Qualcomm Konfirmasikan Chipset Mobile Kelas Premium Snapdragon 600 dan 800

Memang terjadi menjelang CES 2013 berlangsung, dan seakan tidak mau momennya dicuri sepenuhnya oleh nVidia dengan Tegra 4, Pada 7 Januari kemarin Qualcomm mengkonfirmasikan dua flagship prosesor mobile Snapdragon mereka, Snapdragon 800 dan 600, yang bakal memperkuat smartphone, tablet atau banyak perangkat mobile mulai akhir tahun ini. Kemudian selama CES, Qualcomm banyak memberikan demo teknologi prosesor tersebut selama keynote pembuka event CES 2013 yang mulai berlangsung kemarin 8 Januari 2013 (untuk pertama kali sejak 12 tahun lalu dibuka oleh pihak selain Microsoft), dan disampaikan CEO Qualcomm Paul Jacobs.

Keynote yang menjadi sambutan pembuka ajak elektronik terbesar dunia tersebut memang keren, karena tidak biasanya dibuka oleh wakil dari produk yang ada di dalam sebuah produk lain — well, Qualcomm memang tidak kelihatan langsung, karena berupa silikon yang menjadi penggerak utama gadget mobile. Dan overall dari kacamata penulis yang semalaman mengikuti sebagian besar sambutan Jacobs untuk membuka CES 2013, jelas mereka ingin kembali menekankan pada kita bahwa revolusi mobile sudah berlangsung, dan tidak bisa dihindari — walaupun menurut kami, terlalu cepat… padahal baru saja menikmati kencangnya Snapdragon S4 Pro, ternyata sudah ada yang baru lagi.

Teknologi Halo Qualcomm juga bisa mengisi kembali daya listrik pada mobil elektrik Rolls Royce.

Bicara mengenai generasi mobile, berikut ada video resmi dari Qualcomm yang menegaskan kampanye mereka:

What Does it Mean to be Born Mobile?

Seperti yang diungkapkan om Jacobs, teknologi mobile kini tidak sebatas ada pada laptop, smartphone dan tablet. Namun nantinya kamu bakal menemukannya (chipset Qualcomm) ada di setiap bagian hidup, mulai televisi, film, mesin game, mobil, ruang kerja, sekolah dan bahkan tidak menutup kemungkinan tubuh manusia. Dan Qualcomm menyebut era baru ini dengan “born mobile.” Ada banyak yang dicontohkan Qualcomm sebagai wujud chipset mereka yang muncul dalam banyak aspek hidup, namun isi keynote yang berhubungan dengan keluarga prosesor baru yang kita singgung kali ini ada pada demo tablet Snapdragon 800 yang juga dibawa oleh Jacobs selama keynote.

Sutradara dan produser Guillermo Del Toro juga hadir selama keynote, selain mempromosikan Pacific Rim, dia juga menunjukkan kemampuan Snapdragon 800 dalam memutar content Ultra HD.

Berikut trailer Pasific Rim selama keynote Qualcomm:

CES Qualcomm Pacific Rim Trailer

http://youtu.be/9FA_TQqENzQ

Pertama kita lihat dulu apa yang ditawarkan Snapdragon pada kedua chipset mereka tersebut. Mulai Snapdragon 600, chipset ini memasukkan dua inti prosesor Krait terbaru Qualcomm, yaitu Krait 300, yang clock speed-nya diset dalam kondisi standar pada 1.9GHz. Untuk olah grafis, diserahkan pada GPU Adreno 320 yang clock speed-nya juga sudah meningkat dibandingkan Adreno 320 yang mereka terapkan untuk Snapdragon S4 — diklaim peningkatannya sekitar 40%. Kelas Snapdragon 600 yang memiliki kode APQ8064T ini bisa disetarakan seperti Snapdragon S4 Plus, yang menyasar pada perangkat mobile kelas menengah hingga atas.

Demo tablet yang menunjukkan kemampuan Snapdragon 800. Tablet ini hanya menggunakan kecepatan 1.5 GHz saja, walaupun nantinya Snapdragon 800 bisa dipacu hingga 2.3 GHz pada kecepatan standar.

Namun jika kamu ingin yang lebih yahud, dan tentu saja berasa menggunakan mobil premium super turbo charged, Qualcomm menawarkan Snapdragon 800. Chipset yang bakal memiliki kode MSM8974 tersebut memiliki empat core prosesor paling advance mereka, yaitu Krait 400 (Krait menjadi kodenama untuk prosesor custom berbasis ARMv7) yang kecepatan standarnya saja bisa dipacu 2.3GHz, bersamaan dengan tipe baru GPU Adreno 330, dengan klaim 50 persen lebih kencang dari Adreno 320 dan performanya juga meningkat dua kali lipat. Dan berkat kekuatannya tersebut, Snapdragon 800 juga mampu melakukan aktivitas encoding/decoding conten dengan resolusi ultra 4K alias UltraHD pada 30fps — well, seakan langsung menohok nVidia dengan Tegra 4 mereka ya, yang diklaim hanya memutar content 4K.

Memang kita belum mengetahui bagaimana performanya, apalagi dibandingkan Tegra 4 dan Exynos 5, apalagi kedua pesaing itu chipsetnya dibangun dari arsitektur Cortex-A15 dari ARM, sedangkan Qualcomm di sini membangun chipset-nya secara custom, meskipun juga tetap berbasis dari inti ARM. Jadi intinya, inti Krait pada Snapdragon tidak bisa disamakan dengan Cortex pada Tegra 4 atau Exynos 5.

Chipset baru Qualcomm ini juga mampu memutar dan merekam suara 7.1 Surround, ada fitur dual image signal processors yang mendukung penerapan teknologi pemrosesan foto itu hingga untuk empat kamera (walaupun selama ini hanya ada kamera belakang dan depan saja), sehingga memungkinkan pembuatan content 3D baik dengan kamera belakang atau kamera sekunder. Bahkan juga mampu melakukan penggabungan foto hingga mencapai 55-megapixel. Jadi penasaran bagaimana performa real life-nya dibandingkan tawaran nVidia dengan Tegra 4 mereka yang mengajukan GPU 72 core. Yang jelas Qualcomm sudah mengklaim chipset kelas atas mereka itu performanya 75% lebih cepat dibandingkan Snapdragon S4 Pro, yang menurut kami sudah sangat cepat!

Gadget semacam ini bakal mulai kita nikmati akhir tahun 2013… siapkah kamu menjadi Generasi Mobile? (seperti yang disebutkan CEO Qualcomm, kita ini menjadi bagian dari “Generation M”)

Fitur lain yang disinggung seperti integrasi generasi ketiga modul LTE 9×25 (ini juga satu fitur yang tidak dimiliki kompetitor seperti Tegra dan Exynos, yang modem LTE-nya masih terpisah), integrasi modul 802.11ac dan juga memory 2x32bit LP-DDR3 yang kecepatannya 800MHz serta bandwidth 12.8GB/detik untuk menjamin sirkulasi data yang cepat. Semua itu ditempatkan dalam satu die, menjadikannya pilihan yang ringkas tanpa bergantung pada modul eksternal. Baik Snapdragon 800 dan 600 tersebut juga dikembangkan berdasarkan teknologi pemrosesor semikonduktor 28nm yang paling advance dari vendor silikon terbesar dunia TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company). Oh ya, berikut kami ada link video pengenalan Snapdragon 800 selama CES 2013, keren lho, A New Dragon is Coming…

A Dragon Is Coming – Qualcomm Snapdragon 800

http://youtu.be/X9iUZsVgZ30

Kemudian menyusul dikenalkannya Snapdragon 600 dan 800 ini, kamu pasti juga sadar, kenapa namanya bukan lagi S1, S2 S3 dan S4 yang kita kenal sebelumnya. Ternyata Qualcomm memutuskan merubah pola penamaan tersebut, dan kini Snapdragon tua dari seri S1-S4 kembali di-rebrand ulang dengan nama Snapdragon seri 200, 400, 600 dan 800. Dua anggota terakhir tersebut dipastikan siap pertengahan tahun ini, dan paling cepat diterapkan pada perangkat mobile kita akhir tahun 2013 mendatang. Berikut ada video yang menunjukkan kinerja Snapdragon 800 melalui demo tablet yang disediakan selama CES 2013.

Qualcomm Snapdragon 800 Gaming Demo

Sumber: Qualcomm


SHARE
Previous articleJack Reynor, Pendatang Baru di Transformers 4
Next articleValve Konfirmasikan Kehadiran Keluarga Konsol Baru, Steam Box!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.