Huawei Ascend W1, Windows Phone 8 Penuh Warna yang Terjangkau

Selama CES 2013 berlangsung, akhirnya Huawei mengkonfirmasikan smartphone Windows Phone 8 pertama mereka yang sudah kita dengar sejak Oktober 2012 lalu. Inilah Windows Phone 8 yang cukup terjangkau dari Huawei, Ascend W1.

Setelah kemarin kita mengetahui Huawei mengajukan Android kelas atas Ascend Mate dan Ascend D2, setidaknya Ascend W1 bisa menjadi selingan yang worthed. Apalagi jika bukan karena target yang disasar smartphone ini, yang memang ditujukan untuk kelas menengah, dengan perkiraan harga sekitar US $320. Namun meskipun harganya hanya Rp 3 jutaan (yang mana setara dengan harga jual pesaing terdekatnya, HTC 8S), Ascend W1 ini membawa spesifikasi yang lumayan.

Mulai layar bermaterial IPS dengan ukuran 4-inchi serta resolusi WVGA 480×800 pixel, chipset dengan kode MSM8226 alias Snapdragon S4 Play dengan dua inti Krait pada kecepatan 1.2GHz, GPU Adreno 305, serta RAM 512MB. Tampaknya sudah cukup lumayan untuk sebuah naga generasi empat sebagai otak utamanya. Sementara itu secara software, mungkin dengan batasan RAM, Huawei benar-benar menjaga aplikasi yang termasuk di dalamnya berasa stock firmware, alias tidak banyak software tambahan mereka berikan.

Smartphone dengan dimensi 124.5×63.5×10.15-milimeter dan berat 130-gram ini memiliki kamera utama sebesar 5.0-megapixel (autofocus plus flash LED dan mampu merekam video 720p) dan kamera sekunder 0.3-megapixel. Internal storage-nya sendiri 4GB, yang bisa diperbesar melalui slot micro SD hingga 32GB. Namun seperti Windows Phone 8 lainnya, sayangnya eksternal storage masih belum bisa digunakan untuk meng-install aplikasi.

Penulis menggunakan HTC 8S, dan merasa “tersiksa” karena jatah 4GB yang dijanjikan hanya tersisa kurang dari 2GB, dan aplikasi tambahan hanya bisa masuk ke sana, termasuk data-datanya. Seharusnya Microsoft menerapkan kembali opsi menginstall  aplikasi ke elsternal storage seperti era Windows Phone 6.5 dulu…

Kembali ke Ascend Wi, layarnya juga diketahui menggunakan lapisan laminating tambahan, untuk menjaga kualitasnya agar bisa memantulkan cahaya matahari lebih baik, dan nyaman digunakan di luar ruangan. Kemudian smartphone yang menyerahkan urusan konektivitas pada WiFi 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1, dan koneksi data GSM 3G ini juga berbekal baterai terbesar di kelasnya, yang mencapai 1950 mAh. Klaim Huawei, baterai sebesar itu mampu menghidupi Ascend W1 selama 10 jam untuk telepon di jaringan 3G, kuat stand by dalam selama 3 hari, dan klaim sanggup bertahan maksimal selama 20 hari dalam jaringan 3G! Performa baterai tersebut berkat aplikasi power saving Huawei yang mampu menghemat penggunaan dayanya hingga 30%.

Huawei Ascend W1 bakal dijual dengan pilihan warna biru, merah, hitam dan putih, mulai bulan ini di China dan Rusia. Dan kemudian menyusul Eropa Barat, Timur Tengah dan Amerika Serikat. Harganya memang belum dikonfirmasikan, namun seharusnya bakal setara, atau justru di bawah tawaran HTC dengan 8S, yang saat ini menjadi pilihan Windows Phone 8 paling affordable.

Ascend W1 – Product Video


SHARE
Previous articleSiapa yang Akan Kamu Bela di Shin Megami Tensei IV?
Next articlePeneliti : Pemain World of Warcraft Lebih Baik Daripada Lulusan Harvard
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.