Samsung Rilis Patch Untuk Masalah Sudden Death dan Sistem Keamanan Exynos

Seperti yang pernah kami beritakan sebelumnya, telah ditemukan celah untuk menembus sistem keamanan beberapa smartphone Galaxy-nya Samsung, melalui sebuah exploit yang dikembangkan seorang anggota forum undergound XDA Developers dengan ID “alephzain.” Exploit yang seharusnya dibutuhkan untuk proses seperti ROOT-ing tersebut mampu mendapatkan akses ke RAM dan kernel, dan Galaxy yang menggunakan chipset seperti Exynos 4210 atau 4412 bakal sangat terancam. Namun untunglah Samsung mengakui adanya celah tersebut, dan mereka sudah menyediakan solusinya.

Melalui patch yang menjadi satu dalam update baru Galaxy yang terancam, Samsung berusaha menutup lubang exploit yang mengancam kernel. Setidaknya baru satu Galaxy yang menggunakan chipset Exynos seri 4 yang mendapatkan patch tersebut, yaitu Galaxy S III, melalui update software yang sementara ini baru meluncur untuk region Inggris Raya. Update sofware berkode I9300XXELLA tersebut bisa dicek melalui notifikasi OTA (Over-The-Air) atau melalui Samsung KIES, dan tinggal menunggu waktu saja sampai Samsung mem-push update-nya untuk wilayah lain. Jika sudah kamu dapatkan, sangat disarankan kamu meng-updatenya, karena penting agar tidak ada pihak yang memanfaatkan exploit alephzain dan menyerang Galaxy-mu.

Selain itu, melalui update firmware ini Samsung juga memasukkan bootloader baru, yang untuk pertama kalinya menjadi revisi sejak mereka merilis bootloader versi awal yang digunakan dalam Galaxy S III produksi awal pada Mei 2012 lalu. Bootloader baru tersebut memperbaiki masalah sudden death (tiba-tiba mati, dan tidak bisa hidup lagi kecuali ganti motherboard) yang melanda Galaxy S III sekitar dua bulan belakangan.

Official Firmware Details:
Android Version: 4.1.2 – Build JZO54K
PDA: I9300XXELLA
CSC: I9300OXAELLA
MODEM: I9300XXELLA
Build Date: 22-12-12
Change list: 742798

Memang masih untuk region UK saja, namun jika kamu sudah merasa was-was Galaxy S III-mu bakal mengalami masalah yang tersebut di atas, download saja firmware tersebut melalui link ini, dan flash melalui software Odin yang bisa kamu download dari sini. Panduan flash-nya bisa kamu ikuti melalui video berikut:

How to Un-root & flash Stock ROM – Samsung Galaxy S III – GT-I9300

Sumber: Sammobile, XDA Developer


SHARE
Previous articleSony Xperia Z aka Yuga Kembali Pamerkan Desain Tubuhnya yang Classy
Next articleMenonton Aksi Dante dalam Trailer CG DmC: Devil May Cry
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.