Pilihan Smart Camera dari Samsung, Berikan Opsi Pengendalian Via Android

Nama Samsung langsung identik dengan istilah kamera cerdas alias smart camera pasca mereka meluncurkan Galaxy Camera. Dan memang masih terlalu dini jika mereka berpikir mengenalkan penerusnya. Namun selama CES 2013, Samsung membawa banyak smart camera, yang memang sekadar smart saja, tanpa dukungan OS Android.

Seperti kamera cerdas yang sudah kita kenal sebelumnya, sebatas point-and-shoot yang mendapat kemampuan sharing dengan mudah ke jejaring sosial melalui koneksi WiFi, atau juga bisa menggunakan smartphone seperti Android untuk mengendalikan viewfinder dan memotret obyek tanpa harus mengoperasian kameranya.

Lineup kamera cerdas itu antara lain WB250F/WB200F, WB800F, WB30F, DV150F dan ST150F. Samsung WB250F dan WB200F memang identik, hanya dibedakan sensor yang digunakan, dimana WB200F menggunakan sensor CCD bukanya backlit CMOS, dan tidak bisa merekam video full HD 1080p seperti yang bisa dilakukan WB250F dengan sensor CMOS.

Selain itu, keenam kamera tersebut membawa fitur yang identik, terutama koneksi Wi-Fi yang menjadi standar, fungsi Auto Share, Direct Link, Remote Viewfinder menggunakan smartphone melalui aplikasi Samsung Smart Camera yang bisa didapatkan gratis di Play Store, dan tentu saja Social Sharing yang memanfaatkan koneksi WiFi yang terhubung dengan internet via hotspot. Sayangnya, belum dikonfirmasikan juga kapan model baru ini dijual, dan berapa perkiraan harganya.

Menjadi flagship dari seri baru Samsung kali ini adalah WB250F (dan WB200F). Kedua WB ini mengutamakan fitur long-zoom untuk memudahkan user mencapai kualitas foto terbaik dari kamera yang secara desain begitu stylish dan klasik. Keduanya menawarkan 18x optical zoom, sensor 14.2 Megapixel BSI CMOS (WB250F) atau CCD (WB200F) dengan lensa 24mm. Bagian konsep klasiknya, pengoperasiannya juga menggabungkan layar sentuh dengan tombol navigasi lima arah, yang bisa kamu maksimalkan ketika menggunakan mode manual.

Secara software, flagship kamera saku Samsung ini menyuguhkan fitur seperti Best Face, yang otomatis memilih ekspresi wajah terbaik dari mode burst untuk membuat foto group yang berisi ekspresi terbaik dari setiap orang yang menjadi obyek. Selain itu juga ada SMART Mode dan Motion Photo yang memungkinkan kita merubah foto yang dihasilkan dengan kualitas profesional dalam kondisi apa pun. Kedua WB yang memiliki lampu flash model pop-up ini ditawarkan dengan empat pilihan warna, white, cobalt black, gun metal dan red.

Sedangkan untuk WB800F, kamu mendapatkan sensor 16.3 Megapixel BSI CMOS dengan 21x optical zoom lensa dengan bukaan F2.8 serta wide angle 23mm. Pengoperasian kamera yang mampu merekam video full HD 1080p@30fps tersebut diserahkan pada layar  sentuh 3-inchi. Beberapa fitur softwarenya juga sama seperti pada WB250/Wb200. WB800F ini bakal dijual dengan pilihan warna white, cobalt black dan red.

Kemudian WB30F mewakili model mini yang ditawarkan Samsung. Ukuran yang lebih kompak, serta kemampuan sekelas WB di atasnya menjadi unggulan tipe ini. Fiturnya antara lain, 10x optical zoom dengan lensa wide angle 24mm, profil tubuh yang tipis dengan ketebalan hanya 17-milimeter, serta fitur software tambahan seperti Magic Frame dan Live Panorama. WB30F ditawarkan dalam pilihan warna black, white, red, purple dan pink.

Buat mereka yang narsis dan hobi foto diri, bisa memilih DV150F, yang memasang layar LCD eksternal berukuran 1.48-inchi, yang pasti memudahkan dalam mengambil foto diri. Untuk mendukung foto diri tersebut, juga disediakan fungsi Beauty Palette yang bisa dengan mudah merubah foto langsung menjadi foto portrait. Software tambahan lain yang diberikan Samsung, seperti Smart Filter 3.0, Motion Photo dan Magic Frame. Sedangkan secara hardware kamu mendapatkan sensor 16.2 Megapixel CCD, lensa dengan bukaan F2.5 25mm serta 5x optical zoom. Casingnya juga dibalut lapisan aluminum dan tersedia dalam lima pilihan warna, termasuk plum, lime green dan light pink.

Dan terakhir, ST150F menawarkan spesifikasi yang setara dengan DV150F, hanya saja minus layar depan. Kemudian layar belakangnya 3-inchi, dibandingkan 2.7-inchi pada DV150F, namun tetap saja bukan layar sentuh, dan resolusinya hanya QVGA. ST150F juga bisa merekam video dengan kualitas 720p pada 30fps.

[2013 Samsung SMART CAMERA WB250F] Official Commercial

http://youtu.be/UZpy0DKUjhY

Sumber: Samsung