Vandaria Newsletter #12: Kaleidoskop Vandaria 2012

Tak terasa kita sudah mengalami pergantian tahun menuju 2013. Tentunya kita mengawali tahun baru dengan semangat baru pula bukan? Dan pastinya para penggemar Vandaria juga tidak akan melewatkan Vandaria Newsletter terbaru yakni edisi ke-12. Kamu bisa langsung membacanya di Wayang Force.

Mungkin ada di antara kamu yang bertanya-tanya, kenapa Vandaria Newsletter sekarang tidak bisa diunduh lagi? Ini karena kebijakan dari Vandaria untuk mengubahnya seperti itu, dimana Vandaria Newsletter tidak bisa diunduh tapi toh tetap sama saja ”feel”-nya. Dulu juga kamu bisa mengunduhnya via Media Fire, tapi harus membacanya dengan PDF Reader. Sedangkan kalau di Wayang Force, sudah langsung baca, tetap gratis, dan memang dari edisi perdana Vandaria Newsletter juga sudah tersedia di sana.

Hal ini dilakukan sebagai trial untuk Vandaria Reader. Vandaria Reader ini nantinya akan menjadi channel khusus buku-buku digital Vandaria, ada novel, cerpen, artbook, lorebook, dan komik. Vandaria ber-partner dengan Wayang Force karena mereka bisa diakses dari banyak platform, mulai dari web, iPad, iPhone, hingga Android, dan dianggap pas dengan spirit vandaria. Kalau Vandaria ber-partner dengan label lain, bisa jadi Vandaria Reader nantinya hanya eksklusif untuk iOS, dan pastinya kurang asyik bukan?

Jadi Vandaria Reader ini nantinya berbentuk sebuah apps, di-embed ke web juga, yang bertujuan sebagai alternatif penerbitan untuk karya-karya yang ”terlalu inovatif” bagi penerbit, atau dianggap kurang mainstream. Bisa juga untuk karya yang terlalu tipis untuk menjadi sebuah buku, atau malah terlalu tebal untuk diterbitkan. Juga bisa untuk karya-karya eksperimental.

Jadi konten di Vandaria Reader nanti bakal sangat variatif. Ada yang gratis (seperti Vandaria Newsletter), juga ada yang berbayar. Mulai dari cerpen satuan (dan bundelnya), versi digital dari novel yang sudah terbit, Vandaria Newsletter, dan banyak konten orisinil. Konten orisinil ini (cerpen misalnya) bakal didesain serius, lengkap dengan ilustrasi cantik khas Vandaria. Ada juga yang namanya EXP (Extended Packs), yang merupakan konten tambahan untuk melengkapi suatu novel (atau produk lain) yang terbit. Tabir Nalar, misalnya. Ada EXP yang menceritakan kasus-kasus Cervale. Ini akan mengembangkan kisah / karakteristik Cervale. Harapannya Vandaria Reader bisa jadi alternatif untuk mempublikasikan karya Vandaria dengan resiko minimum, karena menerbitkan buku itu bukan perkara mudah.

Oke itu tadi penjelasan mengenai Vandaria Newsletter #12 yang menjadi trial Vandaria Reader, berikutnya adalah ringkasan mengenai isi Newsletter edisi terbaru ini.

Diawali dengan rubrik Vandaria Insider, Kaleidoskop Vandaria 2012 seperti judul Newsletter edisi ini. Tentu bisa ditebak, rubrik ini mengajak semua Vandarian untuk kilas balik sepanjang 12 bulan di tahun 2012. Vandaria di tahun 2012 lalu mengukir banyak prestasi, seperti menerbitkan tujuh buah novel bersama Gramedia, juga memproduksi satu game digital bersama Toge Productions, Lords of Vandaria. Sekaligus menjadi tahun di mana slogan ”Mem-Vandaria-kan 2012” benar-benar terwujud.

Selanjutnya adalah rubrik Apa Kabar, Vandaria? Di sini kamu bisa membaca Vanadis Award 2012, bentuk apresiasi untuk beragam karya Vandaria yang hadir di tahun 2012 lalu. Kamu bisa ikut berpartisipasi dalam polling yang ada di sini. Beragam award-nya antara lain Karakter Utama Pria (Wanita) Terbaik, Karakter Pendukung Pria (Wanita) Terbaik, Senjata Terbaik, Pertarungan Terbaik, Rival Terbaik, Karakter Antagonis Terfavorit, Pasangan Terbaik, Cameo Terbaik, Tokoh Legenda Terbaik, hingga Novel Terfavorit. Jangan lupa untuk ikut mengisi polling-nya ya di sini! Hasil dari polling ini, beserta komentar Vandarian yang paling menarik, akan dimuat di Vandaria Newsletter 14 (edisi Maret 2013).

Dilanjutkan dengan Margarita Corner: Interview with Irina. Di sini kamu bisa membaca wawancara antara Margarita Paulson (karakter ciptaan Fachrul R.U.N., penulis Hailstorm dan Redfang) dengan salah satu tokoh di novel Redfang, Irina Irvana. Terakhir adalah Trivia, yang menjelaskan beberapa fakta unik dan menarik terkait dengan Chronicles of Elir yang ditulis oleh Hans J. Gumulia. Sebagai penutup Newsletter ada rubrik Kalender Komunitas. Bagi kamu yang penasaran, langsung saja deh baca di Wayang Force.

[ Sumber : Wayang Force ]


SHARE
Previous articleCREATE Game Jam, Kompetisi 10 Hari Mengembangkan Game untuk OUYA!
Next articleHuawei Ascend D2 dan Ascend Mate, Diklaim Sebagai yang Terkuat dan Terbesar di Dunia
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.