Sony Xperia Yuga dan Xperia Odin Segera Meluncur, Berikut Detail Harganya!

Penggemar smartphone Sony Xperia, pasti banyak yang menunggu dua unggulannya Sony Yuga dan Odin, yang pernah kami ulas melalui artikel sebelumnya. Memang Sony belum mengkonfirmasikan resmi keduanya, namun sudah sering muncul didemokan. Termasuk yang terakhir terdengar, akhirnya ada foto desain resminya, yang bocor dari situs resmi Sony.

Sepertinya tinggal menunggu waktu saja, karena Sony berencana mengenalkannya secara resmi 7 Januari 2013 mendatang sebelum berlangsung event Consumer Electronic Show 2013. Selain itu, juga diketahui nama komersil kedua Xperia tersebut ketika dijual nanti. Xperia Yuga bakal dijual sebagai Xperia Z alias C660X Yuga, kemudian Xperia Odin disebut sebagai Xperia ZL alias C650X Odin (sebelumnya diduga sebagai Xperia X). Keduanya berbagi nama yang mirip, karena memang spesifikasinya tidak beda jauh.

Layar Reality Display 5-inchi dengan resolusi full HD 1920×1080-pixel serta kerapatan 441-ppi, dengan chipset quad-core Qualcomm APQ8064 Snapdragon S4 Pro, RAM 2GB, GPU Qualcomm Adreno 320, Android 4.1 Jelly Bean, serta kamera 12-megapixel Exmor RS. Namun untuk Xperia Z, kamu mendapatkan desain casing berkonsep unibody, dengan cover kecil di belakang untuk mengakses kartu SIM serta slot microSD. Kemudian Xperia Z (bukan Xperia ZL) yang bakal mendapatkan sertifikat Ingress Protection IP57 untuk anti air (sampai kedalaman 1 meter) dan debu ini penempatan kamera depannya juga agak aneh, diposisikan di sudut kanan-bawah, atau tepat di bawah layar, bukanya di atas layar. Perhatikan saja pada gambar yang kami sertakan di bawah.

Demikian Xperia Z dengan penempatan kamera depan di atas layar, bakal disukai oleh mereka penyuka desain klasik yang biasa menggunakan video call dengan cara normal. Namun untuk Xperia ZL dengan kamera denpan di sisi kanan-bawah, sebenarnya lebih pas untuk digunakan ketika melakukan video call dengan orientasi layar lansekap, seperti ketika melakukan panggilan Skype. Selain itu, penempatan lampu notification antara keduanya juga berbeda, dengan Yuga berada di atas, sedangkan Odin memilih lampu notifikasi yang lebih keren penempatannya, seperti pada Xperia miro, berada di bagian bawah layar (terlihat menyala biru).

Sedikit detail lainnya, dimensi Xperia Z adalah 72 x 135 x 7.9-milimeter, berjalan di jaringan GSM yang mendukung 3G HSPA+ 42Mbps, HSUPA 5.76, Bluetooth, WiFi, baterai 2400 mAh, NFC, layar anti gores berpelindung mineral glass, Sony Mobile BRAVIA Engine, kamera dengan 16x digital zoom-3D sweep panorama-image stabilizer-face recognition-smile detection-touch focus-dan video stabiliser, PlayNow, xLOUD, serta mendukung 3D surround sound.

Beberapa tampilan Xperia Yuga dari sudut yang berbeda.

Bagaimana menurutmu desain keduanya? Kira – kira bakal sukses tidak dibandingkan smartphone raksasa lainnya seperti yang kami ulas di artikel smartphone 5-inchi lainnya? Oh ya, juga sudah diketahui harga resmi ketika dirilis nanti, yaitu US $660, atau sekitar Rp. 6.4 jutaan. Harga tersebut cocok dengan rumor yang kita dengar sebelumnya, bahwa Xperia Z bakal dijual dengan harga setara dengan Xperia T.

Kemudian mengenai konferensi pers Sony Mobile pra-CES, bakal digelar di Las Vegas pada pukul 17.00 (Pacific Time) di hari Senin 7 Januari 2013. Waktu konferensinya sekitar 45 menit, dan hanya untuk mereka yang mendapatkan undangan, walaupun kamu bisa men-streaming videonya melalui link ini. Karena streaming, kamu perlu menyesuaikan waktunya kapan harus melihat acara tersebut. Kamu bisa membuka link streamingnya pada hari Selasa 8 Januari 2013 jam 08:00.