milik kita tidak dilanggar antara lain menghapus akun istagram sebelum tanggal tersebut. Karena jika foto kita masih ada pada tanggal 16 Januari, maka kita akan terkena dampak aturan baru ini.

Belum ada tanggapan resmi baik dari Facebook maupun dari Instagram mengenai aturan baru ini. Apakah ini menunjukkan era baru dalam komersialisasi photo sharing di social media?