Goodbye PlayStation 2! Sony Resmi Hentikan Penjualan Konsol Terlaris di Dunia

Kami yakin, kamu yang mengaku gamer pasti mengenal Sony PlayStation 2. Konsol legendaris tersebut kini sudah berusia 13 tahun. Pertama kali dirilis 4 Maret 2000, di Jepang, sebagai bagian dari konsol game generasi keenam, dan menjadi kompetitor utama bagi Sega Dreamcast,Microsoft Xbox, dan Nintendo GameCube.

Saat ini performanya memang tidak sedigjaya dulu. Bisa dihitung game yang masih dikembangkan untuknya, meskipun total unit yang dilepas Sony ke seluruh dunia mencapai 150 juta unit. Dan meskipun masih menjadi konsol yang cukup laku di negara kita karena menjamurkan rental konsol game, namun sepertinya PlayStation 2 perlu dipensiunkan. Setidaknya khusus untuk wilayah Jepang saja, karena kemarin Sony resmi mengumumkan untuk mengentikan distribusi dan penjualan PlayStation 2 di Jepang.

Keputusan ini ditujukan untuk pasar Jepang saja, sementara untuk wilayah lain masih menunggu kabar selanjutnya. Jadi kita masih bisa berharap menemukan entah varian US atau Eropa dari konsol yang memiliki daftar game hingga 10,828 judul — dan diklaim kopi game yang terjual mencapai 1.52 milyar sejak pertama kali konsol tersebut diluncurkan.

Konsol yang perannya digantikan oleh adiknya PlayStation 3 pada 2006 ini menjadi mesin game tersukses di dunia. Kepopuleran PlayStation 2 berhasil menghabisi secara prematur Sega Dreamcast, menumbangkan Microsoft Xbox, dan menjegal sampai lumpuh laju Nintendo dengan GameCube-nya. Selain itu, mesin game kedua Sony ini juga memiliki perpustakaan game terbesar dibandingkan mesin game mana pun.

Bahkan meskipun PlayStation 3 sudah diluncurkan, masih banyak game keren yang dirilis untuk kakaknya ini. Sebut saja Ape Escape 3, Ar tonelico: Melody of Elemia, Atelier Iris 2, 3 dan Eternal Mana, trilogi .hack//G.U., Yakuza 2, Xenosaga Episode III, Kingdom Hearts II dan Re: Chain of Memories, Dirge of Cerberus, Final Fantasy XII, dan masih banyak lagi lainnya (yang bisa kamu tuangkan di kolom comment di bawah, jika kamu merasa ingin nostalgia mengenang game – game keren PlayStation 2 yang dirilis di masa akhir hidupnya).

Overall, PlayStation 2 adalah pilihan terbaik bagi para entry level gamer yang sekadar ingin mencari hiburan murah, banyak pilihan game casual untuk anak – anak, atau bagi orang tua yang ingin membelikan mesin game bagi anaknya namun dibatasi budget. PlayStation 2 (bukan PolyStation lho ya!) adalah pilihan terbaik.

Hmmmm, saya masih menyimpan PlayStation tipe lama SCPH-30000, dan masih bandel untuk memainkan ratusan game RPG-RPG keren. Bagaimana denganmu, apakah si tua ini masih mampu diajak marathon bermain game?