Year on Local Games, Kaleidoskop Developer Game Indonesia Sepanjang 2012

Bisa dibilang tahun 2012 juga menjadi salah satu terbaik bagi industri game dalam negeri. Bukan hanya banyak judul-judul berkualitas yang semakin meramaikan berbagai macam platform, namun juga banyaknya peristiwa yang menemani geliat industri game dalam negeri dalam setahun terakhir, baik yang berskala nasional, maupun yang sudah menjelajah dunia internasional seperti Tokyo Game Show dan Game Connection.

Kali ini, saya akan mengajak kamu kembali untuk menengok, bagaimana aktivitas para developer game Indonesia sepanjang tahun 2012 lalu, mulai dari game-game yang mereka rilis, event-event berskala nasional dan Internasional, hingga kiprah mereka di perhelatan game Internasional berdasarkan bulan. Selamat mengikuti!

Januari

Developer Indonesia mulai unjuk gigi dengan merilis game-game andalannya, dimana empat diantaranya berhasil merebut perhatian banyak gamer, sebut saja Sky Express dari Elventales Games (sekarang Elven Studio), Waroeng Express hasil karya Aksara Games, Beyond the Well karya duo bersaudara Own Games, hingga Panic UFO Panic yang dikembangkan oleh satu komunitas pengembangan game di Yogyakarta bernama H-Project. Bahkan, dua diantaranya berhasil merajai klasemen sementara Mobile Game Developer War, dimana Sky Express menempati puncak klasemen, mengungguli Virtual Pet dari Creacle Studio dan Beyond the Well. Mobile Game Developer War sendiri sebuah acara yang dihelat oleh Agate Studio yang bekerjasama dengan Nokia dan Kompas untuk memacu kreatifitas para developer game mobile di Indonesia. Peserta kompetisi ini wajib membuat sebuah game, lantas men-submit-nya ke Nokia Ovi Store dan bisa diunduh dari seluruh penjuru dunia. Yang unik adalah, sistem penjurian game ini bukan melalui bagus tidaknya sebuah game dimata beberapa juri, melainkan bagus atau tidaknya game tersebut di mata gamer seluruh dunia.

Sky Express

Kabar gembira bukan hanya datang dari kompetisi dalam negeri. Di ajang Internasional Flash Gaming Summit (FGS) 2012, Toge Productions dan Vini Ramadhani membawa kabar gembira dengan masuknya kedua game mereka ke dalam nominasi FGS 2012. Toge Productions dengan Necronator II-nya masuk dalam nominasi Best Game Art dan Community Choice, serta Vini Ramadhani dengan Marching Zombies-nya berhasil menembus nominasi dalam kategori Best Puzzle Game.

1
2
3
4
5
6
7

SHARE
Previous articleMenyapa OUYA Dengan Interface Minimalis ala ‘Metro’ Windows Phone
Next articleAsiasoft SEA Panen Kritikan, Imbas Pembatasan Region Ragnarok Online 2
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.