Nvidia Perkenalkan Project Shield, Handheld Android Berkekuatan Tegra 4!

Nvidia “mencuri start” dalam pagelaran Consumer Electronic Show (CES) 2013 yang akan dihelat mulai besok. Memanfaatkan acara pre-CES 2013, mereka memperkenalkan sebuah hardware baru yang (mungkin) bakal menjadi pesaing kuat OUYA dan GameStick dalam pertempuran konsol Android. Perkenalkan Project Shield, proyek handheld game pertama mereka yang menggunakan Android sebagai basisnya.

[nggallery id=294]

Selain menggunakan Android sebagai platform-nya, handheld ini menggunakan kekuatan prosesor Tegra 4 yang juga diperkenalkan pertama kali dalam ajang Pre-CES ini. Prosesor ini diklaim merupakan prosesor mobile yang tercepat, dan memiliki kemampuan enam kali lebih hebat dibandingkan pendahulunya, Tegra 3. Shield ini terdiri dari dua bagian utama, satu bagian merupakan kontroler dan satu bagian lainnya adalah sebuah layar yang menancap ke kontroler tersebut. Meskipun memiliki layar sendiri, namun saat didemokan oleh Chief Executive Nvidia Jen-Hsun Huang, Shield terlihat bisa disambungkan dengan HDTV yang akan mengubahnya menjadi konsol rumahan.

Nvidia Project Shield Presentation

Nvidia Project Shield Walkthrough

Shield memiliki layar touch screen sebesar 5 inch, HDMI port dan sebuah slot Micro SD untuk menyimpan game-game kamu. Selain itu, Nvidia juga mengungkapkan, bahwa baterai Shield memiliki kapasitas yang cukup besar (meskipun belum dispesifikkan berapa mAH kapasitas baterainya), sehingga mampu digunakan untuk bermain game selama 10 hingga 11 jam dan hingga 24 jam untuk menonton video HD. Selain itu, Shield juga memiliki kemampuan untuk streaming game dari PC melalui Wi-Fi, namun dengan syarat PC tersebut sudah memiliki kartu grafis GeForce GTX 650 atau yang lebih tinggi.

Aksi Shield saat streaming Assassin’s Creed III dari PC

Project Shield Playing Assassin’s Creed III

Sayang, selain menunjukkan demo Shield, Nvidia belum membeberkan detail lain mengenai Shield ini. Yang jelas, Shield akan menjadi senjata utama Nvidia dalam CES 2013 nanti, disamping memperkenalkan beberapa teknologi lain seperti GeForce Experience dan Nvidia Grid Gaming System. Nvidia sendiri juga mengungkapkan, bahwa Shield ini sudah siap dipasarkan secara luas di US dan Kanada mulai kuartal kedua tahun ini juga. Nantikan detail-detail selanjutnya dari Shield di Duniaku.net!

[Sumber: Shield Official, MobileGeeks]