Ultralist: 10 Film Tergagal Sepanjang Tahun 2012

Inilah sepuluh film dengan penghasilan domestik terburuk sepanjang tahun 2012, film ber-budget besar seperti John Carter dan Battleship pun masuk dalam daftar.

Ultralist: 10 Film Tergagal Sepanjang Tahun 2012

Ultralist: 10 Film Tergagal Sepanjang Tahun 2012

Pada akhirnya hanya ada dua kelompok… kelompok yang menang dan kelompok yang kalah. Sebagai seorang produser/sutradara/penulis naskah maupun pemain, hanya bisa melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan, namun pada akhirnya keputusan ada ditangan masyarakat.

Dan berikut adalah sepuluh film dengan penghasilan domestik terburuk sepanjang tahun 2012:

10. John Carter - Buena Vista - $73 juta

Dengan budget yang besar dan visual effect yang keren memang tak menjadi jaminan kesuksessan sebuah film, dan itulah yang terjadi pada John Carter. Padahal, menurut saya ide film ini cukup menarik, mungkin kurang digali lebih dalam. Diperankan oleh Taylor Kitsch, John Carter hanya memperoleh sekitar $283 juta saja secara global dan sekitar $73 juta di U.S. setelah tayang selama empat bulan.

9. Battleship - Universal - $65.2 juta

Mungkin ini tahun yang kurang baik untuk Taylor Kitsch, karena dua film utamanya, Battleship dan John Carter masuk dalam daftar film dengan penghasilan terendah. Sekali lagi… padahal menurut saya film ini menarik dengan pesawat alien-nya yang tampil bergaya Transformers (bagaimana tidak, dua-duanya sama-sama buatan Hasbro). Namun, minggu pembukaan Battleship berakhir mengenaskan dengan hanya $25 juta.

8. The Three Stooges - Fox - $44.3 million

Melihat personil The Three Stooges, saya jadi teringat film Dumb and Dumber (1994) yang dimainkan oleh Jim Carrey dan Jeff Daniels. Tapi sayang, meski filmnya cukup menghibur, namun gagal meraih sukses.

7. Rock of Ages - Warner Bros. / New Line - $38.5 million

Film komedi musikal ber-budget besar garapan Adam Shankman dan dibintangi oleh Tom Cruise ini hanya bertahan di bioskop U.S. selama sembilan minggu saja. Meski banyak promosi yang dilakukan, namun Rock of Ages tak mampu mengalahkah Snow White and the Huntsman yang menduduki puncak box office waktu itu dan hanya mengumpulkan $56.3 juta secara global.

6. The Pirates! Band of Misfits - Sony / Columbia - $31 juta

Film 3D stop-motion animated adventure asal British/American ini hanya mampu mengumpulkan sekitar $3300 per bioskop dan memperoleh kurang dari $100,000 selama empat pekan dibioskop.

5. The Words - CBS - $11.5 juta

Dengan menampilkan nama-nama besar seperti Bradley Cooper, Zoe Saldana, Dennis Quaid dan Olivia Wilde, ternyata tak mampu membuat drama romantis ini menembus angka $12 juta. Walaupun, filmnya sendiri cukup menarik untuk diikuti.

4. Fun Size - Paramount - $9.4 juta

Meski diputar di lebih dari 3,000 layar, ternyata film komedi remaja ini hanya mampu menghasilkan $9,4 juta saja. Tampaknya si Spidey kecil tak mampu menjaring lebih banyak penonton.

3. Won’t Back Down – Fox - $5.2 juta

Walau diangkat dari kisah nyata, film produksi Fox yang dibintangi oleh Maggie Gyllenhaal, Viola Davis dan Holly Hunter ini tak berhasil penarik perhatian penonton hingga menempatkannya diposisi ketiga, dalam daftar film dengan pendapatan terendah.

2. Oogieloves in the Big Balloon Adventure - Kenn Viselman Presents - $1 juta

Posisi runner-up ditempati oleh Oogieloves, dengan pemasukan rata-rata setiap bioskopnya sekitar $206 dalam pekan pertama pembukaannya, itu sekitar 30-40 tiket setiap lokasi. Dan hampir 90% bioskop menarik film ini setelah minggu pertama, dan kemudian hilang dalam waktu tiga minggu.

1. High School - Anchor Bay - $139 ribu

Posisi pertama diduduki oleh High School, sebuah film komedi yang menampilkan Adrien Brody, Michael Chiklis dan Colin Hanks. High School hanya ditayangkan di 200 bioskop dan hanya bertahan selama seminggu.

Ultralist: 10 Film Tergagal Sepanjang Tahun 2012

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU