Menyapa OUYA Dengan Interface Minimalis ala ‘Metro’ Windows Phone

Sebelumnya kita bisa melihat seperti apa bentuk OUYA, konsol generasi delapan berukuran mini yang diperkuat dengan sistem operasi Android, melalui video unboxing yang dilakukan oleh team developer OUYA itu sendiri. Namun sayang videonya berhenti di tampilan layar ketika mulai terhubung ke TV, tidak diketahui bagaimana detail antar mukanya. Untunglah ada beberapa developer (dari sekitar 63 ribuan pihak yang menyumbang proyek ini) yang mendapatkan satu diantara 1200 OUYA edisi spesial (khusus untuk mereka penyumbang terbesar proyek OUYA), dan membuat sebuah video panduan antar muka konsol yang sempat menggegerkan Kickstarter dengan total penggalanan dana mencapai $8.5 juta.

Seperti berikut ini, video yang ini dibuat oleh Code Zombie Games, developer game Android Deadly Dungeons. Developer tersebut memberi kita tur memperlihatkan seperti antar muka OUYA versi developer. Selain gamenya sendiri, tidak banyak yang bisa ditemui di dalam toko aplikasi OUYA, yang sudah kami jelaskan sebelumnya bakal berisi banyak game Android yang sudah dioptimalkan untuk pengendalian menggunakan kontroler OUYA. Selain itu, Code Zombie juga sempat mencoba fungsi OUYA dalam playback video. browsing internet, serta tentu saja memainkan game. Memang basic-nya Android, namun team developer OUYA mengubah “kulit” antar muka Android menjadi antar muka yang lebih cocok dinikmati melalui televisi.

Keseluruhan, antar muka OUYA terlihat minimalis dan cukup bersih, dan kamu juga bakal mendapatkan panduan untuk berinteraksi dengan antar mukanya melalui keyboard pada layar untuk memasukkan teks (walaupun seharusnya nanti OUYA bisa mendukung keyboard eksternal). Selain itu, OUYA juga sudah dibekali dengan setting khusus agar tampilan antar mukanya bisa sesuai dengan televisi berformat widescreen.

Kemudian seperti video unboxing sebelumnya, kita juga bisa melihat jelas seperti apa kontrolernya, yang dibuat transparan dengan sebuah touchpad unik di tengahnya.

OUYA Development Kit – The Interface

Berikut video lain dari Code Zombie yang menampilkan detail paket OUYA. Kamu bisa melihat juga di sana, di sisi tengah atas kontroler ada touchpad yang bisa menggantikan fungsi layar sentuh untuk mengendalikan kursor. Dan juga kamu mengetahui jika untuk menjalankan kontroler tersebut dibutuhkan dua baterai AA. Oh ya, OUYA versi developer ini memang keseluruhan terbuat dari plastik. Namun versi retailnya nanti bakal ada penyesuaian, dengan material yang diklaim bakal lebih baik.

OUYA Development Kit Indepth Overview Hooking It Up

OUYA Devolopment Kit Indepth Overview Showing the Parts

Kemudian berikut ada video lainnya yang kembali memperlihatkan tampilan antar mukanya lebih dalam lagi. Dan karena memang masih versi developer, sebagian besar antar muka softwarenya lebih dikhususkan untuk menjelaskan bagaimana kamu mengoperasikan OUYA tersebut.

First Time Booting Up OUYA

Memang tampilan antar mukanya seperti belum final (mirip antar muka Metro-nya Windows Phone, namun banyak bagian menu-menunya seperti milik, namun kamu sangat tertarik dengan desainnya yang minimalis, serta kontrolernya itu lho, yang seharusnya bisa memberi solusi terhadap minimnya feedback kontrol dalam tipikal game mobile. OUYA versi retail bakal mulai dijual akhir Maret 2013 mendatang dengan harga $99. Semoga saja kotak Android ini juga bisa segera dijual di negara kita ya!


SHARE
Previous articleYear On Video Game, Kaleidoskop Dunia Game 2012
Next articleYear on Local Games, Kaleidoskop Developer Game Indonesia Sepanjang 2012
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.