BlackBerry 10 Pertama Disebut Z10, Sudah Didaftarkan di Ditjen Postel Indonesia

Setelah berpose menunjukkan finishing-nya yang berkelas, dan demo keyboard-nya di sini, BlackBerry 10 masih harus melalui jalan panjang sebelum dirilis 20 Januari 2013 mendatang. Dan kini kami mendapatkan update lagi, tipe pertamanya bakal disebut sebagai Z10, dan ternyata juga sudah didaftarkan di Ditjen Postel Indonesia.

Sebelumnya kita mengetahui jika BlackBerry 10 yang konsepnya berlayar sentuh bakal menggunakan kode L-Series — baca di sini untuk lebih jelasnya. Namun jelas itu bukan nama yang bakal digunakan ketika smartphone tersebut dijual. Kini kami mengetahui Blackberry full touch pertama bakal disebut sebagai BlackBerry Z10. Nantinya ada dua warna yang ditawarkan, hitam seperti yang sudah ketahui sebelumnya, dan juga warna putih.

Sepertinya RIM sudah meninggalkan pola penamaan tradisional sebelumnya, dengan empat digit angka serta kode nama tertentu untuk setiap BlackBerry-nya (Javelin, Curve, Onyx, Davis dll), dan memilih pola penamaan yang lebih singkat untuk memudahkan penyebutan. Selain tipe L-Series yang full touch, mereka juga memiliki yang model ber-keyboard QWERTY yang disebut sebagai N-Series. BlackBerry pertama yang masuk tipe N bisa jadi namanya disebut sebagai BlackBerry X10.

Untuk spesifikasinya, dari rumor yang kami dapatkan sebelumnya, BlackBerry 10 ini mengusung hardware kelas atas. Mulai layar yang bidangnya bisa lebih dari 4-inchi, resolusi HD 720p atau WXGA, prosesor Krait dual-core dan kamera 8-megapixel dengan opsi merekam video full HD 1080p. Setidaknya spesifikasi tersebut setara dengan apa yang ditawarkan Microsoft untuk kelas premium Windows Phone 8 mereka.

Kemudian untuk rumor di Indonesia, walaupun negara kita tidak termasuk lokasi dimana BlackBerry 10 pertama kali diluncurkan, namun ketika kami menegcek website Ditjen Postel di sini, dengan kata kunci BlackBerry jelas tertulis di sana sudah ada BlackBerry 10. Rupanya seri smartphone terbaru RIM tersebut tidak ingin menunggu waktu lama agar bisa segera dinikmati penggemar BlackBerry di Indonesia. Apalagi dari data terakhir di Ditjen Postel tertulis jika sertifikatnya sudah berstatus SP2 per 20 Desember 2012 kematin. Artinya, sertifikat sudah siap dicetak, dan seharusnya bisa siap saat smartphone ini diluncurkan akhir Januari 2013.

Nama yang didaftarkan di sana adalah BlackBerry 10 – STL100-1, dengan distributor ERAJAYA SWASEMBADA, Tbk., PT. serta TRIKOMSEL OKE TBK, PT.. Negara dimana smartphone tersebut diproduksi tertulis Mexico dan Canada. So, jika kamu ingin mendapatkan BlackBerry yang original dari negara asalnya Canada (dan juga pabrik utama RIM di Meksiko), belum made-in negara lain, kesempatanmu mendapatkannya adalah ketika BlackBerry 10 ini pertama kali dirilis. Kabarnya untuk pasar Indonesia, BlackBerry 10 ini resmi dijual Maret 2013 mendatang.


SHARE
Previous articleUltralist: Deretan Film Paling Ditunggu di 2013 (Part 3 – end)
Next articleGarry Schyman Masih Ditunjuk Mengerjakan Musik BioShock Infinite

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.