Update Jelly Bean Untuk Galaxy S Advance Dirilis, Android 4.1 Untuk Kelas Menengah

Memang tidak banyak pilihan Android dari brand terkenal yang kompatibel Jelly Bean beredar di Indonesia. Namun kita bisa berharap pada janji vendor yang bakal memberikan update-nya di kemudian hari (seperti konfirmasi resmi Sony Mobile di sini). Sayang janji tersebut biasanya mengutamakan yang kelas atas. Ternyata pengecualian untuk Samsung, dimana akhir September 2012 lalu mereka umumkan, dan kini sudah mulai disebarkan untuk Android kelas menengahnya, GT-I9070 Galaxy S Advance.

Seperti Galaxy S II yang baru-baru ini dikonfirmasikan mendapatkan Jelly Bean, kabar yang kami terima dari Samsung Korea ini juga baru menyediakan update yang bisa didapatkan melalui Samsung KIES tersebut untuk region Rusia saja. Namun kami yakin tidak lama lagi negara lain, termasuk Indonesia yang masuk wilayah Asia Tenggara juga bakal segera mendapatkannya. Atau, kamu bisa melakukan flash manual dengan men-download firmware-nya dari link ini, dan flash via software PC Odin (download di sini), plus kamu seharusnya juga memerlukan driver Samsung dari sini.

Sebagaimana update Jelly Bean lainnya, dan dengan kapasitas storage dan RAM S Advance yang mumpuni, kamu bisa menikmati kelembutan interface yang diberikan Project Butter. Selain itu, launcher TouchWiz-nya pun juga dipermak dengan tampilan seperti Nature UI yang dikenalkan mulai Galaxy S III. Galaxy S Advance masih dijual secara resmi oleh Samsung, dengan harga di kisaran Rp. 3.3 jutaan. Untuk harga 2nd-nya bervariasi, antara Rp. 2.3 – 2.6 jutaan, dan termasuk pilihan yang worthed secara value-for-money. Kinerja chipset Nova Thor-nya juga termasuk lumayan.

Oh ya, satu info lagi, mungkin karena stock Galaxy S Advance (yang menurut penulis termasuk kurang populer diantara Galaxy Samsung lainnya) masih banyak di pasaran, Samsung GT-I8190 Galaxy S III mini yang seharusnya menjadi pengganti dan sudah terdaftar di Ditjen Postel sejak November 2012 lalu (cek di sini), belum juga dirilis di pasaran Indonesia.

Detail firmware-nya antara lain:

OS: Android 4.1.2
Date: December 18th
Changelist: 660490
PDA: I9070XXLPY
CSC: I9070SERLPY
MODEM: I9070XXLPY

Sumber: Samsung Korea, Samsung Updates