CREATE Game Jam, Kompetisi 10 Hari Mengembangkan Game untuk OUYA!

Semenjak mulai menyebarkan sekitar 1200 versi developer dari OUYA, berita, video dan update terbaru untuk konsol berbasis Android ini terus berdatangan. Kali ini, OUYA bekerja sama dengan Kill Screen mengadakan sebuah kompetisi pengembangan game dalam waktu singkat dengan nama CREATE Game Jam.

Kompetisi ini bisa diikuti siapa saja di seluruh dunia yang memiliki minat mengembangkan game untuk OUYA. Namun, untuk mengikuti kompetisi ini,  developer tersebut harus menunjukkan bukti bahwa dia pernah menjadi salah satu backer (istilah untuk penyandang dana di Kickstarter) bagi OUYA. Jika belum atau tidak sempat menjadi backer, maka terlebih dahulu developer tersebut harus melakukan pre order OUYA di sini.

CREATE Game Jam ini berlangsung selama 10 hari, dimana kamu bisa mengumpulkan prototype game kamu dalam rentang waktu antara 14 hingga 23 Januari 2013 yang akan datang. Karena bersifat prototype, game tersebut tidak harus jadi 100% saat dikumpulkan, asalkan bisa dimainkan dan menunjukkan fitur-fitur utama saja kamu bisa mengikut sertakan game kamu dalam kompetisi ini. Selain dinilai dari segi gameplay, kompetisi ini juga menilai bagaimana dukungan terhadap game ini di social media. Jadi setiap peserta harus meng-upload video di Youtube, tweet di Twitter atau mendapatkan fans sebanyak mungkin di Facebook.

Hadiah yang disediakan pun sangat menggiurkan, dimana pemenang utama akan mendapatkan uang tunai US $20.000 ditambah dengan US $5.000 apabila berhasil menyelesaikan game-nya dan menjalankannya di OUYA. Selain itu, kompetisi ini juga mencari masing-masing satu pemenang di tiap kategori di bawah ini, yang mana masing-masing pemenang akan digelontor hadiah US $5.000 ditambah US  $ 1.000 apabila bisa menyelesaikan game-nya dan dijalankan dengan baik di OUYA.

  • “Most Surprising” Award: untuk game terbaik yang menawarkan sesuatu yang baru dan menarik
  • “Four Bright Buttons and Two Joysticks” Award: untuk game terbaik yang berhasil mendemokan penggunaan kontrol dengan baik.
  • “Most Immersive” Award: untuk game terbaik yang mendemokan bagaimana suasana game saat dimainkan di ruang keluarga (di konsol).
  • “Best Couch with Friends” Award: untuk game yang berhasil membuat para juri serasa bernostalgia.
  • “Pop Your Eyes Out” Award: untuk game dengan grafis terbaik.

Bagi para developer yang tertarik, bisa mulai mengembangkan game OUYA menggunakan ODK (OUYA Development Kit) yang bisa di-download di sini dan ikuti terus update untuk kompetisi ini melalui halaman resminya di sini. Hmm, dengan adanya kompetisi semacam ini, sepertinya OUYA tidak perlu takut “kekeringan” game saat dirilis April 2013 nanti ya! :D

[Sumber: KillScreen]


SHARE
Previous articleWarner Bros. Lepas Trailer Baru Pacific Rim
Next articleVandaria Newsletter #12: Kaleidoskop Vandaria 2012
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.