Data Terbaru Dari IDC, Perkiraan Jumlah PlayStation 3 Yang Beredar Lampaui Xbox 360

Citizen yang hobi ngegame pasti sudah tahu donk, jika selama ini terjadi “perang” antara Microsoft X360 dan Sony PS3, dan itu dianggap telah terjadi sejak 6 tahun yang lalu ketika keduanya mulai hadir. Kedua konsol ini saling bersaing satu sama lain untuk memperebutkan siapa yang paling baik, hingga melahirkan para gamer terpecah menjadi dua kubu fanboy yang saling menjatuhkan.

Dari beberapa data, termasuk artikel kami yang merangkum data penjualan masing-masing konsol dari Famitsu dan Media Create, Xbox 360 memang beberapa kali menjadi konsol terbaik di beberapa tahun terakhir. Namun ternyata itu bukan berarti jumlah unit yang dikapalkan alias didistribusikan ke pasaran, lebih besar dari pada PlayStation 3.

Menurut laporan dari lembaga International Data Corporation (IDC), ternyata jumlah unit PS3 yang sudah dikapalkan di pasaran diperkirakan mencapai 77 juta unit*. Jumlah unit PS3 ini lebih banyak 1 juta unit dari X360, yang diperkirakan baru dikapalkan 76 juta unit saja*. Padahal Microsoft merilis X360, 1 tahun lebih awal dibandingkan dengan PS3, yaitu pada tahun 2005 silam. Angka tersebut merupakan perkiraan jumlah unit yang dikapalkan. Sedangkan untuk angka penjualan, dari sumber lain, yaitu VGChartz, kami mendapati angka penjualan ke konsumen untuk X360 secara global 74.25 juta unut, masih lebih tinggi daripada PS3 yang mencapai 72.41 juta unit.

(Note: Angka tersebut diperoleh dari jumlah pengapalan ke distributor antar negara, bukan penjualan langsung ke konsumen..)

Sedangkan untuk penjualan konsol terbaru Nintendo, Wii U diperkirakan oleh manager IDC, Lewis Ward, akan mencapai 50 juta unit pada akhir 2016 nanti.

“The console ecosystem is in a state of flux since these platforms need to support an ever-growing array of non-gaming features and services at the same time that game distribution and monetization is moving in a digital direction,” – Lewis Ward

Seperti yang dikatakan oleh Ward, kini konsol akan semakin berguna dan dinikmati karena tidak hanya menyajikan game saja, tetapi mampu memanjakan pemiliknya dengan fitur non-game, seperti movie streaming, acara televisi, dan hiburan digital lainnya. Oh ya, Ward juga yakin bahwa untuk konsol generasi berikutnya masih menggunakan media “disk” untuk menyimpan game yang akan dijual secara retail (hal ini dipertegas oleh konsol pembuka perang konsol generasi berikutnya, Wii U yang masih menggunakan media disk). Meskipun kedepannya penggunaan disk akan berubah secara bertahap menjadi sebuah data software game yang dapat diunduh para pemainnya secara online (digital distribution).

Sumber: IDC

SHARE
Previous articleSamsung GT-i9105 Galaxy S II Plus, Sambil Menunggu Datangnya Galaxy S IV
Next articleWarner Bros. Lepas Extended Trailer dari Gangster Squad
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.