Duniaku Recap: Top Trending Articles of the Week!

Halo Citizen, bagaimana kabar kalian pasca melalui minggu pertama Januari 2013? Mungkin baru saja menyelesaikan liburan selama sepekan, dan baru mulai beraktivitas hari ini, sehingga melewatkan beberapa “kehebohan” yang terjadi di Duniaku.net? Yup, liburan memang momennya, namun redaksi kami tidak berhenti menyajikan berita dan artikel menarik. Berikut ini kami berikan rekap artikel yang menjadi trending di Duniaku seminggu kemarin.

Mulai dengan rumor. Tampaknya kita masih banyak yang menyukai segala sesuatu yang berbau tidak resmi ya. Dan dua berita dari dunia Iptek yang banyak difavoritkan Citizen berasal dari dua flagship smartphone yang dipercaya bakal sukses selama 2013 mendatang. Pertama dari Samsung. Galaxy S IV yang menurut rencana memang baru dikonfirmasikan selama ajang Consumer Electronic Show 2013 (jika jadi sih!), sebenarnya sudah banyak disebut-sebut eksistensinya sejak November 2012 lalu. Berita mengenai penerus smartphone terlaris Samsung Galaxy S III tersebut banyak ditunggu. Bisa jadi, mungkin karena banyak yang penasaran, kok ya penerusnya segera keluar, padahal Galaxy S III saja baru terbeli belakangan.

Selain itu, berdasar pantauan kami dari beberapa kali ulasan mengenai smartphone flagship lainnya, yaitu duo Sony Yuga dan Odin, yang belakangan berganti jatidiri menjadi Xperia Z dan ZL, rupanya banyak yang menantikan evolusi baru desain Sony Mobile tersebut. Selain tentu saja, Sony Xperia Z menjadi salah satu bintang yang diduga bakal bersinar di tengah kancah persaingan smartphone raksasa dengan ukuran layar 5-inchi. Yang jelas, duet Yuga – Odin itu pun tidak resmi, karena Sony Mobile baru merencanakan peluncuran resminya hari ini.

Menyinggung kata tidak resmi lainnya, beberapa kali “penampakan” BlackBerry 10 rupanya juga mengundang rasa ingin tahu khalayan penikmat BBM. Jadwalnya baru diumumkan akhir Januari 2013 mendatang. Namun kamu sudah bisa melihat seperti apa penampakannya, dan bahkan juga sudah masuk uji setifikasi Ditjen Postel Indonesia. Tinggal cetak, dijual pasca waktu peluncurannya 30 Januari mendatang… dan yang membuat penasaran, apakah bakal membuat rusuh seperti insiden penjualan dengan diskon BlackBerry Onyx 3 aka Bellagio akhir 2011 waktu lalu?

Gak sabar nunggu akting si Julie di tengah Berandal… :)

Artikel ramai lainnya sepekan kemarin, adalah yang menjadi bagian komitmen kami sebelumnya, untuk menyajikan review setahun dari beberapa kategori. Mulai dari ranah video game, dimana kami menilai tahun 2012 adalah masa “stagnan internasional” dalam dunia game, karena memang teknologi konsol seakan mandek, tidak ada pembaruan baru membuat kreativitas terpasung. Game yang dirilis pun banyak mencari jalan aman dengan sekuel dan remake, dan hanya sedikit IP baru yang kami anggap sangat baik dan layak untuk sukses. Kemudian review setahun kami mengenai perkembangan game lokal dan juga developer game Indonesia, banyak mendapat apresiasi. Wajar saja, setahun kemarin industri kreatif game Indonesia bisa dikatakan makin menggeliat. Kita berharap sepanjang 2013 ini bisa ada terobosan baru, selain Tokyo Game Show dan Game Connection yang sudah berhasil dicapai. Selain itu, artikel kaleidoskop lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah review mengenai perkembangan film lokal. Kamu yang mengaku penggemar film pasti penasaran bukan, judul made-in-Indonesia apa saja yang masuk kategori terlaris sepanjang 2012 lalu. Masuk saja kemari untuk lebih jelasnya.

Oh ya, bicara film lokal, jelas kamu juga jangan melewatkan berita terbaru kami mengenai sekuel The Raid, yaitu Berandal, yang dikabarkan sudah memasuki masa shooting, plus detail siapa saja pemeran baru yang bakal terlibat dalam sekuel film Indonesia terlaris di dunia tersebut.

Berita yang menjadi trending lainnya di Duniaku sepekan kemarin adalah mengenai Ragnarok Online 2, yang sudah memasuki fase open beta untuk versi translasi Ragnarok Online 2 Legend of the Second. Mereka penggemar Ragnarok Online, salah satu MMORPG terpopuler dunia dan juga di Indonesia, sudah banyak yang menunggu dibukanya akses open beta tersebut. Apalagi jika bukan karena revisi terbaru Legend of the Second menjamin para pemain lama untuk bernostalgia dengan sebagian besar sistem original Ragnarok Online yang dikembalikan ke dalamnya. Pasti, harapan memainkannya begitu besar, apalagi dari Indonesia dan Filipina yang userbase Ragnarok Online-nya cukup besar. Hanya saja sayang, rupanya Asiasoft Asia Tenggara hanya membuka akses beta untuk Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Singapura saja. Imbas pengecualian tersebut cukup panjang, dan sangat ramai. Sampai melahirkan spekulasi, siapa yang bakal membawa game keren yang diprediksi bakal sangat ramai pemain tersebut ke Indonesia.

Ouyeah… mesin game sebesar kubus rubik? Melihat modelnya saja kami sudah tertarik, apalagi harganya kurang dari sejuta, plus ribuan game Android keren siap mendukung. Ada yang mau kerjasama mendistribusikannya ke Indonesia? Kita siap mendukung… :)

Yup, minggu pertama Januari 2013 ini memang termasuk ramai untuk ukuran “masih masa liburan.” Selain beberapa yang sudah kami sebutkan di atas, Citizen juga jangan melewatkan artikel lain Duniaku yang menjadi bahan pembicaraan di berbagai komunitas. Seperti mengenai perkembangan Ouya, mesin game portable yang menggunakan sistem operasi Android, perkembangannya makin cemerlang saja, dan sepertinya bakal sukses menjadi salah satu mesin video game alternatif di antara pilihan generasi kedelapan.  Kemudian artikel update mengenai versi anime Devil Survivor 2, yang dijadwalkan mengudara di Jepang pada bulan April 2013 mendatang, yang menemani berita terbaru Lightning Returns: Final Fantasy XIII, menjadi dua wakil dari kategori video game yang cukup ramai dibicarakan. Plus jangan ketinggalan membuka Ultralist kami, yang berisi game – game terlaris di konsol Nintendo jadul NES.

Sedangkan artikel kami yang cukup spesial adalah apresisasi atas kemenangan Toge Productions melalui Infectonator 2, yang berhasil menyabet gelar dalam Game of The Year 2012 yang diselenggarakan oleh portal game flash terbesar, Armor Games. Bahkan, Infectonator 2 berhasil menyabet dua gelar sekaligus di ajang tersebut, yaitu Best Action Game dan juga penghargaan paling prestisius, Best Game of 2012! Penilaian Game of The Year ini sendiri sudah dimulai sejak 26 Desember 2012 hingga 3 Januari 2013 lalu menggunakan sistem voting dari para pengunjung Armor Games. Setiap harinya, dilaksanakan voting untuk memilih game terbaik masing-masing genre, dan juga voting untuk menentukan siapa yang layak mendapatkan penghargaan tertinggi Game of The Year.

Dan bagi kamu penggemar Kenshin Himura, pastikan juga membuka special feature kami yang membandingkan karakter antara versi movie dan versi manga dari Rurôni Kenshin: Meiji kenkaku roman tan.


SHARE
Previous articlenVidia Mengkonfirmasikan Tegra 4, Prosesor Mobile Terkencang Dengan GPU 72 Core!
Next articleMengintip Penggunaan Fitur Voice Command Kinect dalam Dead Space 3
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.