Year On Twitter, Kumpulan Kicauan Emas Sepanjang Tahun 2012

Tahun 2013 tinggal menghitung jam saja. Dan seperti momen yang sama di tahun lalu, pergantian tahun banyak dimanfaatkan untuk hura-hura, belanja, berwisata, atau sekadar berkumpul bersama keluarga dan mengenang kembali apa saja yang sudah dilalui setahun kemarin, tertawa bersama, berkaca dari kesedihan, dan sama-sama berharap 365 hari ke depan yang lebih baik. So, sebelum mulai mendaftar apa saja resolusi dan target yang ingin diraih, kita lihat kembali apa saja yang terjadi setahun ke belakang, mulai dengan  media yang paling jamak kita dengar, lihat, atau gunakan manfaatnya sehari-hari, yaitu jejaring sosial.

Kita mulai dengan Twitter. Microblogging 140 huruf ini menawarkan alamat khusus melalui 2012.twitter.com yang resmi dibuka 11 Desember 2012 lalu, dalam mengajukan review tahun 2012 dengan enam kategori berbeda, Golden Tweet, Pulse of the planet, Only on Twitter, Trends, New voices dan Your Year on Twitter.

Golden Tweet berisi dua Tweet yang memicu paling banyak Retweets sepanjang tahun ini, plus juga dua Tweet lainnya yang banyak menarik perhatian publik dunia. Dua Tweet dengan Retweet terbanyak diraih oleh presiden Amerika Serikat Barack Obama (dengan Tweet “Four more years”) dan artis Justin Bieber (dengan Tweet “RIP Avalanna. i love you”). Kemudian salah satu Tweet yang mendapat perhatian adalah statement aktor/seiyuu Kouichi Yamadera yang mengungkapkan bahwa dia bakal menikahi aktris Rie Tanaka. Tweet tersebut menjadi yang paling banyak di-retweet di Jepang sepanjang tahun 2012.

Kemudian Pulse of the planet menandakan topik yang mampu memicu diskusi di antara para pengguna Twitter, sehingga melahirkan Tweet dan Retweet terbesar sepanjang 2012. Beberapa diantaranya adalah: Summer Olympics yang digelar di London mulai 27 Juli – 12 Agustus 2012 dan menghasilkan 150 juta Tweet, MTV Video Music Awards yang berlangsung 6 September 2012 lalu dengan 50 jutaan Tweet, serta ajang pemilihan presiden Amerika Serikat yang mampu memproduksi total 40 juta Tweet (baik selama masa kampanye, dan selama hari pemilihan).

Kemudian Only on Twitter berisi Tweet pilihan dari kejadian nyata yang dilaporkan secara langsung dengan menggenerate live-tweet yang bisa dinikmati secara instant. Demikian apa yang terjadi diketahui dunia dengan cepat karena memang bermula dari Twitter. Salah satu contonya adalah ketika proyek Curiosity dari NASA berhasil mendarat di Planet Merah Mars.

Lalu Trends, sesuai namanya, adalah topik atau hashtag yang menurut Twitter cukup populer. Jadi jika menurut kita ramai, belum tentu dari database Twitter topik tersebut banyak menyedot perharian. Twitter menggolongkannya ke dalam 9 kategori, seperti makanan, politik, olahraga, hingga teknologi. Beberapa yang jamak di telinga Citizen, seperti topik/hashtag mengenai iphone, instagram, kindle, hingga ipad. Yup, tidak ada android atau google di sana (karena memang kedua topik itu lebih ramai di Google Plus, hehe!)

Diantara bagian yang terbaik selama 2012 menurut penilaian Twitter, penulis paling menyukai bagian New voices, yang merupakan bagian yang khusus mengumpulkan profil-profil baru selama 2012 kemarin, namun berhasil meraih follower terbanyak. Profilnya keren, mulai dari Paus hingga Pelé, dan tentu saja PSY juga masuk lah, mengingat videonya di YouTube menjadi yang terpopuler sepanjang sejarah. Mereka yang berniat menjadikan Twitter ajang promosi (atau malah nye-pam!), mem-follow profil dalam New voices menjadi salah satu alternatif mudahnya.

Dan terakhir, Your Year on Twitter, sesuai namanya memberi impresi selama satu tahun belakangan apa Tweet-mu yang paling populer (dari jumlah re-tweet), dan siapa follower-mu yang paling rajin me-retweet tiap Tweet-mu. Selain itu, juga menunjukkan statistik topik dan hashtag apa saja yang sering kamu gunakan, dan berapa banyak yang meresponnya.

Overall, review setahun yang diberikan jejaring sosial yang berusia enam tahun ini sangat menarik. Membagi dalam beberapa kategori, sekaligus juga memudahkan kita menemukan siapa profil yang paling laris, hingga topik dan hashtag apa yang paling sering dipakai. Namun untuk Your Year on Twitter, well, karena memang sebatas 140 huruf dan foto mungil atau sekadar link, historis apa yang kita lakukan selama berkicau di Twitter kurang menarik, seperti milik Facebook misalnya, yang bakal kami ulas di bagian lain.

Bicara foto, penulis juga ingat jika Twitter memberikan satu perubahan besar selama tahun 2012 ini di tengah kesederhanaan interface-nya. Mereka menawarkan Header Image untuk profil individu (bisa kamu akses melalui bagian profil-mu, dan klik Edit). Di sana kamu bisa meng-upload foto yang lebih besar untuk profilmu, bukan sekadar kotak avatar kecil. 

2012 Year on Twitter


SHARE
Previous articleEye Candy: The Dark Knight Rises Concept Art
Next articleYear on Local Movies, Inilah Daftar Film Indonesia Terlaris Selama 2012!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.