Samsung Resmi Konfirmasikan Update Jelly Bean Untuk Galaxy S II

Setelah Galaxy S III dan Galaxy Note generasi pertama, akhirnya Samsung resmi mengkonfirmasikan update Jelly Bean untuk Galaxy S II. So, kamu yang saat ini masih menggunakan smartphone terbaik dunia tahun 2012 lalu itu jangan keburu menjualnya, karena terbukti masih worthed dimiliki dibandingkan banyak pilihan baru yang sejauh ini baru menerima Ice Cream Sandwich.

Kabar mengenai usaha Samsung memasak update software Jelly Bean tersebut memang sudah terdengar sejak Oktober lalu, dengan rencana dirilis akhir Desember 2012 lalu. Namun sepertinya meleset, dan kado akhir tahunnya justru mulai meluncur awal 2013 ini. Kami mendapatkan kabar baru ini dari Samsung Korea, bahwa update Android 4.1 Jelly Bean untuk Galaxy S II bakal memaksa internal storage-nya berkurang menjadi 11GB saja, dari sebelumnya 12 GB yang tersisa ketika masih menjalankan Ice Cream Sandwich. Sedangkan 1GB yang terpakai tersebut diambil Samsung untuk partisi sistem yang menyimpan keseluruhan OS Jelly Bean, yang sewaktu-waktu bisa kamu gunakan untuk memulihkan kembali keadaan smartphone tersebut ke kondisi default.

Imbas perubahan partisi sistem dan juga memory tersebut, dijelaskan oleh Samsung Korea bakal membuat proses update menjadi lebih lama. Setidaknya dengan konksi internet yang mumpuni, proses upgrade bakal memakan waktu sekitar 1 jam, dan upgrade tersebut hanya akan tersedia melalui software desktop Samsung KIES — belum bisa dipastikan apakah kita bisa juga melakukan upgrade secara offline melalui software ODIN yang lebih praktis dan cepat.

Samsung Galaxy S II merupaka smartphone terlaris Samsung kedua setelah Galaxy S III. Dan walaupun sudah eksis sejak 2 tahun lalu, namun dia masih bisa diadu dengan smartphone tipe terbaru lain karena memang spesifikasinya sangat worth dengan harga pasaran 2nd-nya saat ini (sekitar Rp 3 –  3.5 jutaan). Apalagi layar 4.3-inchi yang menggunakan material SuperAMOLED+ termasuk yang paling enak dipandang, didukung chipset Exynos 4210 Dual-Core CPU pada 1.2GHz, GPU Mali-400 dengan empat Core, 1GB RAM serta kamera 8-megapixel, menjadikannya paket yang sempurna. Dan kemudian apa saja yang bakal didapatkan dari update Android 4.1.2 Jelly Bean tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Upgrade Platform dari Android 4.0 Ice Cream Sandwich → Android 4.1 Jelly Bean
– Pergerakan home screen dan scrolling untuk interface-nya lebih baik berkat (thanks to project Butter)
– Beberapa aplikasi diperbaiki fungsinya

2. Tambahan Aplikasi Default
– Tambahan menu Help
– Aplikasi default Google+
– Aplikasi default +Talk
– Aplikasi default Play Book (kurang berguna untuk Indonesia, karena memang layanannya belum dibuka oleh Google)
– Aplikasi defaultPlay Movie (kurang berguna untuk Indonesia, karena memang layanannya belum dibuka oleh Google)

3. Tambahan/Perbaikan Fungsi
– Ada Easy dan Block mode (untuk menghiraukan panggilan masuk yang kamu rasa mengganggu)
– Perbaikan fungsi Camera, dengan fitur seperti Pause ketika merekam
– Fungsi Smart Stay
– Fungsi baru seperti Pop-up
– Ada beberapa fungsi baru aplikasi default lama yang tidak disebutkan.

Jika Samsung Korea sudah mengkonfirmasikan secara resmi, bisa diharapkan update ini bakal segera di-push melalui KIES.

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleDua Klip Terbaru Hansel & Gretel: Witch Hunters
Next articleMengintip Performa OUYA Saat Menjalankan Game dan Aplikasi Android!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.