Detail Gameplay Lightning Returns: Final Fantasy XIII, Gunakan Sistem “Amazing ATB”

Square Enix melalui majalah Famitsu edisi terbaru memberikan beberapa detail gameplay untuk salah satu game terbaru mereka, Lightning Returns: Final Fantasy XIII (LR: FF XIII). Salah satunya adalah nama sistem pertarungan di game tersebut, yang untuk sementara ini mereka sebut dengan “Amazing ATB (Active Time Battle)”. Tenang saja, nama tersebut masih belum pasti kok hehe.

Berikut adalah daftar detail mengenai gameplay dan dunia LR: FF XIII.

– Kostum baru Lightning didesain oleh Tetsuya Nomura.
– Kamu bisa mengganti kostum dan warna kostum Lightning selama permainan berlangsung.
– Waktu akan selalu berjalan, kecuali saat kamu membuka menu di field.
– Keberadaan dan aksi masing-masing NPC akan terus berubah secara konstan.
– Beberapa informasi penting hanya bisa didapatkan di waktu tertentu.
– Lightning adalah satu-satunya karakter playable di LR: FF XIII, jadi jangan pernah mengharapkan adanya anggota party di sini.
– Lightning menggunakan “Style” dalam pertarungan, dan tiap Style terdiri atas satu set senjata, perisai, aksesoris, shield, dan ability-ability tertentu.
– Kamu bisa mengkustomisasi penampilan dan kemampuan Lightning.
– Dengan mengalahkan monster-monster, Lightning mendapatkan sejumlah poin khusus yang bisa digunakan untuk meningkatkan waktunya yang tersisa, atau item untuk memperkuat equipment miliknya.
– Nama sistem pertarungannya masih belum dikonfirmasikan, tapi untuk saat ini Square Enix menyebutnya dengan sistem pertarungan “Amazing ATB”.
– Meskipun kamu hanya mengendalikan satu karakter saja, tapi akan terasa bertarung dengan banyak karakter (yang entah bagaimana cara Square Enix mewujudkannya).
– Para monster bahkan muncul di dalam kota.
– Gerombolan asap hitam misterius akan muncul di area spesifik pada waktu-waktu tertentu. Area baru jug akan menjadi teritori bagi monster.
– Separuh dari monster yang ada di LR: FF XIII benar-benar baru.
– Kesimpulan akhir dari game ini (alias ending) bisa langsung didapatkan dari game-nya, tanpa perlu mengunduh lagi (dan mengeluarkan biaya lagi seperti halnya yang Square Enix lakukan untuk FF XIII-2).
– Yoshinori Kitase menjamin bahwa kamu akan terpuaskan dengan bagaimana jalan cerita para karakter dari game-game sebelumnya.

Square Enix akan merilis LR: FF XIII untuk PS3 dan Xbox 360 tahun 2013 mendatang.

[ Sumber : Gematsu]