Android Mini PC RK3066, Jalankan Android Dari PC Seukuran Flash Disk

Melalui GameStick, kita jadi tahu bahwa Android yang biasa kita kenal melalui smartphone atau tablet, bisa mengecil seukuran flash disk, dan menjadi sebuah mini PC jika kamu hubungkan ke layar HDTV melalui HDMI. Dan ternyata konsep semacam itu sudah jamak diterapkan, bahkan mencapai puluhan modelnya. Berikut model lainnya, Android Mini PC RK3066 seukuran powerbank.

RK3066 ini ditenagai dual-core dari chipset Rockchip yang kecepatannya 1.6GHz Cortex A9, 1GB RAM, internal storage 4GB (dan ada slot micro SD hingga 32GB), WiFi b/g/n, dukungan DLNA untuk berhubungan dengan perangkat seperti televisi yang juga memiliki DLNA, Bluetooth, serta menjalankan Android 4.1 Jelly Bean — beberapa varian RK3066 yang sudah eksis sejak September 2012 tahun lalu masih menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich . Karena sejatinya sebagai PC berukuran mini, kamu juga mendapatkan beberapa port penunjang, seperti micro-USB, USB ukuran standar, port HDMI female dan juga port audio 3.5mm.

Diantara banyak PC mini Android lainnya, RK3066 ini lebih menarik berkat adanya audio jack dan Bluetooth. Dengan adanya Bluetooth, kamu bisa memadukannya dengan mouse atau keyboard Bluetooth. Dan melalui jack audio, ketika kotak mungil ini kamu hubungkan ke monitor yang tidak memuliki speaker, kamu masih bisa mendengarkan suaranya melalui headset.

Desainnya sendiri tidak berbeda jauh dibandingkan tipikal PC mini Android yang juga sudah banyak bertebaran di Indonesia (cek saja banyak forum atau website jual beli online, dengan kata kunci Android Mini PC), atau jika di toko online bisa kamu cek dengan kata kunci Rikomagic. Kotak kecil dengan port yang tersebut sebelumnya. Untuk RK3066 ini, material luarnya terlihat glossy, dan sepertinya mudah tergores jika kamu menyimpannya dengan kurang hati-hati.

Harganya sendiri bervariasi, tergantung  siapa yang mendistribusikan dan melabelinya. Biasa, barang China diproduksi tanpa brand, dan dijual dengan nama yang berneda. Namun overall, kode aslinya adalah MK802 mark IIIS (bisa cek iklan eBay ini). Sedangkan untuk RK3066, varian lain MK802 mark IIIS ini rata-rata dijual sekitar US $55. Cukup murah untuk merubah monitor lamamu yang sudah memiliki slot HDMI makin berfungsi, bisa menjalankan banyak game, browsing, dan menjalankan aplikasi office, tanpa harus bingung memikirkan berapa besar ruang untuk menempatkan CPU, karena Android Mini PC ini benar-benar mini baik dari ukuran dan harganya.

Sumber: eBay, Kaskus, TokoBagus, Engadget, Wikipedia 


SHARE
Previous articleASUS MeMO Pad, Versi “Diet” Dari Nexus 7, Dijual Hanya Satu Jutaan!
Next articleSimak Video-video Highlight dari Ajang Golden Globe ke-70
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.