PlayStation 4 dan Xbox 720 Bakal Dijual dengan Harga Empat Jutaan?

Setelah berbagai rumor bermunculan mengenai kapan Microsoft dan Sony akan memperkenalkan penerus X360 dan PS3, kali ini rumor kembali muncul mengenai berapa harga dan juga seperti apa spesifikasi X720 dan PS4 tersebut. Rumor ini muncul dari sekelompok peneliti yang tergabung dalam Baird Equity Research, setelah mengamati pagelaran Consumer Electronic Show (CES) 2013 yang berlangsung minggu lalu. Salah satu anggota peneliti tersebut, Colin Sebastian memprediksikan bahwa konsol baru tersebut akan dibanderol dengan harga sekitar US $350 hingga US $400 (sekitar Rp. 3 juta hingga Rp 4 juta) saat pertama kali dirilis nantinya!

Tentu saja Colin memiliki alasan dibalik prediksi harganya ini. Salah satunya adalah berkaca kembali pada perilisan perdana X360 dan PS3 pada 2005 dan 2006 lalu. Pada saat itu, Microsoft membanderol versi premium X360 dengan harga US $400, dan Sony menjual versi premium dari PS3 dengan harga US $599. Jika ingin menargetkan pasar yang lebih beragam, tentunya Sony dan Microsoft harus menekan keuntungan dan merilis harga tidak jauh dari angka tersebut.

Lebih lanjut, Colin juga memaparkan seperti apa analisanya terhadap konsol baru Sony dan Microsoft ini. “Penelitian kami menunjukkan bahwa hardware untuk konsol baru ini akan dibangun berdasarkan komponen PC high-end yang sudah ada, serta akan menggunakan mode distribusi game fisik dan digital, meningkatkan kontrol suara dan gerakan (kemungkinan Kinect akan terintegrasi ke setiap X720), dan juga kemampuan multimedia yang luas,” tulis Colin dalam catatannya.

“Lebih lanjut, arsitektur berbasis PC seperti penggunaan chip Intel untuk Xbox seharusnya bisa memberikan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan mengembangkan komponen sendiri, pertama adalah memudahkan dan mempersingkat waktu developer untuk mengembangkan teknologi baru. Kedua, tentunya biaya produksi dan harga jual akan menjadi lebih rendah dari konsol sebelumnya. Ketiga, tentu akan lebih mudah membangun servis online dengan dasar arsitektur PC, termasuk model bisnisnya (seperti F2p) dan konten multimedianya. Untuk Microsoft, desain ini tentu akan membuka kemungkinan lebih besar untuk terintegrasi dengan Windows 8 dan Windows Mobile”, urainya lebih dalam.

Terakhir, Colin juga memberikan prediksinya untuk jadwal rilis kedua konsol baru ini. Untuk X720, Colin memprediksikan bahwa Microsoft akan merilisnya November mendatang, diikuti dengan PS4 beberapa bulan setelahnya. Apakah prediksi dan rumor dari sekelompok analis ini benar? Kita tunggu saja kabar selanjutnya!

[Sumber: CVG]


SHARE
Previous articleScreenshot Resmi Pertama Pokemon X & Y dari Nintendo
Next articleDmC: Devil May Cry, Bagaimana Hasil Dari Keputusan Reboot yang Kontroversial?
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.