Duniaku Recap: Top Trending Articles of the Week!

Tidak ada hari yang lebih baik dari Senin. Fisik yang prima pasca istirahat akhir pekan, atau pikiran yang fresh karena efek liburan yang begitu panjang — sambung-menyanbung hingga Rabu besok. Senin pun juga waktu yang tepat untuk memulai rencana baru seminggu ke depan. Termasuk tim Duniaku yang sudah menyiapkan banyak artikel menarik untuk minggu pertama Januari 2013 ini. Kami masih menyiapkan beberapa artikel review setahun dari beberapa kategori, terutama Year In Review dalam dunia game, yang pasti bisa membuat kalian mengingat kembali apa yang menjadi sorotan selama setahun kemarin. Namun sebelum kamu menikmati secangkir teh atau kopi yang ditemani sepiring snack sambil membaca artikel kami sepekan nanti, berikut kami berikan resume apa saja yang menjadi trending di Duniaku seminggu kemarin.

Mulai Senin 24 Desember lalu, tim Duniaku mendapatkan kabar dari salah satu developer game Indonesia, yang tepatnya berasal dari Jawa Barat, yaitu Tinker Games. Mereka tengah mengembangkan sebuah game Shoot ‘em Up (istilah kerennya dalam dunia game SHMUP) baru yang mereka sebut dengan INheritageINheritage sendiri menawarkan gameplay berjenis SHMUP dengan tampilan klasik horizontal side scrolling, dengan ciri khas wilayah gerak karakter yang terasa lebih luas. Mungkin tampilan semacam itu jamak kita temui dari tipikal game SHMUP Jepang. Namun apa yang menarik dan membuat kita layak banggakan, INheritage banyak menggunakan tema budaya daerah Indonesia sebagai acuannya. Artikel ini berhasil mencuri spotlight dan menjadi favorit Citizen di awal minggu. Semoga saja game yang sarat unsur budaya dari Jawa Barat ini bisa sukses, karena sekaligus membawa nama Indonesia di dunia internasional ketika dirilis untuk platform mobile Apple iOS.

Artikel lainnya yang banyak menyita trafik adalah update mengenai Lightning Returns: Final Fantasy XIII yang kami udarakan 26 Desember lalu. Ada Final Fantasy XIII di sana… dan memang benar, seperti kebiasaan Square Enix beberapa tahun belakangan yang sepertinya “melempem” membuat franchise baru, mereka lebih suka berlindung dari nama yang sudah terlanjur heboh sebelumnya, digali makin dalam melalui entah prekuel atau sekuel. Lightning Returns ini menjadi sekuel dari Final Fantasy XIII-2, dimana Final Fantasy XIII-2 itu sendiri juga menjadi sekuel Final Fantasy XIII. Apa yang membuat penasaran gamer adalah bagaimana kini Square Enix mengeksploitasi karakter dan kemampuan Lightning, dengan gameplay yang lebih action oriented, dalam batasan waktu 13 hari. Bisa jadi nantinya game tersebut bakal menjadi Final Fantasy dengan gameplay tercepat setelah Crisis Core: Final Fantasy VII dan Final Fantasy Type-0. Semoga saja tidak “berantakan” ya… kita tunggu saja hingga game tersebut dirilis tahun 2013 ini.

Masih dari dunia game, Januari 2013 ini kita juga kedatangan wujud kebangkitan kembali franchise yang sudah lama tidur, dan dianggap usai. Devil May Cry, siapa yang tidak mengenal serial game dengan image karakter Dante yang cool, salah satu pencetus gameplay hard stylish, serta alunan musik cadas yang memekakkan telinga. Hanya saja game terbarunya, DmC: Devil May Cry ini sudah memberi impresi awal yang kurang baik, terutama dari sisi desain karakternya yang terkesan agak junkie. Walaupun desainnya kemudian sedikit dirubah, dan ternyata gamplay-nya tetap sekeren Devil May Cry yang kita kenal sebelumnya, rupanya masih banyak yang menyangsikan masa depan serial tersebut di tangan developer pihak ketiga. Namun ada satu hiburan, karena ternyata desain saudara Dante, Vergil, ternyata dianggap lebih keren. Dan melalui update artikel DmC terbaru, kami mengulas mengenai gameplay Vergil yang bakal bisa kamu mainkan melalui paket downloadable content.

Artikel Duniaku lainnya yang dinilai ramai oleh Citizen adalah berita baru mengenai Sword Art Online: Infinity Momentversi game dari anime dengan judul yang sama, dan saat ini menjadi salah satu anime terfavorit berkat bersi light novelnya yang sangat laris di Jepang. Versi gamenya yang bakal dirilis 14 Maret 2013 mendatang untuk PSP juga dianggap menjadi salah satu alasan banyak gamer masih setia menyimpan PSP mereka, walaupun sebenarnya jika dirilis untuk PS Vita, seharusnya bisa lebih bagus, dan membantu handheld Sony tersebut dengan dukungan game yang ramai.

Selain Sword Art Online, pesona game Jepang lain yang banyak difavoritkan Citizen adalah Kingdom Hearts HD 1.5 Remix. Game action role-playing game yang merupakan kompilasi dengan dukungan grafis HD dari Kingdom Hearts Final Mix dan Re:Chain of Memories tersebut dikembangkan khusus untuk PlayStation 3 dengan rencana rilis tahun 2013 ini. Selain kedua game tersebut, kamu juga bakal mendapatkan koleksi adegan sinematik scene dari Kingdom Hearts 358/2 Days dalam tampilan HD. Update artikel terbaru dari kami pada 28 Desmber kemarin me deretan screenshot terbarunya yang dirilis resmi oleh Square Enix pasca event Jump Fiesta 2012.

Sedikit bergeser dari dunia game, kita masuk ke dunia maya jejaring sosial Twiiter, yang memiliki satu game unik yang disebut Tweeria. Game yang dianggap paling malas di dunia tersebut makin ramai saja dibicarakan seiring banyaknya user yang memainkannya… secara pasif. Well, kata pasif itu tadi juga masuk dalam sebutan malas, karena memang kita tidak sepenuhnya memainkannya, kamu cukuo buat avatar, tidak perlu melihat gamenya, lakukan tweet, retweet, mention… maka gamenya bakal jalan dengan sendirinya. Makin terlihat malas, banyak artwork game tersebut yang diambil dari game lain, walaupun yang memasang di sana para pemainnya. Terlepas dari betapa malasnya game tersebut, artikel kami mengenai Tweeria pada 29 Desember kemarin menjadi salah satu yang difavoritkan Citizen. Bagi kamu yang memainkannya, jadi sudah berapa banyak aktor dunia nyata yang berhasil kamu habisi? :)

 

Selain itu, pada hari yang sama kami juga mengulas satu berita menyedihkan… well, tidak sepenuhnya sedih sih, namun mungkin kenangannya susah dilupakan. Artikel mengenai dihentikannya penjualan PlayStation 2 oleh Sony, sepertinya terdengar kurang nyaman, ya… apalagi bagi mereka yang masih bergantung pada ketersediaan mesin game terlaris dunia tersebut yang menjadikannya media bisnis rental. Namun ternyata kabar mengenai dipensiunkannya mesin game yang sudah berdinas selama 13 tahun tersebut terpilih menjadi artikel terfavorit Citizen di minggu terakhir Desember 2012 kemarin… bye bye PlaytStation 2, we’ll miss you! *hiks*

Oh ya, satu hal lagi… berhubung momennya juga pas, pergantian tahun… tidak ada salahnya kamu para gamers melihat kembali deretan cutscene game Parasite Eve dalam artikel Nonton Yuk. Kok bisa pas? Setting game tersebut sama seperti yang kita lalui hari ini, lebih tepatnya selama sepekan, dimulai pada malam Natal (Christmas Eve) hingga akhir tahun, atau New Year’s Eve. Jadi kamu memainkannya game tersebut selama lima hari di New York City di tahun 1997. bermula pada tanggal 24 Desember 1997 dan berakhir di tanggal 29 Desember 1997.


SHARE
Previous articlePirate King Update dan Penambahan Server Baru “SUPERNOVA”
Next articleHappy Birthday, Stan Lee!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.