Microsoft Demokan IllumiRoom, Ubah Ruangan Menjadi Arena Dalam Game Memanfaatkan Kinect!

Pada September 2012 lalu, Microsoft pernah mendaftarkan paten penggunaan proyektor dan Kinect untuk mensimulasikan lingkungan di dalam game ke ruang bermain kamu. Dalam paten tersebut, Microsoft juga mengkonfirmasikan bahwa paten ini disiapkan untuk menjadi salah satu senjata utama Xbox 720, dan akan memanfaatkan kacamata 3D Kinect yang dulu diberi kode dengan Fortaleza.

Kali ini dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013, Microsoft menepati janjinya dan merilis bagaimana penggunaan paten tersebut di dunia nyata lewat proyek yang diberi nama dengan IllumiRoom. Dalam sebuah video presentasi, Microsoft menunjukkan bagaimana teknologi ini beraksi. Awalnya, Kinect akan merekam ruangan kamu dan beberapa detik kemudian lewat sebuah proyektor, lingkungan di dalam game akan diproyeksikan ke seluruh ruangan sehingga kamu akan merasa tengah berada di dalam game tersebut! Karena memproyeksikan lingkungan game ke dalam ruangan bermain kamu, maka otomatis sudut pandang kamu di dalam game akan menjadi luas karena kali ini bisa dibilang layar permainan menjadi sebesar ruangan bermain kamu!

Di dalam demo tersebut, Microsoft melalui Microsoft Research mendemokan bagaimana IllumiRoom beraksi saat memainkan game FPS dan game Racing. Saat memainkan game FPS, kamu akan melihat peluru dan ledakan bermunculan dari berbagai arah di ruangan bermain kamu, sedangkan saat memainkan game racing, terlihat ruangan kamu akan menyesuaikan dengan setting sirkuit yang digunakan dalam balapan. Menarik bukan?

[nggallery id=305]

Dalam CES 2013 ini memang Microsoft baru mendemokan satu video saja tentang kehebatan IllumiRoom. Namun, mereka mengkonfirmasikan bahwa detail lebih banyak akan diberikan dalam ajang Conference on Human Factors in Computing Systems (CHI) 2013 yang akan berlangsung di Paris pada 27 April 2013 yang akan datang.

[Sumber: Engadget]


SHARE
Previous articleNintendo Konfirmasikan Nama Dua Pokemon Legendaris di Pokemon X & Y
Next articleFantasy Life Akan Menjadi Serial Baru dari Level-5
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.