Year on Local Movies, Inilah Daftar Film Indonesia Terlaris Selama 2012!

Dalam artikel Year on Review kali ini, kami akan memberikan kilas balik beberapa film Indonesia terlaris selama tahun 2012 yang lalu. Film apa saja, dan seperti apa review serta performanya di pasaran? Simak artikel berikut ini!

#1 – The Raid

Midnight Madness Award dalam Toronto International Film Festival 2011 dan Spits Silver Scream Award dalam Imagine Film Festival Amsterdam 2012 adalah dua dari sekian banyak penghargaan yang didapat oleh The Raid, atau yang dikenal dengan The Raid: Redemption di US. Film aksi yang mengisahkan 20 orang anggota pasukan khusus dalam menjalankan misi menangkap bandar narkotika di gedung 30 lantai yang tak tersentuh aparat ini berhasil menyedot 1.844.817 penonton selama masa tayangnya di layar lebar.

http://youtu.be/My02wp9fsho

Itu hanya pendapatan di dalam negeri saja. Di US yang didistribusikan lewat Sony Pictures Classic, film yang menghabiskan budget sebesar US $1.1 Juta ini berhasil meraup pendapatan lebih dari US $4.1 Juta. Hal tersebutlah yang membuat pihak rumah produksi berniat untuk merilis sekuelnya yang berjudul Berandal, atau The Raid: Retaliation pada awal 2013 yang akan datang. Bahkan, sang sutradara Gareth Evans sendiri sempat mengkonfirmasikan bahwa dia ingin menjadikan The Raid sebagai trilogi. Bagaimana review dari dunia internasional terhadap film ini? Simak beberapa review yang saya kumpulkan dari Rotten Tomatoes berikut ini.

Because Welsh-born director Gareth Evans has an especially good understanding of how to choreograph and stage the fight scenes, this comes across as a viscerally enjoyable experience. – James Berardinelli, Reelviews.net

The Raid: Redemption boasts an outstanding showcase of martial arts and stuntwork. The story might be thin, and the fighting a little repetitive, but The Raid is a knockout low-budget actioner. – R.L Shaver, IGN DVD

Hyped as one of the most thrilling and enjoyable action movies to come along in the last decade, this is one of the rare occasions where the hype is actually well deserved. – Kofi Outlaw, Screenrant.com

Apresiasi bukan hanya dalam bentuk review positif dan jumlah penonton di teater. Salah satu aktornya, Joe Taslim pun akhirnya mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi di Hollywood, untuk beradu akting dengan Vin Diesel, Paul Walker, dan Jordana Brewster dalam Fast Six. Wow!

Bagaimana dengan tahun 2013 nanti? Film dalam negeri apa saja yang berpotensi untuk mendulang sukses di pasaran? Simak artikel saya selanjutnya di Duniaku.net!

[Sumber: 21Cineplex, FilmIndonesia, RottenTomatoes]

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.