Ultralist: Sepuluh Game Terlaris di NES!

Sebagian gamer yang lahir di tahun 80 atau awal 90-an pasti mengenal atau bahkan memiliki NES. Ya, NES atau Nintendo Entertainment System (dan di beberapa negara juga disebut dengan Famicom) ini bisa dibilang adalah salah satu konsol terlaris sepanjang masa dengan total pendapatan dari penjualan sekitar US $62 Juta di seluruh dunia. Bahkan, NES juga menyelamatkan dunia video game US yang mengalami penurunan sangat signifikan di antara tahun 1983 hingga 1985. Pada saat itu, penjualan video game di US sangat menurun drastis, dari US $3.2 Milyar pada tahun 1083 langsung turun hingga hanya sekitar US$100 Juta saja. Hadirnya NES kembali menggeliatkan dunia video game, dan segera NES mengalami kesuksesan di seluruh dunia.

Bukan hanya itu, NES juga menjadi standar konsol masa itu, dimana banyak konsol-konsol lain bertebaran yang menjadi “kloningnya”, seperti Spica dan Apollo (pasti ada beberapa dari pembaca yang pernah memilikinya ya.. :D). NES juga menandai permulaan sistem bisnis baru bagi para developer, dimana untuk pertama kali Nintendo  memperkenalkan sistem penggunaan lisensi bagi pengembang pihak ketiga, untuk mengembangkan game-game NES.

Nah, kali ini saya akan mengajak kamu kembali bernostalgia dengan sepuluh judul NES yang laris dan menjadi hit bersamaan dengan larisnya konsol tersebut. Selain itu, di setiap game saya juga memberikan link untuk memainkan game-nya secara langsung melalui browser favorit kamu sebagai bahan untuk bernostalgia. Selamat menyimak!

1. Super Mario Bros – Total penjualan US $40.24 Juta

Super Mario Bros. sebenarnya bukan penampilan pertama si tukan ledeng di dunia game. Namun, dalam penampilan keduanya ini justru menandai awal masa keemasannya, dimana setelah Super Mario Bros. yang dirilis pada 1985 menjadi game terlaris, berturut-turut sekuelnya Super Mario Bros. 2 dan Super Mario Bros. 3 menguntit di belakangnya dengan penjualan lebih dari US $10 Juta untuk setiap game-nya.

Kejayaan Mario pun akhirnya abadi, dimana setiap Nintendo merilis konsol baru, selalu mengikutsertakan Mario dalam beberapa game di konsol tersebut. Selain itu, Mario juga muncul dalam berbagai genre, mulai dari platformer, mini game, hingga racing.

Kamu bisa memainkan game-nya di sini.